Daftar MusikIdolK-PopMusik

5 Idol Kpop Wanita Yang Sukses Menjadi Solois

Sebelumnya kami telah menulis artikel idol pria Kpop yang sukses sebagai solois. Maka dalam artikel berikut ini kami akan kembali menuliskannya lagi. Namun pembahasannya kami ubah menjadi idol wanita Kpop yang sukses menjadi solois.

Sebagian dari kalian pasti akan familiar dengan nama-nama yang kami sebut. Tanpa menunggu lama lagi, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

5 Idop Kpop Wanita Yang Sukses Solois

1. Taeyeon (Girls Generation)

Taeyeon | NME
Taeyeon | NME

Taeyeon merupakan wajah lama di industri Kpop. Wanita kelahiran 1989 tersebut sudah meniti karirnya sejak tahun 2007 sebagai leader dan vokalis dari grup binaan SM Entertainment, Girls Generation.

Karir Taeyeon sebagai solois sudah dimulai sejak tahun 2009 ketika dia mendapat kesempatan menjadi pengisi soundtrack salah satu drama. Tapi tahun 2015 menjadi tahun pertamanya dia meniti karir sebagai solois.

Wanita dengan nama kelahiran Kim Taeyeon tersebut hingga kini sudah menelurkan masing-masing dua mini album dan dua album. Beberapa bulan lalu ia juga merilis single terbarunya (Weekend). Single tersebut menjadi single pertamanya selama tahun 2021.

2. HyunA (ex Wonder Girls & 4minute)

HyunA | Allkpop
HyunA | Allkpop

Mungkin banyak dari kita mengenal solois ini ketika masih berada dalam grup 4minute naungan CUBE Entertainment. Tapi jauh sebelumnya dia sudah lebih dulu menjadi salah satu personil Wonder Girls di awal-awal karirnya.

Setelah keluar dari CUBE, HyunA bersama pacarnya (DAWN ex Pentagon) bergabung bersama agensi P Nation milik PSY. Tidak mengherankan jika HyunA bergabung disana karena sebelumnya mereka terlibat proyek bersama.

Karir solois HyunA telah dimulai sejak tahun 2010 dengan merilis lagu Change. Popularitasnya kian menanjak saat dia merilis lagu Ice Cream. Dan saat ini HyunA adalah artis Korea pertama yang video klip lagunya mencapai 100 juta penonton di platform YouTube.

3. Chungha (eks I.O.I)

Chungha | NME
Chungha | NME

Chungha merupakan 1 dari 11 peserta Produce 101 yang tayang di saluran Mnet tahun 2016 silam. Mereka semua lolos dalam program tersebut dan debut dengan nama I.O.I (Ideal of Idol).

Sayangnya, kontrak kesebelas member I.O.I hanya berlaku satu tahun saja. Setelah kontraknya berakhir, I.O.I menyatakan bubar dan seluruh member sibuk dengan karir mereka masing-masing, termasuk Chungha.

Lepas dari I.O.I, Chungha debut sebagai solois dan bergabung di agensi MNH Entertainment. Chungha akhirnya berhasil merilis album pertamanya Querencia pada tahun ini setelah 5 tahun menjadi solois.

4. Hyoyeon (Girls Generation)

Idol kpop wanita solois
Hyoyeon | Soompi

Hyoyeon menjadi member kedua Girls Generation yang aktif menjadi solois. Lead dancer dalam grup 9 orang tersebut menggunakan akronim HYO dan saat ini sudah merilis berbagai single.

HYO juga menjadi disc jockey (DJ) disamping kegiatannya sebagai solois. HYO bahkan lebih dulu memulai karirnya sebagai DJ jauh sebelum Girls Generation mengumumkan vakum tahun 2017 silam.

Single terakhir yang HYO rilis berjudul Second. Dia menggandeng solois muda BiBi dalam lagu berdurasi 3 menit itu.

5. Amber Liu (f(x))

Amber Liu | Allkpop
Amber Liu | Allkpop

Amber Liu juga memulai karir bermusik sebagai anggota dari grup f(x). Dia debut bersama Victoria Song, Krystal Jung, Luna, dan mendiang Sulli pada tahun 2009. Amber menjadi ciri khas berbeda dalam f(x) karena gaya tomboy dan rambut pendeknya itu.

Setelah nasib f(x) tidak jelas hingga kematian Sulli, Amber memutuskan meninggalkan agensinya (SM Entertainment) dan menandatangani kontrak eksklusif bersama Steel Wool Entertainment pada tahun 2020.

Amber bersama agensi barunya lebih berfokus di pasar Amerika. Karena saat ini Amber juga sudah pindah ke kampung halamannya di Los Angeles sejak 4 tahun lalu.


Itulah kelima idol kpop wanita yang berhasil memiliki kesempatan menjadi solois dan berujung sukses. Manakah idol favorit kalian dalam daftar diatas? komen di bawah ya.

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di playstore agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.