30 Lagu Terkeren 1990-an: Dominasi Grunge dan Rap

in ,
Nirvana Lagu Terkeren 90an
Nirvana | Loudwire

90an bisa dikatakan pengembangan moderenisasi yang ditinggalkan di dekade 80an. Dengan teknologi yang kian canggih saja, tak ayal tampilan serta bunyi hiburan yang ditinggalkan pun terasa kian keren nan variatif saja.

Terlebih di musik yang mana, jejak sound yang ditinggalkan di dekade 80an, dimanfaatkan benar-benar untuk menciptakan variasi genre-genre baru. Tapi walau demikian, gak dipungkiri bahwa: Grunge, Rap / Hip-Hop, Euro Dance dan Alternatif, menjadi 4 genre yang mendominasi dekadenya.

Nah berdasarkan pernyataan tersebut, gak heran jika seperti halnya 80an, dekade 90an juga begitu dikangeni oleh banyak orang (termasuk gue yang emang 90’s kid & teen). Dan berikut adalah 30 dari sekian banyak rilisan lagu di dekade SEGA dan Warung Telepon (Wartel) ini!

30. Beastie Boys – Sabotage (1994)

Seperti yang gue bahas di pembahasan dekade 80an, trio Rap-Rock Beastie Boys, adalah trio yang sangat awesome. Dengan bumbu Rap, Rock, dan sedikit industrial-nya, trio yang digawangi oleh (alm) Adam Yauch ini sukses banget dalam mendominasi 2 dekade nya.

Dan hal tersebut lagi-lagi dibuktikan melalui “Sabotage” yang sukses memperlihatkan lagi dan lagi trademark trio ini namun kini, dengan sound yang lebih ber-evolusi nan adaptif dengan zaman-nya.

29. La Bouche – Be My Lover (1995)

Di bagian pembuka, gue bilang salah satu genre yang mendominasi dekade ini, adalah Euro Dance. Mungkin banyak dari kamu yang bingung, “apa sih Euro-Dance?”

Gampangnya, lagu ini adalah lagu disko –house yang sound-nya hanya bagian Eropa saja yang memilikinya. Contohnya, ya lagu ini, lagu tema film Mortal Kombat (1995) dan juga super hit milik grup Aqua, “Barbie Girl” (1997).

Banyak banget sih yang enak-enak dari genre ini. Jujur gue yang juga fans berat genre-nya juga bingung mau masukin yang mana. Tapi pada akhirnya gue mutusin lagu milik La Bouche ini. Karena lagunya memiliki komposisi yang sangat enak dan seru banget ketika didengarkan.

28. Blackstreet feat. Dr. Dre & Queen Pen – No Diggity (1996)

Kamu yang suka nonton film, pastinya udah pernah denger deh lagu R&B / Hip-Hop ini. Yap bener banget. “No Diggity” dipopulerin lagi di film drama musikal hit, Pitch Perfect (2012).

Ya mau ngedenger darimana pun, yang jelas gak dipungkiri kalau lagu ini bener-bener sangat keren nan abadi banget.

27. Oasis – Champagne Supernova (1996)

Gak dipungkiri kalau Oasis, adalah grup yang mendominasi 90an setelah Nirvana. Racun BritPop yang mereka suguhkan emang “racun”. Semua lagunya emang enak dan berkualitas banget.

“Don’t Look Back in Anger”, “Stand By Me”, dan “Wonderwall”, siapa yang gak kenal dan suka bukan? Tapi tetep aja pada akhirnya, gue milih “Champagne Supernova”. Selain karena judulnya yang catchy, juga secara komposisi lagu ini bener-bener “SARAF!”

26. Natalie Imbruglia – Big Mistake (1997)

“Torn” (yang juga sebenernya lagu cover dari grup Ednaswap), emang sukses mentenarkan vokalis cantik asal Australia ini.

Tapi tetep aja pada akhirnya, gue sukanya lagu ini. Kenapa? “Big Mistake” sukses banget nampilin komposisi musik yang emang sound 90’s (khususnya di pertengahan 90an). Vokal Imbruglia pun juga otomatis terdengar sangat 90’s.

Selain itu, tensi yang ditampilkan pun juga sangat enak alurnya yang alhasil, membuat kita benar-benar sangat asyik dan puas sendiri setelah selesai mendengarkannya.

25. Ace of Base – All That She Wants (1992)

Di awal 90an ketika genre dance masih ngetop banget, maka gak ada orang kala itu yang gak tau bahkan, gak suka dengan grup asal Swedia ini.

Hit mereka lainnya, The Sign (1993), juga enak bahkan seperti “No Diggity” milik Blackstreet, juga udah diperbaharui lagi kepopulerannya oleh film Pitch Perfect.

Tapi bagi gue, seenak-enaknya “The Sign”, tetep aja “All That She Wants” lahyang gue favoritin. Alasannya karena komposisi musiknya (terutama bass line) nya, bener-bener “ajib” banget di kedua telinga.