5 Lagu The Cranberries Yang Pasti Kamu Tahu Banget

in
5 Lagu The Cranberries Yang Kamu Tahu Banget
Sumber: Glide Magazine

Grup Rock-Alternatif asal Limerick,Irlandia, The Cranberries gak dipungkirin adalah salah satu grup musik paling ngetop di dekade 90an.

Selain karena komposisi musiknya yang jangly (sound gitarnya gak di-distorsi), kepopulerannya juga dipengaruhi abis-abisan oleh suara unik vokalisnya (alm) Dolores O’ Riordan.

Alhasil, gak heran walau di sepanjang karirnya mereka cuma ngerilis 8 album, tapi hampir sebagian besar lagu mereka sangatlah ngetop sampe sekarang ini.

5 Lagu The Cranberries Yang Kamu Tahu Banget
Sumber: I Like Your Old Stuff

Nah bagi kamu-kamu yang awam atau generasi 2000an, mungkin gak tau banyak lagu-lagu mereka. Juga pastinya banyak dari kamu juga yang baru ngeh dengan grup ini ketika berita meninggalnya Dolores menghebohkan media sosial dan tentunya industri musik di awal Januari 2018 silam.

Walau demikian, tapi gue yakin seenggaknya nih, kamu pernah denger atau bahkan suka dengan 5 lagunya yang super populer ini.

5. Just My Imagination (1999)

The Cranberries – Just My Imagination

Lagu yang ada di album keempat, Burry the Hatchet (1999) ini sering banget diputer dan ditayangin di berbagai radio dan televisi ketika dirilis.

Gak heran sih. Soalnya “Just My Imagination” lagunya benar-benar terdengar ceria dan nyenengin. Vokal Dolores pun juga terdengar sangat santuy banget bahkan, di bagian falsetto-nya.

4. Analyse (2001)

The Cranberries – Analyse

Serupa dengan “Just My Imagination”, lagu perdana dari album kelima, Wake Up and Smell the Coffee (2001) ini juga kenceng banget diputer di radio dan TV ketika dirilis di tahun 2001.

Kamu pasti langsung jadi keinget deh ketika ngedenger lagi lagunya. Terlebih ketika ngedengerin gebukan drum pembuka Fergal Lawler yang sangat intens dan ikonik itu.

3. When You’re Gone (1996)

The Cranberries – When You’re Gone

Kalau kamu adalah “anak radio”, terlebih yang suka dengerin radio yang sering muterin lagu-lagu romantis (love songs), dijamin banget mau kamu lahir tahun 1990, 2000, atau bahkan 2010, pasti tahu deh lagunya kalau dengerin lagi.

JANGAN LEWATKAN •
Gara-Gara Pandemik Corona, Lagu Hit R.E.M Ini Ngetop Lagi

Soalnya lagu ini memang super duper ngetop. Penerapan genre klasik Doo-Wop khas 50an di lagu ini, menjadi salah satu faktor kesuksesannya.

2. Linger (1993)

The Cranberries – Linger

Pasti tau deh kamu sama lagu ini. Apalagi jika kamu fanboy dari film-film si aktor / komedian Adam Sandler (Big Daddy).

Yap bener banget, lagu ini ditampilin di adegan pernikahan masa depan Samantha Newman (Katie Cassidy), putri kandung karakter Sandler, Michael Newman di film komedi sci-fi, Click (2006).

Dan yang kerennya lagi Dolores langsung yang nyanyiin lagunya di adegan tersebut. Bagi kamu yang mungkin lupa sama adegannya, langsung aja deh tonton lagi adegannya berikut ini.

Penampilan Dolores di Click

1. Zombie (1994)

The Cranberries – Zombie

Yap. Pasti banget kamu tahu lagu ini. Karena “Zombie” memang lagu paling ngetop dari grup ini. Mau lahir di generasi manapun, gak mungkin banget kalau kamu gak pernah denger lagunya.

JANGAN LEWATKAN •
Corona, Samsung Tutup Sementara Pabrik Smartphone Di Korea Selatan

Oh ya perlu kamu ketahui, walau judulnya “Zombie”, lirik lagu ini gak lantas menceritakan atau ada hubungannya sama zombie.

Judul ini cuma metafora. Lagu ini sebenernya menceritakan atau lebih tepatnya adalah tribute Dolores cs bagi korban-korban pengeboman di Warrington, Inggris tahun 1993: Jonathan Ball dan Tim Parry yang masing-masing berumur 3 dan 12 tahun.

Bagaimana nih guys? Bener gak nih terkaan gue? Atau justru kamu juga tahu lagu-lagu milik Cranberries lainnya? Jangan lupa komen ya.

Bagikan jika kamu suka