MovieMovie List

10 Film Terbaik Yang Rilis Tahun 2021

Inilah 10 film terbaik yang rilis tahun 2021. Kalau kita mau jujur, film-film rilisan tahun 2021 bisa kita katakan jauh lebih oke dari tahun 2020. Ya mungkin hal ini juga dipengaruhi oleh pandemi COVID-19 yang walau masih ada dan berbahaya, namun sudah sedikit lebih mereda.

Alhasil, kitapun melihat banyak film-film yang juga rilis di bioskop walau memang, masih banyak yang rilis juga di streaming baik secara tunggal atau berbarengan dengan perilisan layar lebarnya. Dan ya, jumlah film yang keren-keren juga jauh lebih banyak pilihannya pada tahun 2021.

Alhasil, membuat gue sendiri juga pusing dan penuh perjuangan banget untuk membuat daftar ini. Maklumlah gue baru melihat 64 film rilisan tahun 2021. Dan hingga 2-3 hari lalu gue juga masih menyempatkan nonton 1-2 film yang gue calonkan masuk ke dalam daftar ini.

Nah setelah menyaksikan dan memproses bolak-balik semuanya, inilah 10 film terbaik yang rilis tahun 2021. Seperti biasa daftar ini bersifat SUBYEKTIF. Namun sebelum memulai pembahasan, berikut adalah 5 film yang masuk kategori Honorbale Mention.

  • Army of Thieves
  • Four Good Days
  • Respect
  • Raya and the Last Dragon
  • Judas and the Black Messiah

Oke kalau sudah semuanya, mari kita mulai daftar 10 film terbaik yang rilis tahun 2021 ini!

Film Terbaik 2021

10. Till Death

https://www.youtube.com/watch?v=qk2GehSdRa8

Film terbaik yang rilis tahun 2021 yang pertama adalah Till Death. Oke, mungkin banyak orang atau dari kalian yang menganggap kalau film ini biasa saja. Tapi bagi gue, film ini super menghibur.

Ceritanya memang sangat simpel dan pasaran. Spesifiknya, filmnya mengisahkan Emma Davenport (Fox) yang bersama suaminya, Mark Webster (Eoin Macken), merayakan hari jadi pernikahannya di sebuah lake house terpencil.

Namun sayang hari perayaan yang semestinya bahagia itu berubah menjadi mimpi buruk setelah Mark bunuh diri di samping tempat tidur mereka. Nah yang lebih gokilnya posisi Emma ketika hal ini terjadi, satu tangannya terborgol ke satu tangan Mark.

Sehingga ketika ia terbangun dan minta tolong, Emma pun berjalan sembari menyeret mayat suaminya tersebut. Nah karena dalam posisi tersebut dan juga lokasinya yang sangat jauh dari keramaian, perjuangan Emma untuk bebas dan kembali ke rumah menjadi sangat ribet lagi menantang.

Nah sekali lagi kalau membaca plot-nya, Till Death memanglah memiliki premis yang mirip dengan rata-rata film drama thriller sejenis. Namun yang membuat film ini asyik adalah pengarahan sutradara S.K. Dale yang benar-benar cerdas dalam mengatur tensi kita, dan penampilan gokil Fox.

Ya, Fox dalam film ini sukses mengembalikan reputasinya sebagai seorang aktor. Pokoknya melalui film ini, ia sukses membuat kita lupa dengan penampilan-penampilan sebelumnya yang “begitu deh”.

Kalau kamu fans thriller yang berkualitas, film ini WAJIB banget. Kalaupun hanya audiens kasual pun, durasi 88 menit filmnya akan terasa sangat singkat.

Selected for you
Legendary Konfirmasi Sekuel Dune: Part Two

9. Free Guy

Film terbaik yang rilis tahun 2021 selanjutnya adalah Free Guy. Semenjak mendengar atau membaca konsep premisnya, tak memungkiri kalau banyak dari kita yang langsung gregetan untuk segera nonton film Ryan Reynolds (Deadpool) ini.

Apalagi kita-kita yang memang seorang gamer, wah makin greget lagi deh. Dan untungnya, rasa greget itu terbayarkan banget. Selain seluruh konsep pemain figuran juga pentingnya sangat menginspiratif, eksekusi imajinasi visual dari sebuah video game-nya juga tereksekusi dengan sangat keren.

Pokoknya benar-benar seperti kita main video game yang sesungguhnya. Performa seluruh aktornya pun juga gokil banget. Apalagi Taika Waititi (Jojo Rabbit) sebagai villain utamanya yang benar-benar membuat kita sebal sendiri setiap kali melihatnya.

8. Tick Tick Boom

Menurut gue dari seluruh aktor yang tampil dalam film-film tahun ini, rasanya hanya Andrew Garfield yang bisa dibilang “The Actor of 2021”. Pasalnya di tahun ini ia tampil dalam 3 film.

Namun dari 3 film tersebut, tak memungkiri yang sukses banget menampilkan performa kelas A-nya adalah, Jonathan Larson dalam adaptasi musikal berjudul sama ini. GOKIL BANGET! Ketika menyaksikannya, gue gak melihat Andrew atau Peter Parker Spider-Man.

Gue serasa menyaksikan (alm) Jonathan Larson yang hidup kembali. Bagi kamu yang mungkin belum mengetahui, Tick Tick Boom adalah film biopik musikal yang mengisahkan perjuangan awal penulis naskah sekaligus komposer pentas teater broadway top, Rent.

Melalui film ini, kita menyaksikan perjuangan kerasnya untuk mewujudkan mimpinya menjadi seperti senior-seniornya yang salah satunya adalah mentor singkatnya, Stephen Sondheim yang dalam film ini diperankan oleh Bradley Whitford.

Performa keren Andrew ini, gue jamin akan memberikannya nomine aktor terbaik pada penghargaan Oscar 2022 mendatang. Bahkan, gak menutup kemungkinan banget untuk Garfield membawa pulang pialanya. Ia memang sekeren itu guys!

Performanya kian terdukung oleh soundtrack-soundtrack filmnya yang bisa membuat kita goyang dan nyanyi sendiri.

7. Spencer

Kalau Andrew berpotensi memenangkan aktor terbaik, maka aktris terbaik ya Kristen Stewart dalam film ini. GOKIL! Dari tampang dan perangainya, Stewart berhasil bertransformasi habis-habisan layaknya seperti (Alm) Putri Diana aka Diana Spencer.

Kisah ceritanya juga sangat enak dan dalam untuk kita ikuti serta tentunya, departemen kostum, make-up & hairstyle, dan juga desain produksinya, benar-benar gokil. Gue sih gak heran kalau departemen-departemen ini nantinya juga membawa pulang piala Oscar-nya seperti Stewart.

6. Dune

Gue sama sih pendapatnya seperti reviewer / media lain. Apabila adaptasi teranyar Dune ini tidak dibagi dalam 2 bagian, film ini akan menempati posisi yang lebih tinggi. Tapi ya sudahlah. Toh memang sudah diputuskan untuk dibagi dalam 2 bagian bukan?

Namun walau baru part 1, Dune tetaplah sukses mempesona kita. Sutradara Denis Villeneuve (Blade Runner 2049, Arrival), sangat tahu banget dengan dunia yang diciptakan oleh Frank Herbert dalam novelnya.

Adaptasi ini benar-benar 3-4 kali lipat lebih keren dari adaptasi film pertamanya yang rilis pada tahun 1984. Untuk film orisinil yang juga menampilkan vokalis The Police, Sting tersebut rasanya kita gak usah bahas lagi ya. Intinya, filmnya adalah salah satu film terburuk sepanjang masa.

Selected for you
Joel Kinnaman Dilaporkan Kembali Sebagai Rick Flag dalam Suicide Squad Arahan James Gunn

Selain sukses membuat kita yang tidak tahu apa-apa dengan dunia Dune menjadi sangat paham, juga filmnya sukses menampilkan sinematografi yang sangat indah serta performa keren dari seluruh pemainnya, terutama Timothee Chalamet sebagai Paul Atreides.

5. The Suicide Squad

Awalnya gue juga ragu untuk menyertakan adaptasi terbaru Suicide Squad DCEU ke dalam daftar ini. Apalagi sampai menempati posisi 5. Tapi pada akhirnya setelah mengingat kembali betapa menikmatinya gue terhadap film ini, maka gue sertakan film arahan James Gunn (Guardians of the Galaxy) ini.

Film ini jauh lebih ngelenyeh, lebh gokil, lebih fun, dan lebih keren dari Suicide Squad (2016). Selain tetap mempertahankan rating dewasa (R-rated), Gunn sukses membuat film ini terlihat dan terasa seperti film khasnya itu. Silahkan deh lihat lagi Super (2010) atau film-film Gunn yang dulu-dulu untuk bisa memahami dengan baik pernyataan tersebut.

Seluruh aktor-aktornya pun juga terlihat sangat menikmati mengerjakan film ini. Seperti kata pepatah bukan? Apabila yang mainnya juga senang, yang nonton pastinya juga akan senang dan menikmati.

Semoga saja The Suicide Squad bukanlah menjadi proyek DCEU pertama dan terakhir bagi Gunn.

4. Spider-Man: No Way Home

Yap, memang gak salah apabila film Spider-Man ketiga Tom Holland ini masih terus menuai pundi-pundi keuntungan. Juga gak salah, apabila masih banyak orang yang hingga detik ini, menonton lebih dari 3 kali. Karena film ini memang film Spidey Holland yang paling terbaik.

Bahkan, film ini juga bisa kita katakan sebagai salah satu film superhero terbaik sepanjang masa. Pasalnya sutradara kedua film Spidey MCU sebelumnya, Jon Watts beserta duo penulis naskahnya Chris McKena dan Erik Sommers, sangat jenius dalam mengolah kemasan filmnya.

Mereka sukses menangani dengan sangat baik seluruh karakter filmnya yang terdiri dari karakter Spidey universe MCU dan juga karakter dari 2 universe Spidey sebelumnya. Dan momen-momen kejutannya juga tertangani dengan oke walau kalau menurut gue, masih terlihat dan terasa sangat gimmicky.

