Cover Folklore Taylor Swift Menjiplak Cover Single Vokalis Black Metal Ini?

in ,
Taylor Swift cover folklore

Selain mendapatkan respon super positif bahkan, memecahkan rekor, mirisnya album Folklore milik Taylor Swift, juga mendapatkan resepsi miring. Spesifiknya, pada design cover albumnya tersebut.

Ya ada-ada saja kalau dipikir. Tapi memang itulah kenyataannya. Jadi baru-baru ini salah satu pemilik akun Instagram, mengunggah foto cover folklore yang kemudian didampingkan dengan foto yang terlihat mirip dengan cover tersebut.

Sebelum gue lanjutin, yuk liat dulu unggahan yang dimaksud tersebut.

Nah seperti yang kamu liat, menurut si pengguna, tampilan cover Folkore, mirip dengan cover promosi single musisi aliran Black Metal asal Norwegia, Ihsahn yang berjudul, “Stridig” yang bersal dari album EP rilisan 2020-nya, Telemark.

Di Re-Post Sama Penyanyinya

Dan gak disangka, unggahan foto tersebut di re-post oleh Ihsahn sendiri di akun IG-nya. Lalu di-re-post lagi oleh perancang cover single “Striding”, David Thierre.

JANGAN LEWATKAN •
20 Lagu Romantis Yang Pas Didengar Bersama Pasangan di Hari Valentine

Seketika Thierre pun memberikan tanggapannya yang lucu namun menusuk. Seperti yang kamu baca,  Thierre sama seperti warganet lain, juga setuju kalau tampilan cover Folklore dan “Stridig” persis banget.

Iapun mengatakan dengan bercandaan sinis, semestinya kalau sama begini, lebih baik Swift minta tolong langsung saja ke dia untuk dibuatin. Thierre mengatakan, kalau saja kala itu dia minta dibuatin, ia akan memberikan harga super miring ke Swift. OUCH!

Tapi kalau kita perhatiin, baik Ihsahn maupun Thierre, gak terlalu menanggapinya dengan super serius apalagi, sampai melayangkan tuntutan (lawsuit). Mereka sama seperti gue dan beberapa warganet yang “bener”, tau kalau kemiripan ini benar-benar kebetulan saja.

Namun emang sih. Kalau diperhatiin, kemiripannya nyaris 90%. Cuma beda angle sedikit dan tidak adanya sosok Swift. Tapi ya tetep aja sih beda. Dan bisa aja diambil dari lokasi yang sama, dan Swift kala itu berinisiatif untuk menampilkannya dalam format hitam putih. Bisa kan?

JANGAN LEWATKAN •
Ticket Konser Reputation Mahal, Taylor Swift Bikin Fans Kecewa!

Dan kemiripan yang bersifat kebetulan seperti ini, faktanya sering kok terjadi di industri hiburan. Banyak banget. Apalagi di Indonesia. Jadi ya gak usah heran sih.

Tapi bagaimana kalau pendapatmu? Apakah memang Swift melakukan aksi penjiplakan disini? Atau memang seperti gue bilang, semua cuma kebetulan saja?