MovieMCU

10 Karakter yang Mungkin Jadi Villain di Spider-Man 4

Meskipun Spider-Man 4 belum ada pengumuman resmi jadwal produksi dan rilisnya, 10 karakter ini bisa cocok untuk jadi villain di Spider-Man 4.

Ada 10 karakter yang mungkin akan jadi villain di Spider-Man 4!

Marvel Studios sedang merencanakan untuk membuat film Spider-Man 4 yang akan menampilkan berbagai karakter jahat. Dalam rencana film Spider-Man 4 ini, akan ada beberapa karakter jahat yang cocok untuk muncul di dalamnya. Siapa saja karakter-karakter tersebut?

10 Karakter yang Bisa Jadi Villain di Film Spider-Man 4

10. The Prowler

villain spider-man 4
Geek Culture

Dalam asumsi kemungkinan Miles Morales muncul di MCU, ada kemungkinan kita juga bisa melihat Peter Parker berhadapan dengan salah satu villain yang unik di Spider-Man 4, yaitu The Prowler.

Donald Glover, yang juga seorang aktor dan penyanyi, memerankan karakter Aaron Davis dalam film Spider-Man: Homecoming. Seperti yang kita ketahui, Aaron Davis merupakan paman dari salah satu Spider-Man, yaitu Miles Morales.

Hal yang menarik selanjutnya adalah bahwa sampai saat ini, Aaron Davis belum muncul dalam proyek film Spider-Man atau proyek MCU lainnya. Namun, dia muncul sebentar dalam film Spider-Man: Across the Spider-Verse. Film tersebut tidak memberikan penjelasan apakah Prowler berasal dari MCU atau dari alam semesta lain seperti karakter lainnya.

Namun, dari gambar konsep yang ada, dapat kita anggap bahwa dia berasal dari MCU. Film Spider-Man 4 dapat menjadi momen kembalinya Aaron Davis alias The Prowler dan mulai memperkenalkan karakter tersebut.

Menghadirkan The Prowler sebagai musuh berikutnya bagi Spider-Man memberikan kesempatan bagi Spidey untuk menghadapi musuh tingkat jalanan yang sudah lama tidak Spidey hadapi. Dan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk musuh di Spider-Man 4.

9. Morlun

villain spider-man 4
Screen Rant

Salah satu karakter jahat yang bisa muncul sebagai villain di Spider-Man 4 adalah Morlun. Dengan Sony telah menghadirkan seri film Spider-Verse, dan MCU yang mulai menjelaskan lebih banyak tentang berbagai realitas atau alam semesta yang ada, maka ada banyak peluang untuk menghadirkan Morlun sebagai musuh dalam film Spider-Man berikutnya.

Dalam komiknya, Morlun adalah musuh utama tidak hanya bagi Spider-Man tetapi juga bagi semua Spider-People. Dia adalah seorang vampir yang sengaja menargetkan semua Spider-Totems atau Spider-People dari berbagai realitas. Tujuannya adalah untuk menyerap kekuatan mereka dan kemudian mengakhiri kehidupan para Spider-People tersebut.

Dengan segala kemungkinan yang ada, termasuk adanya multiverse, Marvel Studios memiliki kesempatan untuk menghadirkan ancaman terbesar yang pernah Peter Parker hadapi dalam hidupnya. Selain itu, ini juga bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan karakter lain, seperti Miles Morales yang kabarnya akan mendapatkan film live-action.

8. Black Cat

villain spider-man 4
Insomniac

Seorang aktris bernama Felicity Jones memainkan peran Felicia Hardy atau yang biasa kita kenal sebagai Black Cat dalam film The Amazing Spider-Man 2 garapan sutradara Marc Webb. Pada awalnya, ada rencana untuk membuat film sendiri tentang Black Cat, tetapi Sony akhirnya memutuskan untuk membatalkan proyek tersebut. Sony bahkan memutuskan untuk tidak memperkenalkan karakter Felicia sebagai Black Cat.

Banyak penggemar yang merasa kecewa dengan hal ini, tetapi Marvel Cinematic Universe (MCU) memiliki kesempatan untuk memperbaikinya dengan menghadirkan Felicia sebagai villain dalam film Spider-Man 4. Marvel Studios dapat menciptakan skenario di mana Felicia mereka perkenalkan sebagai kekasih Peter Parker, seperti dalam versi komik. Kemungkinan skenario ini terjadi setelah Doctor Strange menghapus ingatan semua orang tentang Peter Parker, termasuk MJ dan Ned.

Marvel Studios memiliki potensi untuk mengembangkan cerita tentang Felicia Hardy yang sejalan dengan komik atau game yang ada, di mana dia terpaksa menjadi seorang penjahat.

Hal ini pasti akan memberikan dimensi moral yang kompleks bagi Peter Parker dan menjadikan perkembangan karakternya semakin menarik. Mengingat popularitas Catwoman di DC Universe, Sony dan MCU juga dapat menjalankan konsep serupa dengan karakter Black Cat.

7. Jackal

Spiderman-controlled-by-jackal-and-attack-mary-jane
CBR

Pada mulanya, Jackal adalah seorang ilmuwan cerdas dalam bidang genetik yang dengan sengaja mengubah dirinya menjadi tokoh jahat ini untuk memburu Spider-Man.

Dia awalnya bernama Professor Miles Warren dan merupakan paman Gwen Stacy dalam cerita komik. Dia merasa sangat dendam terhadap Spider-Man karena menganggap Spider-Man bertanggung jawab atas kematian keponakannya.

Meskipun MCU belum memperkenalkan karakter Gwen Stacy, mereka dapat menghadirkan versi yang berbeda dari Miles Warren dalam MCU, di mana ia memiliki kemiripan dengan Doctor Otto Octavius versi Spider-Man garapan Sam Raimi. Atau bisa juga Doctor Curt Connors dalam cerita The Amazing Spider-Man. Marvel dapat menciptakan cerita di mana Miles Warren adalah seorang profesor di kelas Peter.

Miles Warren mengalami perubahan hidup sebelum akhirnya menjadi jahat. Jika Miles Warren muncul di Spider-Man 4, MCU akan memiliki kesempatan untuk memperkenalkan Ben Reiley dan menghadirkan alur cerita Clone Saga yang telah dimodifikasi. Dengan demikian, cerita Spider-Man di MCU akan semakin berkembang dan kompleks.

6. Smythe

villain spider-man 4
Spider-Man Wiki Fandom

Selain Morlun dan Black Cat, ada satu karakter penjahat yang mungkin cocok untuk tampil sebagai villain di Spider-Man 4, yaitu Smythe. Di dunia Marvel Universe, ada banyak karakter jenius, dan salah satunya adalah Alistair Smythe. Sayangnya, kecerdasannya dia gunakan untuk melakukan kejahatan. Salah satu aksinya adalah menciptakan teknologi khusus untuk membunuh Peter Parker.

Smythe adalah sosok pencipta robot bernama Spider Slayers yang dia gunakan untuk mengejar Spider-Man. Smythe memiliki cerita yang bisa membuat penggemar merasa simpati padanya.

Ia menderita gangguan emosional karena kekerasan yang di alami dari keluarganya, terutama sang ayah. Smythe juga menjadi sosok yang jahat demi membuktikan kekuatannya.

Dalam Spider-Man 4, kemunculan Smythe sebagai antagonis dapat memberikan alur cerita yang penuh dengan drama. Peter dapat menunjukkan kepada Smythe bahwa mereka berdua mengalami penderitaan yang sama.

Namun, Peter juga bisa membuat Smythe menyadari bahwa keputusannya selama ini adalah kesalahan besar. Smythe memiliki potensi untuk berubah menjadi seseorang yang baik dan bahkan menjadi seorang pahlawan yang besar. Mungkin di akhir film, karakter Smythe akan mengalami perubahan sikap yang signifikan.

5. Venom

Mv5botnhy2m4ntqtnjdmni00ntmylwe5mzctzjnmytc0zmm2yznjxkeyxkfqcgdeqxvymte0mzqwmjgz. V1
IMDb

Karakter jahat berikutnya yang mungkin muncul sebagai villain dalam film Spider-Man 4 adalah Venom. Para penggemar telah lama menantikan kehadiran musuh bebuyutan Spider-Man ini dan berharap akan ada pertarungan epik antara kedua karakter ini seperti yang ada dalam komik. Namun sayangnya, harapan tersebut belum pernah terwujud sampai saat ini.

Kesempatan pertarungan antara Venom dan Spider-Man akhirnya terbuka setelah kejadian di film Spider-Man: No Way Home. Di adegan pascakredit film tersebut, kita dapat melihat peristiwa yang luar biasa terjadi pada Eddie Brock. Ia mengalami fenomena perpindahan alam semesta dari Sony ke Marvel. Bukti nyata dari hal ini adalah ketika Eddie membaca berita tentang Spider-Man.

Walaupun Eddie sudah berpindah ke dalam dunia MCU, dia belum pernah bertemu dengan Spider-Man dan para superhero lainnya. Kemungkinan Spider-Man 4 dapat memperbaiki situasi tersebut. Eddie sendiri dikisahkan kembali ke dalam dunia milik Sony, namun sebagian dari Symbiote Venom justru tertinggal di dalam MCU.

Bagian Symbiote Venom ini dapat bergabung dengan Spider-Man dan membuatnya menjadi tuan rumah bagi Symbiote tersebut. Eddie mungkin akan kembali dan berusaha menyelamatkan Peter Parker dari Symbiote tersebut. Kemungkinan lainnya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Symbiote tersebut akhirnya bergabung dengan Mac Gargan dan menjadi Symbiote Venom versi MCU.

4. Mac Gargan/Scorpion

Michael-mando-to-return-as-the-scorpion-in-mcus-spider-man-4
WIki of Nerds

Salah satu penjahat yang mungkin muncul di film Spider-Man 4 berikutnya adalah Mac Gargan, yang juga dikenal sebagai Scorpion. Seperti Aaron Davis, Mac Gargan juga muncul pertama kali di film Spider-Man: Homecoming. Meskipun karakter yang diperankan oleh Michael Mando ini muncul di film Spider-Man yang pertama, banyak orang tampaknya telah melupakan keberadaan salah satu penjahat klasik ini.

Sebelumnya, Mac Gargan adalah anggota tim The Vulture sebelum tertangkap dan dalam penjara, ia mengutarakan keinginannya untuk memburu Spider-Man. Marvel Studios dapat memanfaatkan karakter Mac Gargan sebagai penjahat yang muncul di Spider-Man 4. Ada beberapa alasan yang mendukung hal ini. Pertama, kita belum sepenuhnya melihat kemampuan yang dimiliki oleh Scorpion.

Sayangnya, jika Marvel hanya menghadirkan karakternya tanpa memberikan dampak yang signifikan, itu akan menjadi kekecewaan. Mac Gargan dengan jelas ingin membalas dendam kepada Spider-Man, seperti yang terlihat di akhir film ketika dia berbicara dengan Vulture.

Bahkan, Mac Gargan mengajak Vulture untuk bekerja sama dengannya untuk membalas dendam kepada Spider-Man. Selain itu, dengan kehadiran Symbiote yang muncul di film No Way Home, Mac Gargan bisa menjadi sosok Symbiote Venom di MCU, seperti dalam cerita komik.

3. Doppelgangger

Spider-man 29 29 From Spider-man Unlimited 29 002
Marvel Database

Doppelgangger adalah salah satu villain menarik yang bisa muncul dalam Spider-Man 4 dan menjadi ancaman baru yang belum pernah dihadapi Spider-Man sebelumnya.

Dalam petualangannya di MCU, Spider-Man telah berhadapan dengan berbagai villain dari level biasa hingga level kosmik seperti Thanos. Namun, MCU memiliki potensi untuk menghadirkan karakter villain yang unik dan belum pernah dihadapi oleh Peter Parker sebelumnya.

Salah satu hal yang dialami adalah dia harus menghadapi versi jahat dari dirinya sendiri. Karakter ini dikenal sebagai Doppelganger. Doppelganger adalah versi yang lebih menakutkan, jahat, kejam, tidak manusiawi, dan memiliki delapan lengan seperti Spider-Man. Doppelganger adalah makhluk yang dibuat oleh Magus, sosok jahat dari Adam Warlock.

