Film InternationalMovie

10 Kaiju Terkuat di MonsterVerse, Tak Hanya Godzilla!

Berikut adalah 10 kaiju terkuat di jagad raya sinematim Monsterverse, ternyata banyak dari mereka yang mampu bersaing dengan Godzilla.

Dari banyaknya Kaiju di Monsterverse, pastinya kamu penasaran mana saja Kaiju terkuat dalam universe Godzilla versi Amerika tersebut.

MonsterVerse adalah sebuah semesta film yang berkisah tentang kaiju atau monster yang berasal dari Legendary Pictures.

Jika kamu menyukai film monster, pasti kamu sudah akrab dengan istilah “Kaiju”. Kata “Kaiju” berasal dari bahasa Jepang dan memiliki arti “makhluk asing yang buas”.

Kaiju menjadi terkenal ketika beberapa perusahaan film di Jepang menciptakan monster raksasa yang menyerang kota dan melibatkan pertempuran dengan pasukan militer.

Nah, dalam Monsterverse ini, tak hanya Godzilla, tapi juga terdapat berbagai monster ikonik seperti Kong, Rodan, Shimo. Kira-kira siapa di antara kaiju MonsterVerse yang terkuat?

Kaiju Terkuat di Film Godzilla MonsterVerse

10. Behemoth

10 Kaiju Terkuat di MonsterVerse,  Tak Hanya Godzilla!
Image: Legendary Pictures

Kaiju yang mirip dengan kungkang dan memiliki gading mammoth besar berbulu ini pertama kali muncul di King of Monsters.

Meskipun hanya memiliki gading untuk bertarung, Behemoth memiliki daya tahan yang luar biasa. Bulunya tahan terhadap api, dan ia juga dapat menyerang menggunakan cakarnya saat berdiri dengan kaki belakangnya jika diperlukan.

9. M.U.T.O

M.U.T.O
Image: Legendary Pictures

Kaiju terkuat di MonsterVerse selanjutnya ialah M.U.T.O. Ketika Legendary Pictures menghidupkan kembali Godzilla pada tahun 2014, mereka menyadari bahwa mereka perlu menciptakan monster yang hebat untuk melawannya.

Beruntungnya, mereka berhasil menciptakan salah satu desain yang paling menarik, yaitu M.U.T.O., yang merupakan singkatan dari Massive Unidentified Terrestrial Organism.

Makhluk parasit ini bangkit setelah tidur lama untuk mulai menghancurkan dunia, dan membangunkan Godzilla sendiri untuk mengembalikan stabilitas.

Mereka memiliki kecerdasan, kegesitan, dan kekuatan fisik yang luar biasa. Walaupun mereka tidak sebesar Godzilla, mereka memanfaatkan ukuran mereka untuk mengunggulinya.

8. Mothra

10 Kaiju Terkuat di MonsterVerse,  Tak Hanya Godzilla!
Image: Legendary Pictures

Mothra dianggap sebagai makhluk yang memberikan kehidupan dan memiliki kemampuan yang hebat. Dia memiliki sengat yang sangat kuat sehingga bisa menembus baju besi panas Rodan, dan dia juga bisa terus bertarung meskipun mengalami luka bakar parah karena dekat dengan Rodan.

Selain itu, dia bisa terbang dengan kecepatan yang luar biasa dan bisa menembakkan semburan sutra seperti laba-laba yang bisa melumpuhkan dan menjebak monster lain yang lebih besar.

Kaiju ini juga dapat bereinkarnasi dengan bertelur dalam kondisi imago (tahap akhir selama metamorfosis), di mana dia akan terlahir kembali dengan ingatannya yang utuh setelah tubuh sebelumnya mati.

Mothra juga sangat cerdas, menunjukkan kesetiaan kepada Godzilla bahkan ketika Ghidorah merebut posisinya sebagai alpha.

7. Rodan

Rodan
Image: Legendary Pictures

Kaiju terkuat di MonsterVerse selanjutnya ialah Rodan. Monster ini merupakan sejenis pterosaurus berukuran besar yang memiliki kemampuan terbang. Ia terbukti kuat dalam pertempuran, seperti yang ditampilkan dalam film Godzilla: King of Monsters.

Dia mengeluarkan suhu yang melebihi 2000°F, yang memungkinkannya bisa membakar untuk melukai lawan yang berada di dekatnya. Dia menggunakan kekuatan ini untuk membakar Mothra hingga hampir mati di film King of Monsters.

Rodan memiliki kemampuan untuk memproduksi petir sonik di bawahnya saat terbang berkat sayap lebarnya. Kemampuan ini dapat dengan mudah merusak bangunan seperti tornado.

Ia tidak bisa tertembus peluru karena ia mengenakan baju zirah yang alami, dan ia memiliki kecepatan dan kekuatan yang luar biasa.

6. Tiamat

10 Kaiju Terkuat di MonsterVerse,  Tak Hanya Godzilla!
Image: Wiki Godzilla Fandom

Tiamat merupakan monster yang menjadi salah satu lawan Godzilla dalam film Godzilla X Kong: The New Empire (2024). Namun, sebenarnya mereka pernah bertempur sebelumnya. Dalam komik Godzilla Dominion (2021), mereka bertarung dengan sengit untuk merebut sarang lama Godzilla.

Kaiju ini mirip dengan ular naga, memiliki kemampuan untuk mengendalikan air dan sisik tajam yang dapat melukai Godzilla. Jika kita perhatikan, Tiamat memiliki tampilan yang mirip dengan Manda, salah satu monster dari seri Godzilla asli.

Tiamat adalah salah satu musuh terkuat Godzilla karena ia memiliki keunggulan dalam pertempuran di dalam air. Namun, dalam film terakhir, Godzilla berhasil mengalahkannya karena Godzilla telah mengalami evolusi dan menjadi lebih kuat.

5. Mechagodzilla

Mechagodzilla
Image: Legendary Pictures

Sejak kemunculannya di Godzilla vs. Mechagodzilla (1974), Mechagodzilla selalu menjadi ancaman yang serius termasuk di MonsterVerse.

Salah satu kaiju terkuat di MonsterVerse ini muncul kembali dalam film Godzilla Vs. Kong (2021), ia menjadi musuh utama.

Dalam film tersebut, Mechagodzilla adalah monster pertama yang diciptakan oleh manusia. Perusahaan Apex Cybernetics menciptakan Mechagodzilla menggunakan bagian kepala Ghidorah yang sudah mati dan memberikannya tubuh robot.

Mechagodzilla diciptakan dengan tujuan untuk melindungi manusia sebagai makhluk teratas dalam rantai makanan. Namun, akhirnya Mechagodzilla kehilangan kendali dan menjadi liar. Ia menjadi salah satu kaiju yang hampir berhasil membunuh Godzilla.

Dengan menggunakan senjata modern seperti misil dan serangan roket, Mechagodzilla sukses menekan Godzilla. Bahkan, serangan Atomic Breath Mechagodzilla berhasil mengalahkan serangan Atomic Breath Godzilla. Jika tidak ada bantuan Kong, sudah pasti Godzilla akan kalah.

4. Shimo

10 Kaiju Terkuat di MonsterVerse,  Tak Hanya Godzilla!
Image: Legendary Pictures

Kaiju terkuat di MonsterVerse selanjutnya ialah Shimo. Ia membuat penampilan debutnya dalam film Godzilla X Kong: The New Empire (2024) sebagai karakter antagonis baru.

Sebagai titan kuno, Shimo berperan sebagai makhluk terbesar dalam MonsterVerse saat ini. Meskipun sebenarnya tidak memiliki niat jahat, Skar King berhasil mengendalikan Shimo melalui penggunaan sebuah kristal yang akhirnya berhasil dihancurkan. Dalam pengaruh Skar King, Shimo menjadi salah satu Kaiju yang paling agresif dan kejam.

Dalam melawan Godzilla, Shimo menunjukkan kekuatan fisik yang jauh lebih unggul daripada monster tersebut. Ia bahkan mampu bertahan dari serangan Atomic Breath Godzilla tanpa mengalami luka sedikitpun. Meskipun demikian, Godzilla telah mengalami evolusi yang membuatnya lebih kuat dari versi dalam film-film sebelumnya.

Shimo memiliki kemampuan yang dapat mengeluarkan semburan pembeku yang sangat berbahaya, bahkan bagi Godzilla. Jika Shimo benar-benar merupakan kaiju jahat, tampaknya tidak akan cukup hanya dengan kerja sama antara Godzilla dan Kong untuk mengalahkannya.

3. King Ghidorah

King Ghidorah
Image: Legendary Pictures

Dalam setiap versi film, King Ghidorah selalu menjadi musuh utama Godzilla. Baik dalam film orisinal Toho, trilogi anime, maupun adaptasi MonsterVerse, bisa kita anggap bahwa Ghidorah adalah musuh abadi bagi Godzilla.

Terkadang, Ghidorah bahkan dijelaskan lebih unggul dan lebih kuat daripada Godzilla, seperti dalam adaptasi MonsterVerse.

Ghidorah adalah sejenis monster raksasa yang berasal dari luar angkasa. Ia dikenal juga dengan sebutan Monster Zero, dan akhirnya dibebaskan oleh kelompok teroris lingkungan untuk menggantikan peran Godzilla sebagai raja monster.

Monster ini memiliki tiga kepala yang mampu melepaskan serangan Gravity Beam. Tubuhnya yang berwarna emas juga berfungsi sebagai penghantar listrik alami.

Dalam film Godzilla: King of Monsters (2019), kaiju ini selalu mendominasi dalam pertarungan melawan Godzilla. Namun, Godzilla akhirnya berhasil mengalahkannya setelah mendapatkan kekuatan tambahan dari Mothra dan energi nuklir yang Doktor Serizawa lepaskan.

2. Kong

10 Kaiju Terkuat di MonsterVerse,  Tak Hanya Godzilla!
Image: Legendary Pictures

Kong merupakan salah satu tokoh utama dalam MonsterVerse. Ia adalah Gorila raksasa yang hidup sendiri di pulau tengkorak dan tidak menerima status alpha Godzilla, ia menolak tunduk.

Konflik ini menyebabkan pertempuran mereka dalam film Godzilla Vs. Kong (2021). Untungnya, Kong berhasil mendapatkan sebuah kapak kristal yang dapat menyerap hembusan nafas nuklir dari Godzilla, sehingga mampu seimbang dalam pertarungan melawan raja monster tersebut.

Walaupun pada akhirnya mengalami kekalahan, Kong berhasil memberikan perlawanan yang kuat. Bahkan, dalam salah satu babak pertempuran, Kong berhasil membuat Godzilla tak sadarkan diri.

Kong menggunakan kecerdasannya untuk melawan Godzilla. Pada akhirnya, Godzilla mengakui kekuatan Kong dan membiarkannya hidup tanpa harus tunduk padanya.

1. Godzilla

10 Kaiju Terkuat di MonsterVerse,  Tak Hanya Godzilla!
Image: Legendary Pictures

Godzilla Sang Raja Monster adalah Kaiju terkuat di MonsterVerse. Dia mampu melubangi sampai ke tengah inti Bumi dengan menggunakan napas atomnya, dan juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri dengan menyerap radiasi. Godzilla benar-benar menjadi sosok yang dianggap dewa di antara semua kaiju.

Beberapa kali dia digambarkan sebagai pelindung Bumi dari monster raksasa lainnya. Dia akan mengalahkan musuh-musuhnya atau membuat mereka patuh padanya. Kaiju yang tunduk padanya akan selamat, sedangkan yang tidak, akan ia hancurkan tanpa ampun.

Related Posts

Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks