10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik yang Bakal Buat Kamu Berdebar-debar!

in
Rekomendasi Film Thriller Terbaik

Dunia film tidak hanya dipenuhi oleh percintaan, drama, dan konflik tentang dunia sehari-hari saja. Banyak juga sineas perfilman yang memilih untuk memberikan kita kejutan yang menegangkan. Dan tentu banyak orang yang mencari Rekomendasi Film Thriller Terbaik untuk ditonton.

Apa itu Film Thriller?

Film Thriller adalah jenis film yang memberi ketegangan bagi orang yang menontonnya. Ketegangan tersebut bisa dari jumpscare yang muncul tiba-tiba atau alur cerita yang tidak bisa ditebak. Biasanya protagonis pada film ini akan melawan masalah, melarikan diri dari bahaya atau memecahkan misteri.

Buka hanya aksi yang mendebarkan, terkadang film thriller juga memiliki alur cerita yang sulit ditebak. Bahkan ada beberapa di antaranya memiliki plot twist yang bikin kita terheran-heran. Oleh karena itu kami telah merangkum judul-judul film thriller yang harus kamu tonton.


10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik yang Buat Kamu Berdebar-debar dan Keheranan

1. The Usual Suspects (1995)

Rekomendasi film thriller terbaik The Usual Suspects

The Usual Suspects merupakan film thriller terbaik dengan sentuhan misteri karya Bryan Singer dan Christopher McQuarrie. Film ini dibintangi oleh aktor-aktor ternama seperti Benicio del Toro, Stephen Baldwin, Kevin Spacey dan lainnya.

Pertama kali diikut sertakan dalam Festival Film Cannes 1995, The Usual Suspects bercerita tentang sekelompok kriminal yang selamat dari pembantaian di kapal. Seorang penguasa jahat menjadi dalang dibalik insiden ini.

Judul film ini dipilih oleh Singer dari salah satu majalah yang diucapkan dalam film klasik Casablanca.

JudulThe Usual Suspects
GenreThriller, Crime
SutradaraBryan Singer
Tanggal Rilis19 Juli 1995

Sinopsis The Usual Suspects

Setelah pembajakan truk di New York, lima penipu ditangkap dan dibawa bersama untuk diinterogasi. Karena tidak ada dari mereka yang bersalah, mereka merencanakan operasi balas dendam terhadap polisi. Operasi ini berjalan dengan baik, tetapi kemudian pengaruh seorang penjahat legendaris bernama Keyser Söze sangat terasa.

Masing-masing dari mereka pernah melakukan kesalahan pada Söze pada titik tertentu dan ditebus kembali sekarang. Pekerjaan balas dendam ini menyebabkan 27 orang tewas dalam ledakan kapal, tetapi pertanyaan sebenarnya muncul sekarang: Siapa sebenarnya Keyser Söze?


2. Se7en (1995)

Se7en

Urutan kedua dari rekomendasi film thriller terbaik dari kami adalah Se7en. Film ini menceritakan tentang pembunuh berantai yang terobsesi dengan 7 dosa besar. David Fincher menjadikan ini sebagai film keduanya dengan bantuan naskah oleh Andrew Kevin Walker.

Untuk pemerannya sendiri tidak perlu diragukan lagi. Morgan Freeman, Brad Pitt dan Gwyneth Paltrow menjadi karakter utama. Se7en diproduksi oleh New Line Cinema yang terkenal dengan film thriller dan horor mereka.

JudulSe7en
GenreThriller, Crime
SutradaraDavid Fincher
Tanggal Rilis15 September 1995

Sinopsis Se7en

Berlangsung di kota tanpa nama, Se7en mengikuti kisah dua detektif pembunuhan yang melacak seorang pembunuh berantai yang sadis (Kevin Spacey) yang memilih korbannya sesuai dengan tujuh dosa mematikan. Brad Pitt berperan sebagai Detektif David Mills, calon rookie yang penuh harapan namun naif yang menemukan dirinya bermitra dengan Detektif veteran William Somerset (Morgan Freeman).

Bersama-sama mereka melacak setiap langkah si pembunuh, menyaksikan akibat dari kejahatannya yang mengerikan satu per satu ketika para korban menumpuk dalam suksesi yang cepat, sambil terus mendekati nasib buruk yang tak satu pun dari mereka bisa perkirakan.


