Daftar MusikMusik

5 Lagu Terasyik Dan Pionir Dari Album Achtung Baby Milik U2

Berikut adalah 5 lagu terasyik dan paling pionir dari album Achtung Baby milik U2.

Pasca kesuksesan dua album tersukses mereka: The Joshua Tree (1987) dan Rattle and Hum (1988), U2 bisa dikatakan bagaikan mesin. Tidak hanya kian jor-jor dalam melakukan tur konser, mereka bahkan langsung tancap menyiapkan materi album terbarunya.

Dan untuk materi album terbarunya, Bono cs mencoba bereksperimentasi dengan sound elektronika, industrial dan euro dance. Pokoknya beda banget dengan straight & simple rock yang mereka usung di album-album sebelumnya.

Nah konsep sekaligus arahan baru ini tertuang dalam album ke-7 mereka, Achtung Baby. Walau awalnya mengejutkan fans dengan arahan musik barunya yang sangat tajam ini, namun pada akhirnya album ini sukses menjadi salah satu album klasik U2 sepanjang masa.

Rilis pada tanggal 18 November 1991, sekitar 2 hari lagi album ini akan merayakan ulang tahun ke-30 nya. Nah untuk merayakannya, yuk mari kita kilas balik 5 lagu terasyik sekaligus menjadi pionir dari album Achtung Baby milik U2 ini.

Seperti biasa kelima pilihan lagu ini adalah pilihan pribadi yang tentunya bersifat SUBYEKTIF

Lagu Terasyik Dari Album Achtung Baby U2

5. Who’s Gonna Ride Your Wild Horses

Lagu terasyik dan paling pionir dari album Achtung Baby milik U2 adalah lagu yang juga di-cover oleh band alternatif 90an, Garbage ini.

Melansir halaman Wikipedia lagunya, sebenarnya lagu semua anggota U2 gak suka sama lagu ini. Pasalnya versi yang kita dengar di albumnya adalah versi demo dengan sedikit sekali proses edit dan mix.

Pasalnya ketika melakukan rekaman ini, Bono cs sudah berulang kali mencoba berbagai mix sana-sini, namun entah mengapa tidak pernah terasa oke. Akhirnya, mereka pun menggunakan versi demonya.

Dan bisa dikatakan keputusan yang mereka ambil ini sangat tepat. Karena versi demo inilah yang memang enak banget. Sound-nya memang terdengar masih agak mentah. Tapi secara keseluruhan lagunya terdengar sangat ngejreng dan mantap banget.

4. Mysterious Ways

Walau urutannya dalam album adalah nomor 8, namun entah mengapa bagi gue lagu ini selalu terasa pas untuk diputar setelah lagu nomor 2-nya, ‘Even Better Than the Real Thing’. Gak tau guys, terasa klik aja gitu.

Anyway, alasan gue suka lagu ini adalah komposisi musiknya terutama lagi-lagi, raungan gitar The Edge yang gokil banget. Untuk lagu ini, gitaris bernama asli David Evans ini, menggunakan efek Korg A3. Karena sedang main-main dengan efek inilah yang akhirnya menghasilkan lagunya ini.

Dan kekerenan efek ini bisa langsung kita dengar melalui intro lagunya yang sangat meraung gokil.

3. Even Better Than the Real Thing

Nah kini, giliran lagu Even Better Than a Real Thing-nya yang kita bahas. Dan senada dengan ‘Mysterious Ways’. Yang membuat lagu ini keren banget adalah raungan intro gitar The Edge.

Nah untuk intro lagu ini Edge menggunakan pedal efek “wah-wah” keluaran DigiTech Whammy. Dan terbukti kalau eksperimennya terhadap efek ini magis banget. Tanpa keisengannya bereksperimen dengan pedal ini, sudah pasti gak akan tercipta intro dan juga keseluruhan lagunya ini.

2. Until the End of the World

Lagu terasyik dan paling pionir dari album Achtung Baby milik U2 selanjutnya adalah lagu yang judulnya kalau kita Indonesiakan, “Sampai hari kiamat tiba” ini.

Dan gak heran jika lagu ini menjadi posisi runner-up. Selain lirik metaforanya yang keren banget, adalah komposisi musiknya yang menjadi bintang dari lagunya. Pasalnya gebukan drum Larry Mullen Jr, betotan bas Adam Clayton, dan raungan gitar The Edge, terdengar sangat padu dan seru banget.

Vokal bariton Bono yang juga dalam beberapa bagiannya melengking, hanya kian mempercantik lagunya saja. Pokoknya kalau kamu gak gokil sendiri ketika mendengar lagunya, gue bakalan bingung banget sih.

1. One

Nah inilah lagu terasyik dan paling pionir dari album Achtung Baby milik U2 sepanjang masanya. Dan sepertinya banyak dari kalian yang tahu dengan lagu berirama ballads ini.

Karena selain ada versi cover-nya dengan ratu R&B, Mary J. Blige yang dirilis pada tahun 2006, juga lagu ini adalah salah satu anthem persatuan dan kesatuan dunia. Ya, 11-12 dengan ‘Imagine’ milik John Lennon dan juga ‘Where’s the Love’ milik The Black Eyed Peas.

Walau sebenarnya sih, makna atau latar lagunya bukan demikian. Jadi lagu ‘One’ ini berasal dari hasil jamming di studio yang sangat spontan. Nah pada masa-masa rekaman album Achtung Baby ini Bono cs sudah sangat burnout.

Ketegangan antara keempatnya pun kian tajam. Bahkan menurut Bono, pada masa ini mereka sudah hampir bubar loh. Hampir mirip dengan kasus rekaman album Abbey Road (1969) nya The Beatles.

Namun gak seperti The Beatles yang akhirnya beneran bubar, U2 terbukti masih eksis hingga detik ini. Nah yang membuatnya menjadi demikian karena kespontanan jamming lagu ‘One’ ini. Awalnya mereka jamming tanpa judul apapun.

Namun ketika jamming inilah kekompakan antara keempatnya kembali terjalin. Melihat ini, Bono langsung menulis lirik lagunya yang intinya menggambarkan momen keempatnya ini. Alhasil lahirlah lagu ‘One’. Dan lagunya sekali lagi memang gokil banget baik untuk didengarkan atau dinyanyikan.

Itulah tadi 5 lagu terasyik dari album Achtung Baby milik U2. Dari kelimanya, lagu manakah yang menjadi favorit kalian?

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di playstore agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

Related Posts

No Content Available
Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications