DrakorDramaMovieTVTV List

14 Rekomendasi Drakor Terbaik dari Kisah Nyata, Bisa Nonton di Netflix!

Sedang mencari rekomendasi drakor terbaik yang diadaptasi dari kisah nyata? Buat yang penasaran, bisa cek lengkapnya disini.

Drama Korea sering kali menghadirkan cerita-cerita menarik dan unik yang mampu menarik perhatian penonton. Beberapa drama Korea juga terinspirasi dari kisah nyata yang memiliki makna mendalam. Tidak heran jika beberapa drama Korea yang berdasarkan kisah nyata ini berhasil mendapatkan perhatian penonton dengan rating yang tinggi dan alur cerita yang seru. Dalam kesempatan ini, Dafunda akan memberikan rekomendasi drakor terbaik yang diadaptasi dari kisah nyata.

Drakor adalah singkatan dari drama Korea, yang telah menjadi fenomena global dalam industri hiburan. Drakor adalah jenis drama televisi yang diproduksi di Korea Selatan. Drama Korea memiliki berbagai genre, termasuk romantis, komedi, aksi, fantasi, dan sejarah. Cerita dalam drakor sering kali melibatkan cinta, persahabatan, konflik, dan intrik yang rumit.

Berikut Daftar Drama Korea Terbaik dari Kisah Nyata

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi drama Korea yang terinspirasi dari kisah nyata yang menarik.

1. Move to Heaven

Move-to-heaven | rekomendasi drakor kisah nyata
Move-to-heaven

Drama Move to Heaven berhasil masuk dalam kategori ‘TOP series’ di Netflix pada tahun 2021. Drama ini terinspirasi oleh kisah Kim Sae Byul, yang merupakan orang pertama yang menawarkan jasa membersihkan lokasi pembunuhan atau bunuh diri di Korea.

Ceritanya mengikuti seorang anak laki-laki bernama Han Geuru yang menderita sindrom Asperger. Ayah Han Geuru, yang bekerja sebagai staf pembersih lokasi kematian, baru saja meninggal dunia. Bersama pamannya, Cho Sang Gu, mantan narapidana, Han Geuru memutuskan untuk melanjutkan pekerjaan yang dilakukan oleh ayahnya yang telah meninggal.

2. Queen For Seven Days

Queen-for-seven-days | rekomendasi drakor kisah nyata
Queen-for-seven-days

Queen For Seven Days adalah sebuah drama yang mengangkat kisah tragis Ratu Dangyeong pada tahun 1506, saat dinasti Joseon berkuasa. Cerita ini mengisahkan tentang Shin Chaekyung, seorang wanita yang menikah dengan Pangeran Jinsung dan baru saja menjadi Ratu setelah suaminya naik takhta.

Namun, hanya tujuh hari setelah menjadi Ratu, terjadi pergolakan politik yang menyebabkan Shin Chaekyung dan Pangeran Jinsung digulingkan. Ratu Dangyeong dipaksa tinggal terpisah dari sang Raja dan diasingkan dari istana.

Meskipun hidup terpisah, keduanya saling merindukan satu sama lain. Suatu hari, Raja menemukan sehelai kain merah yang tergeletak di gunung dan menyadari bahwa itu adalah tanda dari sang istri. Sejak saat itu, Raja setia mencari keberadaan Ratu setiap harinya.

3. Fight for My Way

Fight-for-my-way | rekomendasi drakor kisah nyata
Fight-for-my-way

Drama Fight for My Way tayang pada tahun 2017 dan terinspirasi dari kisah cinta antara aktor dan atlet MMA, Choo Sung Hoon, dengan istrinya, model terkenal asal Jepang, Yano Shiho. Cerita ini mengikuti perjalanan Dong Man.

Seorang petinju profesional yang berhenti bertanding karena trauma masa lalu. Dalam perjalanan untuk membangun kembali karirnya, Dong Man menjalin hubungan dengan sahabatnya, Choi Ae Ra, yang kemudian menjadi kekasihnya.