Tapi secara keseluruhan Spider-Man: No Way Home adalah film MCU dan performa terbaik Tom Holland sebagai Peter Parker aka si muka jaringnya. Semoga saja, ia akan masih terus tampil sebagai Spidey hingga 5 tahun ke depannya lagi.

3. Stillwater

Nah film ini gue bingung banget-banget. Kenapa gak gede banget buzz / hype-nya? Padahal kalau kita pikir, film yang menampilkan Matt Damon (The Bourne Ultimatum) dan Abigail Breslin (Zombieland) ini adalah tipikal film “drama berat” Oscar.

Sudah begitu kisahnya juga keren banget. Bahkan Dafunda saja memberikan nilai solid 80 dalam review filmnya. Ya entahlah guys. Namun yang jelas, film yang mengangkat kisah nyata pembunuhan Meredith Kercher pada tahun 2007 ini memiliki alur yang sangat menegangkan dan menebak-nebak.

Performa Breslin terlebih Damon, juga sangat memukau. Apabila Damon tidak masuk nomine aktor terbaik dalam ajang Oscar 2022 mendatang, entahlah gue musti ngomong apalagi.

Selected for you
Review Last Night in Soho (2021): Eksplorasi Drama dan Horor London Yang Gokil Dari Seorang Edgar Wright

2. A Quiet Place Part II

Posisi runner-up film terbaik yang rilis pada tahun 2021 adalah sekuel horor-monster, A Quiet Place (2018) ini. Ya kalau kita pikir, bahkan ketika film pertamanya muncul pun banyak yang skeptis kalau film berkonsep unik ini akan laku keras.

Namun faktanya, film karya aktor sekaligus sutradara John Krasinski (The Office) ini justru sangat sukses melebihi ekspektasi kita. Eksekusi konsep “kalau bersuara langsung tewas” dieksekusi dengan sangat oke. Penampilan aktor-aktornya pun jangan sangat memukau.

Nah berdasarkan kesan keren dari film pertamanya tersebut, maka gak heran jika kitapun sangat berharap kalau sekuelnya ini bisa melampaui atau setidaknya sama gokilnya dengan film pertamanya. Dan yap, lagi-lagi Krasinski membuktikan kemumpuniannya sebagai seorang pembuat film.

Oke gue tahu kok. Mungkin beberapa dari kalian ada yang biasa saja dengan sekuel ini dan gue hargain banget itu. Namun bagi gue pribadi, A Quiet Place Part II jauh lebih keren dari pendahulunya.

Sekuelnya sukses mengeksplorasi asal-usul alien dan juga bagaimana proses seluruh dunianya menjadi sepi dan mati secara perlahan-lahan. Performa aktor-aktornya pun juga lebih keren terutama, Millicent Simmonds sebagai Regan Abbott yang kian vital dan keren saja perannya dalam franchise ini. Semoga saja film ketiganya nanti tetap sama gokilnya dengan kedua film sebelumnya ini.

1. Last Nigh in Soho

Nah inilah film terbaik rilisan tahun 2021 yang menempati posisi puncak daftarnya ini. Ya seperti yang mungkin kamu pernah lihat dalam review Dafunda terhadap film karya Edgar Wright (Baby Driver), film ini bahkan mendapatkan nilai 95%.

Nilai tersebut tak memungkiri adalah nilai review film tertinggi sejauh ini dari Dafunda. Dan memang gak salah banget kalau film drama misteri ini mendapatkan nilai sebesar itu. Last Night in Soho adalah film yang memiliki plot paling biasa namun dengan eksekusi yang sangat luar biasa.

Dari awal sampai akhir, kita terus penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi dengan Ellie (Thomasin McKenzie). Mengapa ia sering mengalami mimpi teleportasi ke dekade 60an itu? Lalu, siapakah sebenarnya sosok wanita penghibur cantik, Sandie (Anya Taylor-Joy) itu?

Lalu mengapa juga ia sering mengalami paranoia menyeramkan tidak karuan sendiri? Semua misteri-misteri ini sekali lagi terolah dengan sangat gokil oleh Wright. Pokoknya membuat kita terus menerka penasaran hingga habis.

Sembari terus menerkanya, kita juga ditemani oleh pencocokan adegan dengan soundtrack-soundtrack hit 60an yang gokil banget. Pokoknya sih kalau kamu memang pernah nonton alias familiar dengan film-film Edgar Wright, pastinya tahu banget akan aspek khas Wright tersebut.

Belum lagi permainan warna, sinematografi, dan production design film ini, benar-benar sangat MASTERFUL. Pokoknya kalau kamu belum nonton, PLEASE! Nonton Last Night in Soho. Pokoknya kamu gak bakalan rugi banget deh!

Itulah tadi 10 film terbaik yang rilis tahun 2021. Apakah kamu sudah menyaksikan 10 film ini? Atau kamu memiliki daftar yang jauh lebih gokil? Langsung share saja di kolom komentar ya guys!

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications