Karakter Han Seoul-Oh Debut Pertama di Luar Franchise Fast and Furious

in , ,
Han Debut Di Luar Fast Furious
source: CBR

F9 telah melakukan debut trailer perdananya Minggu lalu. Video promosi pertama itu memperlihatkan aksi menegangkan dan banyak hal yang tak terduga. Salah satu kejutan yang paling besar adalah bangkitnya karakter favorit penggemar Han Seoul-Oh yang tampaknya selamat dari nasib buruk di tangan Deckard Shaw pada akhir Fast and Furious: Tokyo Drift.

Film ketiga dalam franchise F&F, atau keenam secara timeline sebenarnya merupakan pertama kalinya Han muncul dalam serial ini. Namun, sutradara Justin Lin mengungkapkan bahwa karakter ini sudah debut lebih dulu di luar franchise balapan aksi ini. Film apakah itu?

Debut di Better Luck Tomorrow

Sung Kang Han Better Luck Tomorrow
Sung Kang sebagai Han di Better Luck Tomorrow | IMDB

Saat Fast and Furious pertama kali rilis pada tahun 2002, Justin Lin menyutradarai sebuah drama kejahatan yang berpusat pada sekelompok anak SMA yang melakukan kejahatan kecil karena terlalu bosan dengan kehidupan sekolahnya. Film ini menampilkan aktor Sung Kang sebagai Han Lue, seorang pencuri yang mengerti tentang komputer dan elektronik. Film ini menerima ulasan baik dan cukup mendapat keuntungan di segi box office.

Empat tahun kemudian, Lin menyutradarai film F&F pertamanya, Tokyo Drift. Film ini menceritakan seorang siswa sekolah menengah Amerika bernama Sean Boswell, seorang karakter yang nantinya akan muncul dalam film F&F lainnya, yang dikirim ke Tokyo untuk tinggal bersama ayahnya dan terjerat dalam sirkuit balap liar. Setelah pertemuan yang buruk dengan pembalap berpengalaman, Takashi, yang memiliki hubungan dengan Yakuza, Sean setuju untuk bekerja untuk mitra bisnis Takashi, Han Seoul-Oh, yang juga diperankan oleh Kang.

Baik Lin maupun Kang menyatakan bahwa Han di dua film berbeda ini merupakan karakter yang sama. Han yang awalnya dianggap hanya muncul satu kali, dikembalikan oleh Lin yang menyutradarai film keempat F&F. Dengan memanipulasi timeline yang ada, Han kembali karena merasa karakter kesukaan penggemar ini memiliki aksi yang nanggung.

Identitas Han Terungkap di Film Kelima

Han Tokyo Drift
Han di Tokyo Drift | CinemaBlend

Dalam seri kelima Fast Five, kita akhirnya tahu bahwa terjadi perubahan untuk nama aktor oriental ini. Ketika Hobby Dwayne Johnson berusaha mengidentifikasi anggota tim Dominic Toretto, ia mengidentifikasi Han dengan nama Han Seoul-Oh. Ini kemudian tersirat bahwa Seoul-Oh adalah alias, dengan nama aslinya diduga Han Lue. Fakta ini tidak pernah diangkat dalam sisa film atau penampilan Han berikutnya, tetapi penggemar mengambil kesimpulan bahwa kedua karakter ini memiliki hubungan.

Dengan berakhirnya Fast and Furious 6 menyusul peristiwa Tokyo Drift, Han hanya memiliki waktu singkat karena dibunuh oleh Deckard Shaw. Karena itu, Han absen untuk film Furious 7 dan The Fate of the Furious sebelum kembali di F9. Menariknya, film F&F yang tidak menampilkan Han sebagai karakter sentral (pertama, kedua, ketujuh dan kedelapan) merupakan film yang bukan arahan Lin, yang menunjukkan bahwa ia benar-benar karakter yang dibawa oleh sang sutradara.


Duh, masih penasaran dong dengan kehadiran Han di F9. Tunggu bocoran lainnya untuk #JusticeforHan dari kami ya. Kamu bisa komen di bawah jika memiliki teori tersendiri.