7 Lagu U2 Yang Kita Semua Pasti Suka Banget

in
U2 lagu terkenal
Dos Manos Peru

Ya, ya gue tahu kalau lagu-lagu dari grup Rock legendaris asal Irlandia, U2, emang unik dan bukan untuk banyak orang. Karena sound Rock-Punk-New Wave mereka emang beda banget dari yang lain.

Walau seiring berkembangnya dekade, musik mereka sudah lebih “ramah” alias mainstream, tetep aja musik mereka memang untuk kita yang nge-fans aja. Tapi gak sedikit juga yang awalnya gak begitu suka, jadi suka.

Tapinya lagi nih, walau rata-rata lagu mereka untuk yang fanboy, faktanya banyak juga kok lagu-lagu mereka yang bahkan bagi kita yang gak fans aja, pasti suka banget. Dan berikut adalah 7 lagu yang dimaksud tersebut. Perlu diingat daftar ini bersifat SUBYEKTIF.

7. Sweetest Thing (1998)

U2-Sweetest Thing

Pasti yang remaja (SMP-nya) di tahun 90an, pastinya tahu dan suka deh sama lagu ini. Soalnya selain “Sweetest Thing” punya alunan irama yang adem di telinga, namun lagunya juga punya konsep video klip yang sangat keren dan unik banget.

6. Hold Me, Thrill Me, Kiss Me, Kill Me (1995)

https://www.youtube.com/watch?v=IDl1c0nR5SI
U2 – Hold Me, Thrill Me, Kiss Me, Kill Me

Mau kamu emang fanboy Batman atau bukan, gak dipungkiri kalau film Batman Forever (1995) yang menampilkan Val Kilmer (The Saint) sebagai Batman-nya dan Jim Carrey (The Mask) sebagai The Riddler, sangatlah populer ketika dirilis.

Kepopulerannya bukan hanya karena kemasan filmnya saja yang asyik, namun juga dipengaruhi oleh soundtrack yang digubah Bono cs ini.

Pokoknya musiknya pas banget dengan mix kekelaman dan keceriaan Gotham / Batman tanpa di saat yang sama, mengorbankan sound U2 yang super khas itu.

5. Elevation (2001)

U2-Elevation

Satu lagi soundtrack film yang ironisnya, juga jauh lebih populernya dari filmnya. “Elevation” kalau kamu masih inget adalah soundtrack dari film adaptasi video game, “Tomb Raider” (2001) yang dibintangi oleh Angelina Jolie (Girl, Interrupted).

Dengan filmnya yang kala itu gaungnya lumayan kenceng dan keseluruhan lagunya yang nge-rock abis nan enak banget, mustahil banget kalau kamu gak tau dan suka dengan lagu ini.

4. Beautiful Day (2000)

U2-Beautiful Day

Buset! Ya itu kata pertama yang langsung terngiang kembali di benak dan mulut ketika inget lagi akan impact yang diberikan lagu ini ketika dirilis di awal millennium baru.

Ya terang aja. Selain lagu ini secara teknis adalah kembalinya grup ini ke musik Rock “tradisional” mereka, ya pada dasarnya secara keseluruhan komposisinya, “Beautiful Day” emang lagu yang enak banget.

3. Stuck in a Moment (You Can’t Get Out of) (2001)

U2-Stuck in a Moment

Juga diambil dari album yang menyuguhkan “Beautiful Day” dan “Elevation”, All That You Can’t Leave Behind (2000), “Stuck in a Moment” pada dasarnya adalah ode untuk mantan vokalis INXS yang juga sahabat dekat Bono dulu, Michael Hutchence.

Dengan lirik tribute-nya yang makin puitis dan komposisi musiknya yang megah tapi tetap terasa “renyah”, gak heran ketika dirilis, lagu ini diputer dimana-mana. Pokoknya mustahil kalau gak tau deh!

2. With or Without You (1987)

U2-With Or Without You

Ini mungkin satu-satunya lagu U2 yang dirilis tahun 80an yang dikenal banyak orang. Gak ada yang gak tau atau belum pernah denger lagu ini kalau hidup di dekade tersebut.

Lagu ini bagaikan “Ticket to Ride” milik The Beatles, atau “We are the Champions” milik Queen. Gak mungkin deh gak tau. Dan satu lagi, yang bikin lagu ini kala itu ngetop, gak dipungkiri adalah keseluruhan komposisi lagunya yang emang terdengar beda banget dengan kebanyakan lagu-lagu di dekade itu.

1. One (1991)

U2-One

“With or Without You” emang ngetop banget. Tapi tetep aja pada akhirnya, lagu tersebut masih kalah sama lagu yang dirilis di awal 90an ini.

Aduh mau dilanjutin panjang lebar lagi juga bingung nih. Karena udah pasti deh kamu pernah atau tau banget sama lagu ini.

Walau secara lirik maknanya sering disalahartiin sebagai lagu persatuan cinta baik antara dua individu atau universal, tapi tetap saja tak mempengaruhi lagu yang membuat U2 akhirnya gak jadi bubar ini, untuk terus meroket di berbagai TV, radio dan tangga-tangga lagu mainstream di tahunnya.

Bahkan saking ngetopnya, “One” dirilis ulang di tahun 2006 dengan ratu R&B, Mary J. Blige menjadi vokal tamunya.

U2 & Mary J. Blige – One

Gimana? Pasti inget dan pernah denger kan? Dari 7 lagu ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

Bagikan jika kamu suka