Berita FilmMovie

James Earl Jones Pensiun Sebagai Pengisi Suara Darth Vader

James Earl Jones pensiun sebagai pengisi suara villain ikonik Star Wars, Darth Vader.

Baru saja senang-senang, eh kini kita bersedih kembali. Ya pernyataan ini rasanya pas banget bagi kita yang fanboy Star Wars.

Pasalnya baru saja kita bersenang-senang dengan perilisan seri Star Wars Disney Plus terbaru, Andor. Keesokan harinya atau lebih tepatnya beberapa jam yang lalu. Kita malah mendapat kabar yang membuat kita kaget seperti ketika tahu kalau Darth Vader ternyata adalah ayah kandung Luke Skywalker.

Pensiun Menyuarakan Vader

Spesifiknya lagi seperti yang terlansir dari ScreenRant yang mana mereka juga melansir dari laporan Vanity Fair. Terungkap bahwa aktor sekaligus pengisi suara legendaris, James Earl Jones, menyatakan pensiun sebagai pengisi suara Darth Vader.

Tak ayal sekali lagi, kabar ini merupakan kabar yang membuat seluruh fanboy Star Wars kaget dan sedih banget. Pasalnya semenjak film orisinil Star Wars atau yang lebih dikenal juga dengan Star Wars Episode 4: A New Hope (1977). Sosok Jones sudah menjadi pengisi suara Vader.

Bahkan ia juga menyuarakan Vader di proyek seri-seri Star Wars. Seri Obi-Wan Kenobi (2022), merupakan penampilan suara Vader teranyarnya. Namun ya sayangnya setelah berita ini keluar. Maka bisa dikatakan kalau Obi-Wan Kenobi juga menjadi proyek Star Wars terakhirnya baginya.

Selain karena fakta “masa baktinya” tersebut. Hal lain yang membuat banyak dari kita bersedih dengan kabar James Earl Jones yang pensiun sebagai pengisi suara Darth Vader ini juga dikarenakan rasa cemas.

Spesifiknya, banyak dari kita yang merasa cemas dengan masa depan karakter Vader-nya. Apakah sosok Vader ke depannya akan dihilangkan? Dan wajarlah kecemasan ini terjadi. Karena sekali lagi sosok Jones dengan suara Vader sudah gak dipisahkan lagi satu sama lain.

Ya perbandingannya seperti Kevin Conroy dengan suara Batman begitu deh. Jadi ya bagaimana nih nasib karakter Vader ke depannya pasca keputusan pensiun dari Jones ini?

Darth Vader Masih Akan Ada

Well, untungnya seperti yang terlansir dari sumber. Karakter Darth Vader masih akan ada. Lalu suara Vader-nya juga masih merupakan suara yang sama. “Loh kok? Maksudnya bagaimana nih?”

Jadi sebelum menyatakan kepensiunannya ini. Jones sudah menyetujui agar hak suara ikonik Vader-nya, dipegang oleh LucasFilm dan Respeecher. LucasFilm tentunya seperti kita tahu adalah perusahaan pemegang seluruh lisensi Star Wars.

Sedangkan Respeecher pada dasarnya adalah perusahaan kloning suara. Nah jadi ke depannya seperti yang terlansir dari halaman Wikipedia Jones. LucasFilm akan menggunakan arsip rekaman suara lama Vader.

James Earl Jones Darth Vader
James Earl Jones | Twitter/@BabyLamb5

Nah nantinya rekaman suaranya dimodifikasi lagi secara artifisial sehingga antara suara dengan dialog yang aktor barunya ucapkan nanti bisa sinkron. Nah Respeecher inilah nantinya yang akan bertugas untuk mengerjakan semuanya ini.

Well, pada akhirnya terlepas kita masih sedih dan masih gak terima dengan pensiunnya Jones sebagai suara Vader ini. Kita mau gak mau harus menerimanya dengan lapang dada. Toh ini juga keputusan Jones sendiri bukan?

Juga selain itu kini kita hanya bisa angkat topi dan mengucapkan banyak terima kasih atas performa suara Vader-nya selama ini. Jadi, terima kasih Mr. Jones and May the force will always be with you sir.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.