Penjelasan Ending Joker, Jangan Baca Kalau Enggak Mau Kena Spoiler!

in ,
Ending Joker

PERINGATAN: Artikel Ini Mengandung SPOILER!

Joker sudah tayang di bioskop Indonesia pada 2 Oktober lalu. Film ini mungkin akan tetap diperdebatkan dan terus dibicarakan sampai tahun-tahun mendatang.

Sejauh ini, elemen yang paling disorot dari film Joker sepertinya adalah akhir yang sangat kontroversial. Ending ini dapat membuat beberapa penggemar bertanya-tanya apa maksud dari film Joker.

Kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang Ending Joker. Termasuk diantaranya adalah poin-poin penting sampai qoute tertentu dari adegan terakhir.

Penjelasan Ending Joker

Joker Murray Franklin

Film Joker berakhir dengan Arthur Fleck yang tampil di acara Live! With Murray Franklin. Dirinya diundang setelah acara ini memainkan potongan video Arthur yang sedang stand up komedi di sebuah bar.

Arthur Fleck pergi menghadiri pertunjukan Live! With Murray Franklin dengan riasan dan kostum Joker. Arthur mengetahui bahwa tujuan Murray mengundangnya ke acara itu adalah untuk menertawakan dan menghinanya.

Namun Arthur memutuskan untuk membalikkan keadaan. Ketika segmennya muncul, Arthur mengakui pembunuhan kejam di subway dari “Clown Mask Killer”. Setelah memberikan ‘pidato’ yang keras, Arthur membunuh Murray saat acara tersebut berlangsung.

Kematian Thomas dan Martha Wayne

Joker Thomas Wayne

Pembunuhan itu membuat Gotham yang sudah kacau menjadi semakin menggila. Arthur ditangkap dan dibawa dengan mobil polisi, beberapa perusuh bertopeng badut menabrak mobil polisi itu untuk membebaskan Arthur.

Ketika Arthur bangun dari pingsan-nya, pembunuhan Wayne yang terkenal itu terjadi di dekatnya. Seseorang yang mengenakan topeng badut membunuh Thomas dan Martha Wayne sebagai bagian solidaritas dari perjuangan Arthur.

Arthur terlahir kembali sebagai “Joker” dan menari di atas mobil polisi dengan para pendukungnya. Sementara itu kota Gotham hancur dan terbakar dilatar belakang.

Dari sinilah perdebatan dan kontroversi seputar film Joker dimulai. Bagi kalian yang tidak tahu, Sebagian orang menganggap film Joker adalah film kontroversi karena membuat orang simpati kepadanya, dan menginspirasi orang untuk melakukan tindakan keji seperti yang dilakukannya.

Lahirnya Joker

Penjelasan Ending Joker

Adegan terakhir film ini memperlihatkan Arthur yang sudah ditangkap dan berbicara dengan seorang terapis. Kemudian adegan berpindah dan menampilkan Bruce Wayne yang trauma sambil berlumuran darah orangtuanya yang terbunuh.

Arthur terlihat tertawa pada dirinya sendiri. Terapis bertanya apa yang lucu, dan Arthur berkata, “Ini lelucon … kamu tidak akan mengerti.” Film ini berakhir dengan Arthur berjalan menyusuri lorong dengan darah sang terapis membasahi kakinya.

Menurut kalian apa maksud sebenarnya dari Ending Joker? Berikan jawaban dan teori kalian di kolom komentar di bawah ini.

Ayo mulai berdiksusi