Pengertian Teaser, Trailer, TV Spot, Footage dan Featurette

in
Teaser Trailer Tv Spot Footage Featurette
Dafunda

Saat kita mencari tahu sebuah film, tentu pada awalnya kita akan mencari trailer untuk melihat bagaimana tampilan pertama film. Sebenarnya, video tentang film yang biasa kamu lihat Youtube atau platform lainnya tidak melulu Trailer, ada juga yang disebut Teaser, TV Spot, Footage bahkan Featurette.

Oleh karena itu, Dafunda Movie kali ini akan membahas sedikit tentang penjelasan jenis-jenis video promosi dari sebuah film.


Apa itu Teaser?

https://www.youtube.com/watch?v=QbynQn2_0RU

Untuk sebuah film yang masih baru dipertengahan masa produksi, biasa tim pengembang akan membagikan sebuah teaser untuk penggemarnya. Dalam Bahasa Indonesia sendiri, Teaser artinya “penggoda”. Tujuan utama dari dibuatnya teaser adalah untuk menggoda penggemar atau calon penonton untuk lebih tertarik dengan film yang akan dirilis.

Teaser ini pastinya dibagi sebelum studio merilis trailer perdananya. Beberapa dari video tersebut ada yang hanya menampilkan logo, menampilkan karakter utama, atau sekedar memberikan informasi dari film sebelumnya. Studio film yang mengadaptasi film berdasarkan buku komik atau novel biasanya menggunakan teaser menaikkan hype awal dari film tersebut.


Apa itu Trailer?

Lebih mengarah ke promosi yang lebih jelas, Trailer merupakan video yang berdurasi panjang yang merupakan cuplikan dari film yang ingin dipromosikan. Jika membedakan antara teaser dan trailer resmi, trailer menampilkan lebih banyak tentang alur film ini. Video trailer biasanya berdurasi 2 menit lebih hingga 5 menitan.

Kini, semua film yang akan tayang di bioskop bakal membagikan setidaknya 2 trailer yang setiap videonya memasukkan adegan yang berbeda. Dalam trailer ini juga biasanya kita tahu tanggal rilis, sutradara dan pemain.


Apa itu TV Spot?

Masih juga berfungsi sebagai video promosi, TV Spot biasanya dibagikan pada acara-acara tertentu di siaran televisi. Ada yang mendapatkan kesempatan saat pertandingan Football, ada juga yang keluar di acara talkshow saat pemeran mempromosikan film mereka.

TV Spot ini biasanya digunakan oleh film Hollywood sih. Film Indonesia jarang memperlihatkan video yang berdurasi hanya 30 detik hingga 1 menit ini.


Apa itu Clip atau Footage?

Dalam film, clip atau footage lebih berfokus pada satu adegan saja. Biasanya, Studio akan membagikan footage yang tidak masuk dalam teaser atau trailer.

Mungkin kami bisa mencontohkannya dengan film terlaris saat ini, Avengers: Endgame. Marvel Studios bisa jadi membagikan pertarungan antara Captain America dan Captain America saat perjalanan ke masa lalu. Video ini bisa dibagi saat film sudah mulai tayang di bioskop untuk kembali menarik perhatian audien yang belum menyaksikan film itu.


Apa itu Featurette?

Yang terakhir adalah Featurette. Video promosi ini bisa dibilang mirip dengan video behind-the-scene saat pengambilan film. Namun, yang lebih ditekankan dalam video ini adalah penyampaian proses pembuatan film ini oleh cast atau kru.

Biasanya, Sutradara atau Produser akan mendapatkan porsi bicara yang cukup banyak untuk menjelaskan film yang sedang mereka buat ini. Bintang utama film juga terkadang ikut memberikan tanggapannya terhadap proses produksi yang dilakukan selama tenggat waktu tertentu.


Nah, itulah sedikit penjelasan Dafunda Movie tentang video promosi seperti Teaser, Trailer, TV Spot, Footage, hingga Featurette. Buat kamu yang masih bingung, bisa ungkapkan di kolom komentar.