10 Rekomendasi Film Korea Terbaik, Romantisme Hingga Aksi yang Menegangkan!

Rekomendasi Film Korea Terbaik 7

Korea memang sangat terkenal dengan musik pop versi boy/girlband ternama. Selain itu, serial tv drama korea juga diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Tak hanya itu, dunia filmnya juga sangat maju sejak awal tahun 2000-an. Oleh sebab itu, pasti banyak dari kalian yang mencari Rekomendasi Film Korea Terbaik untuk dinikmati.

Rekomendasi film Korea terbaik yang kami berikan ini hadir dari berbagai genre, sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan seleramu. Tak perlu panjang lebar lagi, ayo lihat judul film korea terbaik beserta penjelasannya di bawah ini!


10 Rekomendasi Film Korea Terbaik Menurut Dafunda

DAFTAR ISI

1. My Sassy Girl (2001)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 1

My Sassy Girl merupakan film pertama dari daftar film korea terbaik. Dengan genre komedi romantis, film ini disutradarai oleh Kwak Jae-Yong dan dibintangi oleh Jun Ji-Hyun dan Cha Tar-Hyun. Film dengan judul Korea Yeopgijeogin geunyeo bercerita tentang kisah cinta seorang wanita cantik dengan pemuda yang suka minum. Rilis pada tahun 2001, film ini sukses di Korea Selatan dan Asia.

Sinopsis My Sassy Girl

Berdasarkan serangkaian kisah nyata yang diposting oleh Ho-sik Kim di Internet menggambarkan hubungannya dengan pacarnya. Ini kemudian diubah menjadi buku terlaris dan film ini mengikuti buku itu dengan seksama. Ini menggambarkan pertemuan Kyun-woo (Cha) dan seorang gadis yang tidak disebutkan namanya.

Kyun-woo dipermalukan untuk membantu gadis itu karena penumpang lain salah mengira dia adalah pacarnya. Begitu dia membantunya, Kyun-woo mengembangkan rasa tanggung jawab yang mendalam untuknya yang memungkinkan dia untuk mentolerir (entah bagaimana) pelanggaran gadis itu.


2. Burning (2018)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 2

Burning merupakan film korea terbaik yang dirilis pada tahun 2018. Disutradarai oleh Lee Chang-Dong, film ini dibintangi oleh Yoo Ah-In, Steven Yeun, dan Jeon Jong-Seo. Dengan genre drama misteri, film ini diangkat dari cerita pendek karya Haruki Murakami.

Sinopsis Burning

Jong-su, seorang pekerja paruh waktu, menabrak Hae-mi saat sedang mengantarkan makanan, yang dulu tinggal di lingkungan yang sama. Hae-mi memintanya untuk merawat kucingnya saat dia sedang dalam perjalanan ke Afrika. Ketika Hae-mi kembali, dia memperkenalkan Ben, seorang pria misterius yang dia temui di Afrika, kepada Jong-su. Suatu hari, Ben mengunjungi Jong-su dengan Hae-mi dan mengaku hobi rahasianya sendiri.


3. A Moment to Remember (2004)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 3

A Moment to Remember adalah sebuah film yang diangkat dari drama tv Jepang berjudul Pure Soul. Film yang dirilis pada November 2004 ini dibintangi oleh Son Ye-Jin dan Jung Woo-Sung. A Moment to Remember menceritakan hubungan dan batasan sebuah pasangan karena penyakit Alzheimer. Film ini juga memenangkan sebuah penghargaan di Grand Bell Awards untuk kategori Best Adapted Screenplay.

Sinopsis A Moment to Remember

Perancang busana berusia 27 tahun, Soo-Jin (Son Ye-Jin) pergi ke toko untuk membeli Coke tetapi tidak sengaja meninggalkannya di meja. Mengingat Coke, Soo-Jin berjalan kembali ke toko dan melihat seorang pria (Jung Woo-Sung) berjalan keluar dari toko dengan sekaleng Coke.

Soo-Jin, percaya minuman itu miliknya, mengambilnya dari tangan pria itu dan meminumnya dalam satu tegukan. Kemudian di bus, Soo-Jin ingat bahwa dia juga meninggalkan dompetnya di toko. Ketika kembali untuk mengambil dompetnya, lelaki itu menyerahkan dompetnya dan kaleng Coke yang ditinggalkannya.

Suatu hari, ketika mengamati sebuah situs konstruksi yang bertanggung jawab atas ayahnya, Soo-Jin melihat pria yang sama yang dia yakini mengambil minumannya. Nama pria itu adalah Chul-Soo dan dia mandor di lokasi konstruksi. Soo-Jin mulai jatuh cinta pada Chul-Soo dan mulai membujuknya. Suatu hubungan berkembang dan Soo-Jin dan Chul-Soo akhirnya menikah.

Hidup tampak hebat bagi pasangan itu, tetapi kelupaan Soo-Jin memburuk dan dia baru mengetahui bahwa dia pengidap Alzheimer yang langka.


4. Mirachle in Cell No. 7 (2013)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 4

Miracle in Cell No. 7 merupakan film korea yang dibintangi oleh Ryu Seung-Ryong, Park Shin-Hye dan Kal So-Won. Film ini memiliki cerita komedi melodrama dan keluarga yang menyentuh hati. Hal itu juga yang membuatnya masuk dalam salah satu rekomendasi film Korea terbaik.

Sinopsis Miracle in Cell No. 7

Ryu Seung-Ryong kembali sebagai orang bodoh untuk putrinya. Orang luar tidak diizinkan, di kamar nomor 7 penjara tempat semua jenis penjahat berkumpul, datang Yong-goo, seorang ayah dengan pengertian anak berusia 6 tahun, dan Ye-seung, putrinya yang berusia 7 tahun. Misi para penjahat ini di kamar nomor 7 adalah untuk melindungi kedua orang ini yang tidak pernah bisa terpisah. Akankah mereka berhasil?


5. A Tale of Two Sisters (2003)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 5

A Tale of Two Sisters adalah film korea terbaik dengan sensai horor psikologikal. Film ini terinspirasi dari cerita rakyat era dinasti Joseon. A Tale of Two Sisters berpusat pada pasien yang baru keluar dari rumah sakit jiwa dan kembali ke rumah ayahnya hanya untuk menghadapi hal yang mengerikan. Film ini mendapat penghargaan sebagai Film Terbaik di Festival Film Fantasporto. Film ini juga diremake versi Amerika dengan judul The Uninvited.

Sinopsis A Tale of Two Sisters

Dua saudara perempuan yang kembali ke rumah ayah mereka dan ibu tirinya yang kejam setelah menghabiskan waktu di rumah sakit jiwa. Sesampai di sana, selain berurusan dengan cara obsesifibu tiri mereka dan tidak seimbang, hantu yang mengganggu juga mempengaruhi pemulihan mereka.

6. Silenced (2011)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 6

Silenced atau yang dikenal dengan The Crucible merupakan film Korea terbaik rilisan tahun 2011. Film ini disutradarai oleh Hwang Dong-Hyuk dari novel berjudul sama karya Gong Ji-Young. The Silenced bercerita tentang seorang siswa yang menjadi korban kekerasan seksual terus menerus selama lima tahun. Film ini dibintangi oleh Gong Yoo dan Jung Yu-Mi.

Sinopsis Silenced

Gang In-ho, yang bekerja untuk mendapatkan uang untuk operasi putrinya, diangkat ke sekolah untuk anak-anak tuna rungu di Gwangju. Tetapi apa yang dia temukan di sana adalah kebenaran yang buruk: anak-anak dilecehkan secara fisik dan seksual oleh guru mereka.

Ketika ia memutuskan untuk memperjuangkan hak-hak anak dan mengungkap kejahatan yang dilakukan di sekolah, In-ho bekerja sama dengan aktivis hak asasi manusia Seo Yu-jin. Tetapi dia dan Yu-jin segera menyadari kepala sekolah dan guru-guru, dan bahkan polisi, jaksa dan gereja di masyarakat sebenarnya berusaha menutupi kebenaran.


7. Memories of Murder (2003)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 7

Memories of Murder merupakan rekomendasi film Korea terbaik dengan cerita tentang pembunuh berantai pertama Korea. Film ini disutradarai oleh Bong Joon-Ho, para detektif mencoba mengungkap pelaku yang melakukan tindak kriminal. Song Kang-Ho dan Kim Sang-Kyung menjadi pemeran utama dalam film ini.

Sinopsis Memories of Murder

Pada tahun 1986, di provinsi Gyunggi, di Korea Selatan, seorang wanita muda dan cantik kedua ditemukan tewas, diperkosa, diikat dan disumpal dengan pakaian dalamnya. Detektif Park Doo-Man dan Detektif Cho Yong-koo, dua detektif lokal yang brutal dan bodoh tanpa teknik apa pun, menyelidiki pembunuhan dengan menggunakan kebrutalan dan menyiksa para tersangka, tanpa hasil praktis.

Detektif Seo Tae-Yoon dari Seoul datang ke negara itu untuk membantu penyelidikan dan yakin bahwa seorang pembunuh berantai sedang membunuh para wanita. Ketika seorang wanita ketiga ditemukan tewas dalam “modus-operandi” yang sama, para detektif menemukan petunjuk pembunuh.