4. Crash Landing on You

Crash-landing-on-you | rekomendasi drakor kisah nyata
Crash-landing-on-you

Drama komedi romantis yang heboh pada tahun 2019, ternyata diinspirasi dari kisah nyata, Beauties! Pada tahun 2008, seorang aktris bernama Jung Yang mengalami kecelakaan paralayang. Kisah Jung Yang ini kemudian menjadi inspirasi bagi penulis drama Crash Landing on You.

Yang menceritakan tentang seorang perempuan dari keluarga konglomerat bernama Yoon Se Ri yang terdampar di Korea Utara setelah mengalami kecelakaan paralayang, dan bertemu dengan Ri Jeong Hyeok, seorang tentara Korea Utara. Yoon Se Ri berusaha untuk kembali ke Korea Selatan sambil bersembunyi di rumah Ri Jeong Hyeok.

5. Hwarang: The Poet Warrior Youth

Hwarang-the-poet-warrior-youth
Hwarang-the-poet-warrior-youth

Drama Hwarang bercerita tentang ksatria bunga yang merupakan anggota penting masyarakat periode Kerajaan Silla pada abad ke-10. Mereka terdiri dari pemuda-pemuda elite dan berasal dari keluarga berpangkat tinggi.

Para ksatria ini menjalani pelatihan oleh kerajaan dalam berbagai bidang seperti filsafat, agama, seni, dan seni bela diri. Melalui drama ini, penonton akan melihat proses pelatihan mereka yang bertujuan untuk menjadi penerus dan politikus di generasi berikutnya.

Tidak hanya itu, dalam perjalanan mereka, mereka juga mengalami perjalanan emosional yang mengungkapkan makna cinta, persahabatan, dan impian.

6. Empress Ki

Empress-ki
Empress-ki

Drama ini berfokus pada perjalanan hidup seorang wanita bernama Ki Seung Nyang, yang awalnya adalah seorang budak. Suatu hari, ia mendapat tawaran untuk menikah dengan seorang raja. Namun, menjadi seorang permaisuri ternyata tidaklah mudah bagi Ki Seung Nyang.

Ia harus menghadapi berbagai rintangan dan ancaman dari berbagai pihak sebelum akhirnya menjadi seorang permaisuri di Dinasti Yuan. Drama ini terinspirasi dari kisah nyata permaisuri Ki pada masa Dinasti Goryeo, ia menghadapi banyak bahaya namun tetap bertahan dan mengatasi semua kesulitan demi mencapai keadilan.

7. Reply 1988

Reply-1988
Reply-1988

Drama Korea “Reply 1988” memiliki cerita yang menarik dan berhasil menyentuh hati penontonnya. Drama ini mengisahkan tentang persahabatan, keluarga, dan hubungan antar tetangga dengan cara yang menarik sehingga tidak membuat penonton bosan.

Beberapa orang menyebut bahwa drama ini terinspirasi dari kehidupan penulis skenario, Lee Woo Jung, meskipun hal ini belum ada konfirmasi secara resmi olehnya. Selain itu, karakter Choi Taek dalam drama ini juga terinspirasi dari seorang pemain baduk terkenal asal Korea Selatan bernama Lee Changho, yang merupakan fakta menarik lainnya.

8. Listen to Love

Listen-to-love
Listen-to-love

Drama Korea berjudul “Listen to Love” berdasarkan pada pengalaman seorang pria yang membagikan postingan di forum media sosial. Dia menulis “My Wife is having an affair this week: What should I do?” atau “Istri saya berselingkuh minggu ini, apa yang harus saya lakukan?”. Postingan ini menjadi populer dan mendapat adaptasi drama, bahkan remake di beberapa negara.

9. Bachelor’s Vegetable Store

Bachelors-vegetable-store
Bachelors-vegetable-store

Rekomendasi drakor kisah nyata ini mengisahkan tentang perjalanan Lee Young Seok, seorang penjual sayur, yang berhasil mengubah toko sayur kecilnya menjadi waralaba nasional dengan puluhan gerai yang tersebar di seluruh kota.

Awal cerita bermula ketika Lee Young Seok mengalami kegagalan dalam ujian masuk universitas. Namun, ia tidak putus asa dan memutuskan untuk membuka toko sayuran sendiri, Bachelor’s Vegetable Store, dan mengajak teman-temannya untuk bergabung.

