Apa Sih Perbedaan Remake dan Reboot Film?

in
Lion King Original Vs Remake

Beberapa tahun terakhir, Disney sangat aktif memproduksi ulang film klasiknya. Hingga kini, sudah ada banyak film adaptasi seperti Beauty and the Beast, Aladdin hingga The Lion King. Lalu, film-film ini termasuk jenis film Remake atau Reboot sih?

Nah kali ini kita akan membahas sedikit pengetahuan tentang dunia film. Lebih khususnya, adalah perbedaan antara remake dan reboot dalam film. Yuk simak ulasannya di bawah ini.


Apa itu Film Remake?

Apa Itu Film Remake
Dafunda

Jika ditinjau dari kata, remake berarti “dibuat ulang”. Dalam dunia film, remake bisa diartikan bahwa film yang diproduksi kembali dengan jalan cerita aslinya. Dengan kata lain, film ini masih mengikuti sumber aslinya.

Film yang di-remake biasanya merupakan film laris dan dulu pernah menduduki box office. Selain itu, film remake juga bertujuan agar film tersebut bisa menggunakan teknologi sekarang atau lebih modern.

JANGAN LEWATKAN •
Aladdin Berhasil Lewati Prediksi Awal di Pekan Pertama Tayang

Dalam kasus film adaptasi Disney seperti yang kita bahas di atas, Beauty and the Beast yang dibintangi oleh Emma Watson dan Dan Stevens merupakan sebuah remake dari animasi klasik yang memiliki judul sama.

Sama halnya dengan The Lion King, meski bukan adaptasi live action, film tersebut meningkatkan kualitas dari segi grafik dan cerita yang masih original.

Iklan Guardian Tales - Middle Post (336x280)

Lalu, Apa itu Film Reboot?

Apa Itu Film Reboot
dafunda

Meski keduanya sama-sama membuat ulang sebuah film, namun reboot dan remake adalah hal yang berbeda. Jika remake masih menggunakan sumber yang sama dengan film sebelumnya, reboot malah sebaliknya.

Reboot bisa diartikan menghilangkan material asli dan kemudian membuat cerita baru yang berbeda dari film sebelumnya. Reboot film biasanya sangat identik dengan franchise atau beberapa film yang sudah memiliki alur ceritanya.

Spider-Man bisa dibilang merupakan contoh reboot film paling mudah kita gambarkan. Trilogi Spider-Man Sam Raimi di-reboot menjadi The Amazing Spider-Man, dan akhirnya di-reboot kembali menjadi Spider-Man MCU. Meski karakter utamanya tetap Peter Parker, namun cerita antara tiga franchise tersebut berbeda.

JANGAN LEWATKAN •
Disney Rilis Judul Prekuel Kingsman 3 dan Tanggal Rilis Resmi

Selain itu, Reboot juga bisa dibilang sebagai “reset” dari sebuah franchise. Jika kamu penggemar DC, kamu pasti sering mendengar bahwa film Flashpoint bisa menjadi titik reset atau reboot, apalagi universe yang diharapkan awalnya dari Justice League tidak berjalan dengan seharusnya.


Nah, itulah sedikit pengertian dan perbedaan antara remake dan reboot film. Jika kamu punya pertanyaan seputar ini, bisa tinggalkan di kolom komentar.

Bagikan jika kamu suka