8. A Bittersweet Life (2005)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 8

Korea memiliki banyak film aksi yang hebat, salah satunya A Bittersweet Life. Film ini disutradarai oleh Kim Jee-Woon dan rilis 2005. Dibintangi oleh Byung-Hun Lee, A Bittersweet Life bercerita tentang seorang mafia yang membangkang dari perintah bosnya dan hal aneh terjadi. Ini merupakan rekomendasi film korea terbaik dengan sentuhan aksi yang menegangkan.

Sinopsis A Bittersweet Life

Kim Sun-woo adalah seorang penegak dan manajer untuk sebuah hotel yang dimiliki oleh seorang bos kriminal yang dingin dan kalkulatif, yang menugaskannya untuk tugas sederhana ketika ia sedang dalam perjalanan bisnis. Sun-Woo akan menjaga nyonya muda bosnya, Heesoo, yang dicurigai dengan pria lain yang lebih muda. Sun-Woo diberi mandat untuk membunuh mereka berdua jika dia menemukan perselingkuhan mereka, tetapi dia memutuskan untuk menyelamatkan hidup mereka dengan biaya sendiri.


9. Tae Guk Gi: The Brotherhood of War (2004)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 9

Taegukgi bercerita tentang dua orang saudara yang dipaksa begabung dalam tentara Korea Selatan saat perang pecah di Korea. Dibintangi oleh Jang Dong-Gun dan Wo Bin, film ini ditonton oleh 11.74 juta orang di bioskop.

Sinopsis Tae Guk Gi: The Brotherhood of War

Pada tahun 1950, di Korea Selatan, pembuat sepatu Jin-tae Lee dan saudara lelakinya yang berusia 18 tahun, Jin-seok Lee, merupakan orang miskin tapi keluarga bahagia dengan ibu mereka, tunangan Jin-tae Young-shin Kim, dan saudara perempuannya yang muda. Jin-tae dan ibunya adalah pekerja keras, yang mengorbankan diri untuk mengirim Jin-seok ke universitas.

Ketika Korea Utara menyerang Selatan, keluarga itu melarikan diri ke rumah seorang kerabat di negara itu, tetapi sepanjang perjalanan mereka, Jin-seok dipaksa untuk bergabung dengan tentara untuk bertarung di garis depan, dan Jin-tae juga mendaftar untuk melindungi adiknya.

Komandan menjanjikan Jin-tae bahwa jika dia mendapatkan medali dia akan melepaskan saudaranya, dan Jin-tae menjadi prajurit yang lebih berani di perusahaan. Seiring perang saudara yang berdarah, hubungan Jin-seok dengan kakaknya memburuk yang mengarah ke akhir yang dramatis dan tragis.


10. Oldboy (2013)

Rekomendasi Film Korea Terbaik 10

Oldboy merupakan film Korea terbaik sepanjang masa. Film ini diadaptasi dari manga Jepang karya Nobuaki Minegishi dan Garon Tsuciya. Oldboy merupakan seri kedua dari trilogi Vengeance yang bercerita tentang seorang pria yang dikurung selama 15 tahun dalam sebuah hotel tanpa tahu siapa yang menangkapnya.

Film ini memenangkan banyak penghargaan dan pujian dari sutradara terkenal, Quentin Tarantino. Film ini juga mendapat sertifikat fresh dari Rotten Tomatoes. Film ini kemudian di remake versi Hollywod, elizabeth Olsen dan Josh Brolin yang memerankan filim tersebut (IYKWIM).

Sinopsis Oldboy

Diculik pada malam hujan pada tahun 1988, pemabuk yang menjengkelkan, Oh Dae-Su, sangat terkejut, terbangun terkunci di kamar hotel tanpa jendela dan bobrok, karena alasan yang tidak diketahui.

Di sana, para penculiknya yang tak terlihat dan kejam akan memberinya makan, berpakaian dan membiusnya untuk menghindari bunuh diri, dan karena satu-satunya teman dan jendela dunia adalah TV di selnya, satu-satunya hal yang membantu Oh Dae-Su menjaga dia tetap hidup adalah jurnal hariannya.

Tetapi kemudian, secara tak terduga, setelah lima belas tahun ditahan, tahanan yang kebingungan itu sengaja dibebaskan, didorong untuk melacak penyiksanya hingga akhirnya mendapatkan balasannya. Namun demikian, siapa yang akan sangat membenci Oh Dae-Su sehingga dia akan menyangkal kematiannya yang cepat dan bersih?


Nah, itulah 10 rekomendasi film korea terbaik yang bisa Dafunda berikan. Tentu saja, masih banyak film korea hebat lainnya yang tidak masuk dalam daftar ini. Jika ada kesempatan, kami akan membuatkan rekomendasi film korea tiap genre untuk menambah wawasan filmmu.

Legend

Muhammad Furqan

Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.

Ayo mulai berdiksusi