11 OST Film Box Office Paling Ikonik Sepanjang Masa

in , , ,

Soundtrack film adalah salah satu bagian terpenting dari pengalaman menonton film. Entah kita sadari atau tidak, ketika kita menonton, soundtrack musik yang tepat membantu mengatur adegan, memicu emosi dari penonton, bahkan menceritakan semua kisahnya sendiri. Terkadang, kita juga bisa teringat pengalaman pribadi dan membawa kita ke dunia yang ditampilkan di film tersebut.

Beberapa lagu yang dibuat khusus untuk film atau hanya ditambahkan sebagai pelengkap ke dalam suatu adegan yang integral, tampaknya melampaui kualitas dari film yang ditampilkan. Orang-orang menjadi terbawa suasana dan terkait erat dengan film-film yang ditayangkan. Musik di dalam perfilman menjadi bagian dari sejarah budaya Pop untuk generasi yang akan datang.

Berikut ini adalah beberapa Ost. lagu film paling ikonik sepanjang masa. Lagu-lagu ini mewakili berbagai genre terkait dengan film yang ditampilkan.

1. Kenny Loggins – Footloose (Ost. Footloose)

Salah satu film hits terbesar Hollywood ketika dirilis pada tahun 1984. Film Footloose semakin hidup berkat lagu ikonik dari Kenny Loggins. Begitu mendengar lagu ini kamu akan merasakan nuansa asik di pesta dansa.

Lagu ini telah menduduki puncak tangga lagu selama tiga minggu berturut-turut di US Billboard Hot 100, dan menjadi hits besar yang membuat Loggins meraih kesuksesannya.

Pada tahun 2014, ia mengungkapkan dalam sebuah wawancara, “Film ini akan menjadi film terbesar di musim panas. Kami tidak menyadarinya, sebelum pergi menonton penayangan perdana film ini … 

2. Seal – Kiss From a Rose (Ost. Batman Forever)

Seal awalnya merilis lagu “Kiss From a Rose” pada tahun 1994, tetapi lagunya mulai populer ketika ditampilkan di soundtrack “Batman Forever” setahun kemudian. Berkat kesuksesan tersebut Seal memenangkan Grammy Awards untuk kategori, Song of the Year, dan Vokal Pop Pria Terbaik.

JANGAN LEWATKAN •
Jangankan Pacaran, 6 Karakter Anime ini Bahkan Tidak Tertarik Dengan Percintaan!

Mungkin lagu ini dirasa tidak cocok untuk film superhero, tapi itulah yang terjadi. Kiss From a Rose membuat “Batman Forever” terkesan sempurna. 

3. Whitney Houston – I Will Always Love You (Ost. The Bodyguard)

Houston sudah menjadi legenda musik yang bonafide semenjak dia melakukan debut aktingnya di film romantis tahun 1992. Lagunya dengan cepat menjadi salah satu hits yang luar biasa. Sering dilupakan bahwa balada sebenarnya adalah cover lagu Dolly Parton. 

Lagu ini mencatat sejarah dalam industri musik sebagai satu-satunya lagu country yang mencapai No. 1 dalam tiga dekade terpisah. Ost. The Bodyguard tersebut menduduki top chart lagu di seluruh dunia pada saat rilis dan kembali ke puncak popularitas beberapa jam setelah kematian Whitney Houston pada tahun 2012 lalu. Bisa dibilang soundtrack film tersebut melampaui kepopuleran filmnya sendiri.


4. Christina Aguilera, Pink, Lil Kim, Mya, dan Missy Elliott – Lady Marmalade (Ost. Moulin Rouge)


Dengan paduan suara yang sugestif dan medley nada tinggi bintang pop terbesar, “Lady Marmalade” menjadi salah satu musik romantis yang ikonik di tahun 2001.

JANGAN LEWATKAN •
9 Film Batman Sejauh Ini, Mulai Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

5. Pharrell Williams – Happy (Ost. Despicable Me 2)

Bisa dibilang “Happy” cocok dijadikan sebagai lagu anak-anak. Kamu pasti ikut bernyanyi bersama anak-anak untuk “Happy”. Single ini terdapat dalam album Williams “Girl” sebelum menjadi hit global besar-besaran karna dijadikan soundtrack film animasi “Despicable Me 2”. 

Lagu “Happy” menjadi lagu terlaris tahun 2014, bahkan beberapa tahun kemudian.

6. Judy Garland – Over the Rainbow (Ost. The Wizard Of Oz)

The American Film Institute menempatkan lagu balada sedih Judy Garland sebagai lagu film terbesar sepanjang masa.Lagu, karakter, dan filmnya telah dicatat dalam sejarah film dan musik yang banyak dicintai oleh penggemar di seluruh dunia lintas generasi.

7. Sixpence None the Richer – Kiss Me (Ost. She’s All That)

Lagu ini diputar di saat adegan puncak film “She’s All That” yaitu ketik mahasiswi seni (Laney Boggs) seorang kutu buku berjalan menuruni tangga setelah makeover pada potongan rambut dan lensa kontaknya, sementara tingkahnya tetap sama. 

JANGAN LEWATKAN •
23 Film Marvel Cinematic Universe Terkeren Sejauh Ini

Lagu ini mewakili bagian-bagian terbaik dari romansa remaja dengan momen yang ikonik. Itulah sebabnya mengapa film dan lagu ini selamanya akan memiliki tempat khusus di hati para remaja tahun 90-an. Ada remaja 90-an yang belum kenal lagu ini?

8. Aerosmith – I Don’t Wanna Miss a Thing (Ost. Armageddon)

Sesuatu tentang lagu dari Aerosmith di film tentang asteroid yang mengenai bumi tidak masuk akal sama sekali, namun, itu berhasil, karena tahun 1998 benar-benar waktunya pertunjukan.

Lagu dan film Armageddon dibuat untuk mendominasi dalam penjualan. Semenjak dirilis telah berhasil mengantarkan gelombang apresiasi baru untuk sebuah band rock tahun 70-an.

9. Roy Orbison – Pretty Woman (Ost. Pretty Woman)

Lagu klasik mendapat kebangkitan besar dalam film ini. “Wanita cantik”
Meskipun hit besar pada rilis awal pada tahun 1964, klasik Orbison melihat kehidupan baru pada tahun 1990 ketika sutradara Garry Marshall cast Julia Roberts sebagai pekerja seks di bawah-ke-peruntungannya yang menemukan cinta dengan seorang pengusaha kaya, yang dimainkan oleh Richard Gere.

JANGAN LEWATKAN •
Rekomendasi Webtoon Komedi Terbaik Yang Bisa Membuat Kita Sakit Perut

Lagu ini sekarang menjadi sangat identik dengan film, membantu menyatukan Roberts dan Gere sebagai dua bintang film terbesar pada masa mereka. Kami tidak akan menilai jika Kamu dengan senang hati bernyanyi bersama setiap kali berjalan di jalan – kami tahu kami melakukannya.

10. Idina Menzel – Let It Go (Ost. Frozen)

Mendengar lagu “Let it Go,” kamu akan teringat dengan sosok gadis cilik dengan kekuatannya yang mampu membekukan istana.

Belum sampai satu dekade, “Let It Go” telah mengukuhkan dirinya sebagai lagu ikonik yang modern berkat pecinta Disney baik itu anak-anak maupun orang dewasa menyambut gembira lagu dan film tersebut, dan menjadikannya salah satu box office sukses yang menjual hampir 11 juta kopi pada tahun 2014. .

Bukan prestasi buruk di era di mana penjualan album telah digantikan oleh streaming dan unduhan digital, membuktikan bahwa kekuatan sang putri “Frozen” cukup nyata.

JANGAN LEWATKAN •
Ini 15 Perbedaan Film Asli dengan Versi Remake, Dunia Film yang Terus Berevolusi

11. Céline Dion – My Heart Will Go On (Ost. Titanic)

Titanic adalah sebuah film kisah cinta fiksi paling tragis yang pernah diceritakan. Untuk membuat suasana lebih dramatis tentunya membutuhkan soundtrack lagu yang penuh kata-kata cinta yang romantis. Lagu “My Heart Will Go On” menjadi ikon paling tepat mengabadikan momen di film tersebut dalam ingatan kita. Soundtrack Titanic tersebut berhasil memuncaki tangga lagu secara global pada tahun 1998, dan menjadi salah satu single terlaris sepanjang masa. 

Pastinya hampir semua orang yang kamu kenal tahu lagu ini ! Sebuah lagu klasik yang sering terdapat dalam daftar putar karaoke dan soundtrack resepsi pernikahan.