MovieMovie List

3 Sutradara Asal Asia Yang Berjaya di Penghargaan Oscar

Inilah 3 sutradara asal Asia yang berjaya di penghargaan Academy Awards aka Oscar.

Umumnya sutradara yang menang dalam ajang penghargaan Oscar adalah sosok sutradara yang berasal dari benuanya sendiri aka Amerika atau Eropa. Super duper jarang kita melihat sutradara asal Asia yang berjaya dalam penghargaan tersebut.

Namun faktanya dengan seiring berjalannya waktu, akhirnya terdapat juga sutradara asal Asia yang sukses membawa pulang penghargaan perfilman tertinggi Hollywood tersebut. Dan berikut, adalah 3 sutradara terbesar diantaranya.

1. Ang Lee (Taiwan)

sutradara asia Oscar
Ang Lee | South China Morning Post

Sutradara asal Asia yang berjaya pada penghargaan Oscar yang pertama adalah sosok sutradara top asal Taiwan ini. Mendapatkan nominasi penghargaan sutradara terbaik sebanyak tiga kali, Lee menang sebanyak 2 kali.

Pertama, melalui film drama koboi homoseksual kontroversial, Brokeback Mountain (2005) dan yang kedua, melalui film adaptasi novel hit, Life of Pi (2012).

Selected for you
Steven Yeun Bergabung Dengan Robert Pattinson Main di Film Sutradara Parasite

2. Bong-Joon Ho (Korea Selatan)

19255342448d5f810c2cfcd7fc99b5c5
Bong-Joon Ho | The Times

Sutradara asal Asia yang berjaya pada penghargaan Oscar selanjutnya, pasti masih terngiang dalam kepala kalian. Bagaimana gak? Joon-Ho baru memenangkannya awal 2020 lalu melalui film drama dark comedy hit, Parasite (2019).

Dan memang gak salah banget sutradara 51 tahun ini menang. Karena Joon-ho memang sangat jenius dalam membuat kisah filmnya dan juga mengarahkannya dengan sangat seru lagi excited.

Kemenangannya pada ajang ini sukses menciptakan sejarah keren dalam penghargaan Oscarnya. Spesifiknya, Joon-ho adalah sutradara pertama asal Korea Selatan yang sukses berjaya pada penghargaan Oscar.

Mari kita doakan saja ke depannya, bakalan ada lebih banyak lagi sutradara asal Korsel yang bisa menyusul prestasi super global yang diraih oleh Joon-ho ini.

3. Chloe Zhao (Cina)

Chloe Zhao Variety Day After The Oscars Cover Story 1 16x9 1
Chloe Zhao | Variety

Dan inilah juga sutradara asal Asia selanjutnya yang berjaya dlam penghargaan Oscar awal 2021 lalu. Zhao menang atas penyutradaraannya yang gemilang di film drama, Nomadland (2020).

Selected for you
Baru Saja Rilis, Spider-Man: No Way Home Sudah Masuk Daftar Nomine Oscar Sementara

Kemenangannya ini juga mencetak 2 sejarah sekaligus. Pertama, Zhao adalah sutradara wanita pertama yang berhasil menang Oscar, lalu kedua, ia adalah sosok sutradara asal Korea Selatan pertama yang berhasil menang Oscar.

Tapi menurut gue pribadi, walau Zhao memang super keren nan indah dalam menghidupkan adaptasi novel karya Jessica Bruder ini, namun secara keseluruhan film Nomadland kurang greget. Hal ini karena pacing filmnya yang terasa sangat lama lagi melelahkan.

Nah itulah tadi pembahasan 3 sutradara asal Asia sejauh ini yang berjaya di penghargaan Academy Awards aka Oscar. Semoga sekali lagi ke depannya akan kian banyak sutradara asal Asia yang juga berjaya dalam penghargaan ini.

Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini guys?

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications