Ini Adegan Film Get Out yang Membuat Sutradara Jordan Peele Menangis

in ,
Adegan Get Out Yang Membuat Jordan Peele Menangis

Get Out merupakan salah satu film terbaik bertema thriller yang hadir tahun kemarin. Film ini membuat emosi penonton berubah-ubah dengan beberapa adegan yang lucu, lalu berubah menjadi mengerikan. Penulis sekaligus sutradara Jordan Peele bahkan terperangkap dalam pembuatan film saat menulis satu adegan yang membuatnya menangis, meksipun air mata itu terasa “katarsis.”

“Ada suatu titik dalam proses di mana saya sampai pada sesuatu yang sangat rentan,” ungkap Peele di Writer Guild Association Beyond Words Panel. “Kesenangan berevolusi menjadi air mata. Maksudku, ketika aku sedang menulis adengan tentang Chris dalam hipnosis dan The Sunken Place, aku mengakhiri hari itu dengan menangis, dan itu adalah hal yang katarsis. Aku tidak akan menggambarkannya dengan sesuatu yang menyenangkan.”

Apa itu The Sunken Place?

Dalam konteks film, “Sunken Place” adalah tempat pikiran Chris (Daniel Kaluuya) masuk ke bawah hipnosis oleh ibu pacarnya dalam upaya untuk mendapatkan kontrol penuh atas dirinya. Tidak hanya menjadi adegan yang kuat dalam film, tetapi juga mewakili sesuatu yang jauh lebih seram yang telah merasuki masyarakat.

JANGAN LEWATKAN •
Trailer dan Sinopsis Us, Film Thriller Terbaru Sutradara Get Out

“Yang ini secara khusus menjadi metafora kompleks industri penjara, kurangnya representasi orang kulit hitam dalam film, dalam genre,” kata Peele. “Alasan Chris dalam film ini jatuh ke tempat ini, dipaksa untuk menonton layar ini, bahwa tidak peduli seberapa keras dia berteriak dia tidak akan mendapatkan pertolongan. Dia tidak terwakili. Dan itu, bagi saya, apakah ini metafora untuk penonton horor berkulit hitam, basis penggemar yang sangat loyal datang ke film-film ini, dan kami adalah orang yang akan mati terlebih dahulu. Jadi film ini untuk saya menjadi hampor tentang representasi dalam genre, dalam dirinya sendiri, dengan cara yang aneh.”

Filmmaker ini juga menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang dimaksud oleh Sunke Place dalam film dan bagaimana ia menyadari maknanya jauh melampaui plot film.

“Kamu tahu kapan kamu akan tidur dan rasanya seperti kamu akan jatuh, jadi kamu bangun? Bagaimana juika kamu tidak pernah bangun? Di mana kamu akan jatuh? Dan itu adalah semacam ide yang paling mengerikan bagi saya,” filmmaker itu mengaku. “Dan ketika saya menulisnya, menjadi jelas bahwa Sunken Place adalah metafora untuk sistem yang menekan kebebasan orang kulit hitam, banyak pendatang, banyak minoritas. Ada banyak sunken places (tempat yang tenggelam).”

Get Out masuk menjadi nominasi untuk film terbaik, aktor terbaik dan sutradara terbaik di Academy Awards 2018. Berkat film ini pula, Jordan Peele membawa pulang piala Oscar di kategori Naskah Asli Terbaik.