3. Leon (1994)

Leon

Leon: The Professional merupakan film thriller terbaik yang disajikan dengan nuansa Perancis. Film ini menceritakan tentang seorang pembunuh yang telah kehilangan keluarganya. Jean Reno, Gary Oldman dan Danny Aiello menjadi bintang dari film yang ditulis dan disutradarai oleh Luc Besson. Leon: The Professional juga menjadi debut Natalie Portman di layar lebar.

JudulLeon
GenreThriller, Crime
SutradaraLuc Besson
Tanggal Rilis14 September 1994

Sinopsis Leon: The Professional

Léon adalah seorang imigran Italia yang melarikan diri dari Italia setelah melakukan kejahatan di sana. Dia sekarang tinggal di New York City dan bekerja untuk bos mafia “Paman” Tony. Dia tinggal bersama tanaman favoritnya di sebuah apartemen kecil di kota di sebelah seorang gadis yang kadang-kadang dia ajak bicara. Ayah gadis itu adalah seorang pengedar narkoba yang bekerja dengan petugas DEA yang salah.

Suatu hari ketika dia keluar untuk membeli bahan makanan, agen-agen yang korup membunuh seluruh keluarganya dalam suatu transaksi narkoba yang gagal dan setelah menemukan pembantaian sekembalinya ke rumah, dia berjalan ke ujung aula menuju apartemen Léon yang memungkinkannya masuk bukan hanya rumahnya, tetapi juga ke hidupnya juga.

Tak lama kemudian dia mengajar Mathilda, seorang gadis muda, bagaimana menjadi pembunuh bayaran profesional agar dia belajar cukup untuk membalas dendam pada polisi korup yang membunuh keluarganya. Tetapi ketika dia pergi untuk membalas dendam dan ditangkap oleh agen-agen yang bengkok, Léon datang dan menyelamatkannya dan mulai tema utama dalam film: Will Léon dan Mathilda hidup bahagia selamanya sekarang setelah dia membuka hatinya, atau akan yang bengkok polisi punya sesuatu untuk dikatakan tentang hal itu?


4. The Prestige (2006)

Rekomendasi film thriller terbaik The Prestige

Rekomendasi film thriller terbaik selanjutnya adalah The Prestige. Film besutan sutradara ternama, Christopher Nolan ini menceritakan tentang kisah dua orang pesulap yang melakukan ilusi yang berbahaya. Film ini dibintangi oleh Hugh Jackman dan Christian Bale. The Prestige rilis di Amerika pada 20 Oktober 2006.

JudulPrestige
GenreThriller, Sci-Fi
SutradaraChristopher Nolan
Tanggal Rilis10 Oktober 2006

Sinopsis The Prestige

Pada akhir abad kesembilan belas, di London, Robert Angier, istrinya tercinta Julia McCullough dan Alfred Borden adalah teman dan asisten seorang pesulap. Ketika Julia tidak sengaja meninggal selama pertunjukan, Robert menyalahkan Alfred atas kematiannya dan mereka menjadi musuh. Keduanya menjadi pesulap terkenal dan rival, menyabot kinerja yang lain di atas panggung. Ketika Alfred melakukan trik yang berhasil, Robert menjadi terobsesi mencoba mengungkap rahasia kompetitornya dengan konsekuensi yang tragis.


5. The Departed (2006)

Rekomendasi film thriller terbaik The Departed

Leonardo DiCaprio, Matt Damon dan Mark Wahlberg memang sudah biasa memainkan peran di film thriller. Salah satu film terbaik mereka adalah The Departed yang disutradarai oleh Martin Scorsese. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

The Departed bercerita tentang polisi dan mafia yang menyamar dan masuk dalam instalasi lawan mereka. Banyak adegan yang bisa membuat kita berdebar-debar dari film karena identitas yang berbeda antara orang-orang ini.

JudulDeparted
GenreThriller, Crime
SutradaraMartin Scorsese
Tanggal Rilis26 September 2006

Sinopsis The Departed

Di Boston Selatan, pasukan polisi negara bagian berperang melawan kejahatan terorganisir Irlandia-Amerika. Polisi muda yang menyamar Billy Costigan ditugaskan untuk menyusup ke sindikat massa yang dijalankan oleh kepala gangland Frank Costello.

Sementara Billy dengan cepat mendapatkan kepercayaan Costello, Colin Sullivan, seorang penjahat muda yang keras yang telah menyusup ke polisi negara sebagai informan untuk sindikat tersebut naik ke posisi kekuasaan di Unit Investigasi Khusus.

Setiap orang menjadi sangat tersiksa oleh kehidupan ganda mereka, mengumpulkan informasi tentang rencana dan rencana balasan dari operasi yang telah mereka lakukan. Tetapi semua menjadi jelas bagi massa dan polisi bahwa ada mata-mata lain di tengah-tengah mereka, Billy dan Colin tiba-tiba dalam bahaya ditangkap dan diekspos ke musuh – dan masing-masing harus berlomba untuk mengungkap identitas orang lain di waktu untuk menyelamatkan diri.

Tapi apakah ada yang mau mengaku teman dan kawan dari apa yang telah mereka buat selama tugas panjang mereka menyamar?


6. Memento (2000)

Rekomendasi film thriller terbaik Memento

Lagi-lagi karya Christopher Nolan masuk dalam rekomendasi film thriller terbaik dari kami. Kali ini film Memento yang dirilis pada tahun 2000. Film ini menceritakan tentang seorang pemuda yang kehilangan ingatan jangka pendeknya ketika mencari tahu siapa pembunuh istrinya. Memento di bintangi oleh Guy Pearce dan Carrie-Anne Moss.

JudulMemento
GenreThriller, Crime
SutradaraChristopher Nolan
Tanggal Rilis5 September 2000

Sinopsis Memento

Sebuah memori di dalam sebuah memori, Memento adalah petualangan yang rumit. Leonard bertekad untuk membalas pembunuhan istrinya. Namun, tidak dapat mengingat apa pun yang terjadi sehari-hari karena kondisi yang dideritanya, kehilangan ingatan jangka pendek, ia harus menulis sendiri catatan demi catatan yang masih tidak berarti apa-apa setelah tertidur.

Film ini kembali pada waktunya untuk mengungkapkan setiap teka-teki ketika ia mencoba mencari tahu orang yang membunuh istrinya dan membuat penonton merasa sama bingungnya dengan dirinya. Narasi tersebut dengan cermat mengikuti panggilan telepon yang dimiliki Pearce di mana ia berbicara tentang Sammy Jankis, mantan kliennya yang ia yakini memiliki kondisi yang sama. Film ini mengambil twist tak terduga karena kedua karakter memiliki lebih banyak kesamaan daripada yang awalnya.


7. The Lives of Others (2006)

The Lives Of Others

Kali ini giliran film thriller dari Jerman, The Lives of Others. Film ini berisi mengenai aksi penyadapan di Berlin Timur oleh agen Stasi, polisi rahasia RDJ. Ulrich Muhe, Ulrich Tukur dan Sebastian Koch menjadi pemeran dalam film yang digarap oleh sutradara Florian Henckel von Donnrsmarck. Pada 2007, film ini meraih piala Oscar untuk kategori Film dengan Bahasa Asing Terbaik. Selain itu, The Lives of Others juga mendapatkan penghargaan di Golden Globe Award ke-64 untuk kategori yang sama.

JudulThe Live of Others
GenreThriller, Drama
SutradaraFlorian Henckel
von Donnrsmarck
Tanggal Rilis15 Maret 2006

Sinopsis The Lives of Others

Gerd Wiesler adalah seorang perwira di Stasi, polisi rahasia Jerman Timur. Film ini dimulai pada tahun 1984 ketika Wiesler menghadiri sebuah drama yang ditulis oleh Georg Dreyman, yang dianggap oleh banyak orang sebagai contoh utama dari warga negara yang setia. Wiesler punya firasat bahwa Dreyman tidak bisa seideal kelihatannya, dan percaya pengawasan diperlukan.

Menteri Kebudayaan setuju tetapi baru kemudian Wiesler mengetahui bahwa Menteri melihat Dreyman sebagai saingan dan nafsu terhadap pasangannya Christa-Maria. Semakin banyak waktu yang dia habiskan untuk mendengarkan mereka, semakin dia peduli tentang mereka. Petugas Stasi yang pernah kaku mulai melakukan intervensi dalam kehidupan mereka, dengan cara yang positif, melindungi mereka kapan pun memungkinkan.

Akhirnya, kegiatan Wiesler mengejarnya dan meskipun tidak ada bukti kesalahan, ia menemukan dirinya dalam pekerjaan kasar – sampai yang tak dapat dipercaya terjadi.


