Pengertian Sekuel, Prekuel dan Spin-Off

in
Film Sekuel Prekuel Spin Off

Bagi kamu pecinta film tentu sudah sering dong mendengar kata “sekuel dari film ini” atau film selanjutnya merupakan “prekuel dari film itu”. Tapi sebenarnya apa sih pengertian dari sekuel dan prekuel, ada lagi orang yang mengatakan bahwa “itu spin-off dari film balapan itu loh.”

Nah, kali ini Dafunda Movie akan membahas tentang pengertian dan perbedaan dari sekuel, prekuel dan spin-off dalam dunia film. Yuk simak ulasan kami di bawah ini.


Apa Itu Sekuel?

Film Terbaik Sepanjang Masa Dark Knight film sekuel 1

Sekuel biasanya sangat identik dengan seri kedua atau ketiga dalam sebuah film. Tapi yang membuat sebuah film dikatakan sekuel adalah alur cerita yang diambil merupakan sambungan atau kelanjutan dari kejadian di film pertama.

Kita bisa mencontohkan sekuel dengan banyak film. Biasanya film trilogi seperti Dark Knight, The Lords of The Ring dan film lainnya akan mengisahkan kelanjutan alur cerita dari film sebelumnya. Dalam Batman Begins, cerita dimulai sejak Bruce Wayne masih kecil, belajar bela diri dan menjadi Batman untuk menyelamatkan kota Gotham.

Di film kedua, cerita berlanjut ketika dia sudah menjadi pahlawan dan menemukan musuh baru, dan bergelut di dunia malam. Di ending The Dark Knight, Batman memang berhasil menangkap Joker tapi orang yang dia sayang meninggal karena kegagalannya.

Dark Knight Rises Christian Bale film sekuel 2

Kemudian, The Dark Knight Rises menceritakan Bruce yang sudah tidak semangat untuk hidup dan setelah Catwoman dan Bane datang, dia kembali merasakan bahwa dirinya harus menjadi pahlawan kembali. Selain itu, cerita tentang anak Ra’s Al Ghul juga menjelaskan bahwa film ketiga ini merupakan sekuel kedua dari Batman Begins.

Film superhero Marvel juga sering membuat film berikutnya sebagai sekuel seperti trilogi Iron Man, Thor maupun Spider-Man.

Lalu, Apa Itu Prekuel?

Star Wars Episode 1 film prekuel 2
Time

Prekuel merupakan kebalikan dari Sekuel. Jika sekuel memiliki alur cerita yang merupakan kelanjutan dari film sebelumnya, prekuel ini bisa dibilang cerita sebelumnya atau lebih sering dikenal dengan film asal-usul.

Banyak orang yang menganggap bahwa sebuah film prekuel dibuat sebelum film kelanjutan, seperti Iron Man 1 merupakan prekuel Iron Man 2. Tapi, menurut kami, prekuel tetaplah film yang dibuat setelah film sebelumnya. Jika ditanya contoh yang tepat, kami akan memilih film X-Men.

Trilogi X-Men telah dibuat sejak tahun 2000 hingga 2006. Ada tiga film yaitu X-Men, X2 dan X-Men: The Last Stand. Dalam ketiga film tersebut, kita sangat akrab dengan para mutan terlebih lagi Profesor X yang memiliki kekuatan telepati terkuat.

X Men First Class film prekuel 1
Empire

Pada tahun 2011 dibuatlah X-Men: First Class yang merupakan prekuel asal usul terciptanya sekolah mutan. juga ada cerita lainnya seperti, mengapa profesor X menjadi lumpuh dan bermusuhan dengan magneto.

The Hobit juga merupakan sebuah perkuel karena mengambil cerita sebelum The Lord of the Rings. Berikut contoh film prekuel:

  • Star Wars Episode 1
  • Prometheus
  • Hannibal Rising
  • Monster University
  • The King’s Man

Dan, Apa Itu Spin-Off?

Annabelle 3 Comes Home film spin-off 1

Setelah membahas tentang film sekuel dan prekuel, ada satu jenis lagi film yang sering dibicarakan, yaitu Spin-Off. Dalam sebuah film, tentu ada karakter yang memiliki kemampuan bagus. Saat karakter tersebut dijadikan film, makan itulah spin-off.

Sejak dulu , banyak sudah film spin-off yang buat sebagai sampingan dari sebuah film terkenal. Tidak lagi berbicara tentang film superhero, kali ini kami akan menggambarkannya dengan franchise horor. Kamu tentu tahu dengan The Conjuring, film ini menceritakan sepasang suami-istri yang bekerja untuk mengusir hantu.

Dalam film pertama, kita sudah disuguhkan dengan boneka cewek berambut kepang. Yap dia adalah Annabelle. Boneka berhantu ini memang memiliki sedikit peran dalam film pertama tapi dibuatkan spin-off agar ceritanya bisa berkembang. Hingga kini, Annabelle sudah memiliki film sendiri.

Poster The Nun film spin-off 2

Masih dari franchise The Conjuring juga, di film kedua kita diperkenalkan dengan Raja Iblis bernama Valak. Setelah film ini, Newline Cinema langsung berinisiatif untuk membuat sebuah spin-off, The Nun yang menceritakan asal usul hantu suster ini. Selain itu, franchise buatan James Wan ini juga memiliki spin-off The Curse of La Llorona dan The Crooked Man.

Beberapa contoh film spin-off lainnya:

  • Puss in Boots
  • Bumblebee
  • Minions
  • Fantastic Beasts
  • Hobbs and Shaw
  • The Scorpion King
  • Elektra
  • Wonder Woman

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai film sekuel, prekuel maupun spin-off. Sebelumnya Dafunda Movie juga sudah membuat perbedaan remake dan reboot film. Jika kamu ingin berdiskusi, silakan komen di bawah.

Ayo mulai berdiksusi