Magus dengan sengaja menciptakan versi jahat dari beberapa pahlawan super Marvel, termasuk Spider-Man. Doppelganger pertama kali muncul dalam Infinity War dan kemudian muncul kembali dalam cerita Maximum Carnage.

Dalam cerita Maximum Carnage, Doppelganger menjadi bawahan Carnage dan Shriek. Doppelganger memiliki jaring laba-laba yang sangat tajam dan kekuatan enam kali lebih besar dari Peter Parker. MCU sendiri telah mulai memperkenalkan elemen cerita horor dalam filmnya, yang dapat diterapkan dalam Spider-Man 4 dengan menghadirkan Doppelganger.

2. Hobgoblin

Ned-hobgoblin
TheDirect

Selain karakter Venom, para penggemar juga sangat menantikan kemunculan Hobgoblin sebagai salah satu villain dalam Spider-Man 4. Banyak spekulasi muncul mengenai kemunculan Hobgoblin setelah beredar gambar konsep karakter tersebut yang sebenarnya tidak digunakan dalam film Spider-Man: No Way Home. Dalam gambar konsep tersebut, terlihat bahwa Ned Leeds adalah sosok yang berada di balik topeng Hobgoblin.

Hobgoblin terlihat melemparkan bom labu yang dimiliki oleh Green Goblin saat dia menggunakan alat terbang yang dimiliki oleh penjahat tersebut. Dalam cerita komiknya, Hobgoblin memang merupakan salah satu musuh yang sangat menakutkan yang pernah dihadapi oleh Spider-Man.

Yang menarik, orang di balik sosok Hobgoblin sebenarnya adalah teman dekat Spider-Man, yaitu Ned Leeds. Ned telah dipengaruhi oleh Hobgoblin asli sehingga dia percaya bahwa dia adalah penjahat sejati.

Saat ini, karena Peter Parker meminta bantuan kepada Doctor Strange agar semua orang melupakan dirinya, MJ dan Ned tidak lagi mengenalinya.

Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Hobgoblin asli untuk mengendalikan pikiran Ned Leeds dan membuatnya percaya bahwa dia adalah penjahat seperti dalam komik. Tentu saja, ini bisa menjadi momen yang emosional bagi Peter.

1. Knull

villain spider-man 4
Prod Digital

Salah satu penjahat menarik yang bisa muncul sebagai villain di film Spider-Man 4 yang terakhir adalah Knull, sang Dewa Symbiote. Setelah film Thor: Love and Thunder memperkenalkan artefak kosmik yang kuat, yaitu pedang Necrosword, kemungkinan besar Knull akan muncul selanjutnya. Karena dia adalah pencipta pedang Necrosword tersebut.

Dalam komiknya, Knull digambarkan sebagai entitas kuno yang ada sebelum alam semesta Marvel terbentuk. Dia adalah pencipta Symbiote yang pertama, yang digunakan untuk membuat Necrosword.

Knull bahkan memiliki kekuatan untuk mengalahkan para Celestials dengan pedangnya. Meskipun mungkin terlalu cepat untuk memperkenalkan Knull sebagai musuh di MCU, tidak menutup kemungkinan jika karakter ini akan muncul dalam film Spider-Man 4.

Dalam rencana MCU untuk mengganti tokoh antagonis utama dalam Saga berikutnya, Knull dapat menjadi salah satu opsi yang bisa studio pertimbangkan.

Kemungkinan karakter Knull akan diperkenalkan pertama kali melalui film Spider-Man 4. Kehadiran Knull memberikan peluang bagi Sony dan Marvel Studios untuk bekerja sama dalam menghadapi Knull dan pasukannya yang terdiri dari Symbiotes.

Baca Juga:

Film Spider-Man 4 memiliki banyak potensi untuk mengembangkan alur cerita Spider-Man di masa depan dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) atau alur cerita MCU itu sendiri.

Namun, saat ini nasib film tersebut masih belum pasti. Meskipun demikian, ada kemungkinan para karakter penjahat tadi akan muncul dalam film Spider-Man berikutnya.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.