8. Gone Girl (2014)

Gone Girl

Tak hanya Nolan, David Fincher juga punya sepak terjang yang baik dalam dunia perfilman, apa lagi untuk genre Thriller. Film keduanya dalam daftar ini adalah Gone Girl yang dibintangi oleh Ben Affleck, Rosamund Pike dan Neil Patrick Harris. Gone Girl bercerita tentang seorang pria yang kehilangan istrinya dan dijadikan tersangka dari kasus yang tidak menjadi tanggung jawabnya. Film ini juga masuk dalam banyak kateogri penghargaan dalam duna film.

JudulGone Girl
GenreThriller, Mystery
SutradaraDavid Fincher
Tanggal Rilis3 Oktober 2014

Sinopsis Gone Girl

Nick dan Amy Dunne adalah pasangan yang tinggal di sebuah kota kecil di Missouri. Nick menelepon pihak berwenang ketika istrinya hilang tetapi ada sesuatu yang salah tentang perilakunya. Apakah dia menyembunyikan sesuatu? Apakah dia cukup sedih? Sementara polisi melanjutkan penyelidikan mereka, Nick sedang berjuang melawan kegilaan media dan orang-orang yang percaya bahwa kepolosannya semakin berkurang dari menit ke menit.


9. Primal Fear (1996)

Primal Fear

Primal Fear merupakan film selanjutnya dari daftar rekomendasi film thriller terbaik. Film ini disutradarai oleh Gregory Hoblit dengan naskah buatan Steve Shagan. Richard Gere dan Laura Linney menjadi bintang film ini. Primal Fear bercerita tentang seorang pengacara yang menyelidiki kasus pembunuhan dari salah satu pendeta katolik.

JudulPrimal Fear
GenreThriller, Drama
SutradaraGregory Hoblit
Tanggal Rilis4 April 1996

Sinopsis Primal Fear

Ketika seorang pria muda, Aaron, didakwa melakukan pembunuhan mengerikan terhadap Uskup Agung Rushman, pengacara Chicago Martin Vail yang hebat mengambil pembelaannya tanpa biaya. Aaron adalah anak jalanan yang tunawisma sebelum dia dibawa oleh Uskup Agung. Dia pemalu dan berbicara dengan gagap. Vail yakin bahwa Aaron tidak bersalah, tetapi setelah menemukan video yang menunjukkan Aaron mungkin memiliki alasan yang kuat untuk menginginkan Uskup Agung mati, ia mulai mempertanyakan kesimpulan itu.

Ketika Aaron mengecam psikolog yang memeriksanya kepribadian lain, Roy, terungkap. Dengan persidangan yang sedang berlangsung, Vail tidak dapat mengubah permohonan Aaron dan karenanya harus menemukan cara untuk memperkenalkan kondisi kliennya. Aaron juga memiliki kejutan untuknya.


10. L.A. Confidential (1997)

L A Confidential

L.A. Confidential menceritakan tentang sekelompok petugas LA Police Departement yang mengusut kasus korupsi polisi dan selebriti Hollywood. Film ini diangkat dari novel berjudul sama, Curtis Hanson menjadi sutradara sekaligus produser untuk film ini. L.A. Confidential melakukan penayangan perdananya di Festival Film Cannes 1997.

JudulL.A. Confidential
GenreThriller, Crime
SutradaraCurtis Hanson
Tanggal Rilis19 September 1997

Sinopsis L.A. Confidential

Los Angeles tahun 1950 adalah latar belakang kumuh untuk kisah rumit polisi korupsi dan kebatilan Hollywood ini. Tiga polisi yang sangat berbeda mengejar kebenaran, masing-masing dengan gayanya masing-masing: Ed Exley, anak emas kepolisian, bersedia melakukan hampir semua hal untuk maju, kecuali menyuap; Bud White, siap untuk melanggar aturan untuk mencari keadilan, tetapi nyaris tidak bisa menjaga kekerasan yang mengamuk di bawah kendali; dan Jack Vincennes, yang selalu mencari selebritas dan uang cepat sampai hati nuraninya mendorongnya untuk bergabung dengan Exley dan White di jalan satu arah untuk menemukan kebenaran di balik dunia gelap kejahatan L.A.


Apakah Kamu Setuju dengan Rekomendasi Film Thriller Terbaik dari Kami?

Berikan Pendapatmu

Demikianlah 10 rekomendasi film thriller terbaik yang bisa kami bagikan. Jika kamu sudah menonton atau punya film thriller lainnya bisa bagikan lewat kolom komentar. Jangan lupa pula bagikan artikel ini kepada teman-temanmu agar mereka juga merasakan keseruan dari menonton film yang begitu mendebarkan.


Referensi: IMDb, Wikipedia

Ayo mulai berdiksusi