Mereka menghadapi banyak rintangan dalam perjalanan mereka, namun drama ini menginspirasi penontonnya untuk terus bekerja keras dan tidak mudah menyerah.

10. The Hymn of Death

The-hymn-of-death
The-hymn-of-death

Drama “The Hymn of Death” (2018) mengadaptasi kisah nyata yang terjadi pada masa kehidupan Korea di bawah penjajahan Jepang. Cerita ini berfokus pada Kim Woo Jin, seorang sastrawan yang aktif menulis naskah drama, buku, dan puisi. Ia kemudian bertemu dengan Yoon Sim Deok, seorang gadis dari keluarga miskin yang bekerja sebagai penyanyi sopran pertama di Korea.

Pada awal pertemuan mereka, Kim Woo Jin dan Yoon Sim Deok saling jatuh cinta. Namun, hubungan mereka tidak mendapat restu dari ayah Woo Jin. Akibatnya, Woo Jin dijodohkan dengan wanita lain dan akhirnya menikah.

11. Six Flying Dragon

Six-flying-dragon | drama korea kisah nyata
Six-flying-dragon

Drama “Six Flying Dragons” adalah sebuah drama sejarah Korea yang berlatar belakang pada akhir abad ke-14. Pada masa itu, terjadi kekacauan yang serius akibat korupsi dan ketidakstabilan politik. Cerita drama ini mengisahkan tentang enam orang dengan latar belakang kehidupan yang berbeda.

Yang berperan penting dalam gerakan politik yang membawa perubahan sejarah di Korea. Menariknya, tiga dari enam karakter dalam drama “Six Flying Dragons” ini adalah tokoh asli dalam cerita.

12. The Red Sleeve

The-red-sleeve | drama korea kisah nyata
The-red-sleeve

The Red Sleeve adalah sebuah drama yang menceritakan tentang kisah cinta yang menyedihkan antara Seong Dok Im, seorang pelayan istana, dan Yi San, seorang putra mahkota. Dalam cerita ini, Yi San jatuh cinta kepada Dok Im yang sederhana dan rendah hati.

Awalnya, Dok Im tidak ingin menjadi selir Yi San. Kisah cinta ini menarik perhatian banyak orang karena sang raja mencintai selirnya tanpa memperdulikan statusnya. Drama The Red Sleeve ini terinspirasi dari kisah nyata antara Raja Jeongjo dan selirnya, Sung Ui Bin.

13. Signal

Signal | drama korea kisah nyata
Signal

Rekomendasi drakor ini didasarkan pada kisah nyata pembunuhan berantai Hwaseong yang terjadi di Korea Selatan. Cerita ini mengikuti perjalanan Park Hae Young, seorang pria yang mengalami pengalaman traumatis di masa lalu.

Dia kehilangan sahabatnya yang diculik dan kemudian ditemukan tewas. Setelah kejadian tersebut, Hae Young memutuskan untuk menjadi seorang detektif. Suatu hari, ia secara tak sengaja terhubung dengan Lee Jae Han.

Seorang detektif yang telah meninggal di masa lalu, melalui sebuah walkie talkie. Keduanya kemudian bekerja sama untuk menangani kasus pembunuhan berantai yang sedang terjadi.

14. Taxi Driver

Taxi-driver | drama korea kisah nyata
Taxi-driver

Drama ini mengisahkan tentang seorang mantan detektif terkenal bernama Kim Do Ki yang memutuskan untuk bekerja sebagai sopir taksi di sebuah perusahaan. Kim Do Ki telah berhasil menyelesaikan banyak kasus besar dan mengungkap kebenaran di balik setiap kasus tersebut untuk segera diadili.

Setiap episode drama ini menampilkan Kim Do Ki yang berhadapan dengan pelaku kejahatan yang berbeda, mulai dari pelaku perundungan, perilaku tidak bertanggung jawab, eksploitasi terhadap wanita, hingga kasus penganiayaan yang terinspirasi dari kasus-kasus nyata.


Demikianlah rekomendasi drakor terbaik yang berdasarkan kisah nyata. Setelah melihat daftar ini, kami ingin mengetahui pendapat kamu mengenai drama mana yang menurut kamu memiliki cerita yang sangat bagus.

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks