Daftar MusikMusik

20 Lagu Classic Rock Yang Umumnya Disukai Masyarakat Indonesia

Dari semua lagu beraliran Classic Rock yang ada, berikut adalah 20 lagu classic rock yang umumnya disukai masyarakat Indonesia.

Inilah 20 lagu classic rock yang umumnya disukai oleh masyarakat Indonesia.

Tak memungkiri salah satu genre musik barat yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah classic rock. Bagi yang mungkin saja belum memahami, classic rock artinya adalah genre musik Rock yang berasal (umumnya) dari dekade 70-90an.

Salah stau bukti konkretnya adalah degan sering bejibunnya audiens yang menyaksikan konser band Rock lawas kalau mereka mampir ke negeri kita. Atau yang lebih sering kita lihat, adalah sering ramainya audiens yang menyaksikan band atau malam musik classic rock di berbagai pusat perbelanjaan (mall) setiap minggunya.

lagu classic rock masyarakat indonesia
Guns N’ Roses | pinterest

Salah satu alasan mengapa hal ini terjadi karena walau musiknya tergolong keras dan “berisik”, namun musik classic rock bisa membakar emosi dan semangat. Selain itu lagu-lagunya memang sangat mudah tercerna oleh kedua telinga.

Nah berdasarkan fakta tersebut, maka tidak heran juga jika kemudian lumayan bejibun lagu-lagu classic rock yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Akan tetapi dari sekian banyak lagunya, berikut adalah 20 lagu classic rock yang umumnya disukai oleh masyarakat Indonesia.

INGAT seluruh pembahasan ini bersifat opini yang sangat SUBYEKTIF.

20. Dream Theater – The Spirit Carries On (1999)

Lagu classic rock yang umumnya disukai oleh masyarakat Indonesia yang pertama adalah lagu rock balada milik Dream Theater ini.

Tak memungkiri ketika kita mendengar band dan musik milik Dream Theater, umumnya kata “berat” langsung terngiang di benak atau langsung terucap dari mulut kita. Kata berat disini merajuk pada lagu-lagu band ini yang kerap kompleks dan panjang durasinya.

Makanya juga bisa kita katakan yang suka Dream Theater itu adalah “orang-orang terpilih”. Tapi pendapat tersebut langsung berubah ketika lagu ini rilis pada tahun 1999. Rilis melalui album kelima, Metropolis, Pt. 2: Scenes From a Memory (1999), lagu ini langsung menjadi favorit semua.

Mau itu yang memang fans berat atau masih sangat awam dengan band asal Boston, Massachusetts, AS ini, semuanya langsung auto suka dan nyanyi mendadak ketika lagu ini berkumandang.

Hal ini sekali lagi karena usungan musik slow rock-nya memang sangat mudah untuk dicerna oleh seluruh telinga masyarakat Indonesia.

19. Alias – More Than Words Can Say (1990)

Lagu classic rock yang umumnya disukai oleh masyarakat Indonesia selanjutnya adalah lagi-lagi nomor slow roock/rock balada.

Dan kini adalah ‘More Than Words Can Say’ milik band bernama Alias. Lagu ini mungkin awalnya sering keliru dengan ‘More Than Words’ milik Extreme yang memang juga rilisnya berdekatan jaraknya atau spesifiknya pada tahun 1991.

Namun ya jangan salah guys. Lagu ini memiliki tambahan kata ‘Say’ di belakang judulnya. Jadi ya tentunya lagu ini beda banget dengan milik Extreme tersebut. Anyway, lagu ini juga menjadi favorit pecinta musik classic rock Indonesia.

Selain komposisi lagunya sangat syahdu dan emosional, vokal Freddy Curci yang memiliki jangkauan yang luar biasa lebar dan tinggi itu, juga menjadi alasan mengapa banyak yang suka dengan lagu ini.

18. Van Halen – Jump (1983)

Sebenarnya sih secara general, band dan lagu-lagu dari Van Halen selalu menjadi favorit dan bahkan inspirasi pendengar Indonesia.

Namun ya pada akhirnya tetap saja adalah lagu berirama riang ini yang banyak masyarakat Indonesia asosiasikan dengan band gawangan (alm) gitaris Eddie Van Halen ini. Pokoknya kalau lagu ini main, riuh sorakan pasti akan langsung terdengar.

Dan gak heran sih. Karena lagu ini emang mudah kita cerna dan irama upbeat-nya gak terdengar ribet. Pokoknya begitu dengar, auto jogged deh.

17. Nirvana – Smells Like Teen Spirit (1991)

Sekarang mungkin banyak dari kita yang menyukai  lagu ‘Something in the Way’ yang juga berasal dari album sama dengan lagu ini, Nevermind (1991). Hal ini tentu karena lagunya menjadi soundtrack film hit 2022 sejauh ini, The Batman.

Namun walau demikian, secara general, adalah lagu ini yang banyak masyarakat Indonesia sukai ketika mendengar band grunge legendaris 90an ini. Hal ini karena dari lagu-lagunya yang lain, mungkin inilah lagu grungy Nirvana yang terdengar sangat nge-pop.

Atau dengan kata lain memang sangat enteng terhadap kedua telinga. Plus kalau mau blak-blak, memang hanya ‘Smells Like Teen Spirit’ lah yang kala itu meledak di berbagai negara. Jadi yang tadinya gak tau dengan Nirvana serta aliran grunge pun, kini menjadi tahu.

16. The Police – Every Breath You Take (1983)

Lagi dan lagi faktanya kalau musik Rock yang terdengar balada atau slow, pasti langsung menjadi lahapan besar masyarakat Indonesia.

Dengan pernyataan tersebut, maka gak heran jika ‘Every Breath You Take’ menjadi lagu milik The Police yang menjadi kesukaan masyarakat kita. Mungkin si individu juga suka lagu lainnya.

Tapi tetap saja ketika ia sedang mendatangi Classic Rock atau The Police Night, adalah lagu yang sebenarnya mengenai pria stalking wanita incarannya inilah yang “gatal” untuk langsung ia dengar atau minta (request).

15. Scorpions – Wind of Change (1990)

Scorpions mungkin adalah salah satu dari beberapa band yang sangat top semua lagunya di negeri kita. Mau itu ‘Still Loving You’, ‘Rock You Like a Hurricane’, You and I’, pokoknya semua lagu band asal Hanover, Jerman Barat ini sangat hit dalam negeri kita.

Apalagi lagu balada yang satu ini. Wah pokoknya kalau untuk Scorpions biasanya hanya 3 lagu yang banyak request-nya. Spesifiknya, ‘Still Loving You’, You and I’, atau ya lagu ini. Dan kalau ketiganya kita bandingkan lagi, ya ‘Wind of Change’ ini yang sangat ngetop pesanannya.

Hal ini kian terbukti dengan banyak pendengar kita yang hingga detik ini, masih hafal banget dengan lantunan siulan pembuka lagunya ini.

14. Michael Learns to Rock – That’s Why (You Go Away) (1995)

Senada seperti Scorpions, Michael Learns to Rock (MLTR), adalah juga band yang super terkenal dalam negeri kita. Entahlah sudah berapa kali mereka bolak-balik tampil dalam negeri kita.

Pokoknya Indonesia sudah seperti tempat singgah tetap sementara band asal Denmark ini. Alhasil, gak heran jug ajika kemudian lagu-lagu mereka hit semua dalam kedua telinga kita hingga detik ini.

Namun dari semua lagu-lagu hitnya, gak memungkiri adalah nomor balada ini yang banyak masyarakat Indonesia favoritkan hingga detik ini. Pasalnya lagu ini sekali lagi nomor balada/slow rock yang selalu menjadi cernaan musik favorit masyarakat kita.

13. Aerosmith – I Don’t Want to Miss a Thing (1998)

Lagu classic rock yang umumnya disukai oleh masyarakat Indonesia selanjutnya adalah soundtrack gokil dari film Armageddon (1998) ini.

Namun ya memang pada dasarmya, ‘I Don’t Want to Miss a Thing’ jugalah favorit seluruh dunia. Hal ini karena lagu ini memang enak banget. Belum lagi siapa sangka kalau vokal gahar Steven Tyler, bisa pas dan syahdu banget di lagu balada rock yang juga lumayan pop ini?

Alhasil karena kepopulerannya yang mendunia ini, gak hanya lagu ini menjadi lagu favorit Aerosmith semua kalangan. Juga kesuksesan lagunya ini kala itu (well, hingga detik ini sih) sukses mengalahkan kesuksesan yang filmnya dapatkan.

12. Bryan Adams – Everything I Do (I Do It For You) (1991)

Nah lagu ini juga serupa kasusnya dengan ‘I Don’t Want to Miss a Thing’. Maksudnya, lagu ini lebih ngetop hingga detik ini daripada film yang lagu ini soundtrack-kan.

Bagi kamu yang mungkin belum mengetahui, ‘Everything I Do’ adalah soundtrack dari film hit aktor legendaris Kevin Costner (Waterworld), Robin Hood: Prince of Thieves (1991).

Dan sekali lagi daripada lagunya, film tersebut kesuksesannya masih kalah banget. Lagu ini pokoknya merupakan lagu Adams yang paling sukses dan populer hingga detik ini. Gak ada yang gak tau dengan lagu ini.

Alahasil, gak heran banget jika kemudian lagu Adams inilah yang paling banyak request-nya hingga detik ini.

11. Toto – I’ll Be Over You (1986)

Sebenarnya ‘Africa’ dan ‘Rosanna’ yang sama-sama rilis pada tahun 1982 juga ngetop banget terhadap masyarakat Indonesia. Tapi kepopuleran keduanya langsung tergilas ketika lagu ini rilis pada tahun 1986.

Aluna baladanya yang syahdu dan juga elemen sound 80an-nya benar-benar sangat khas dan toxic banget. Alhasil, gak heran sekali lagi kalau lagu ini menjadi lagu Toto favorit masyarakat kita hingga detik ini.

10. Eagles – Hotel California (1976)

https://www.youtube.com/watch?v=UjP-NQegrZA

Aduh gak mungkin banget sih kalau masih ada dari kita yang mengatakan gak tau dengan lagu ini. Karena dari semua lagu hit Eagles, yang selalu bergaung dalam berbagai radio dan televisi hingga detik ini ya ‘Hotel California’ ini.

Belum lagi lagu ini kembali populer banget pada tahun 2021 lalu. Hal ini karena lagu ini menjadi soundtrack film superhero MCU, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Pokoknya aneh sih kalau kamu belum tahu lagu ini.

Soalnya gak hanya dalam Indonesia saja lagu ini ngetop. Dalam negara-negara luar lainnya, ya ‘Hotel California’ inilah yang masih banyak anggap sebagai hit besarnya Eagles.

9. Bad English – When I See You Smile (1989)

Waduh kebangetan sih kalau gak tahu lagu ini. Pasalnya ‘When I See You Smile’ merupakan lagu slow rock super “menye-menye” yang sangat hit hingga detik ini.

Pokoknya kalau kamu generasi 70-80an, pastinya tahu banget kalau ‘When I See You Smile’ memiliki airplay yang kencang banget. Sangat tidak mungkin kala itu kita tidak mendengar radio atau televisi yang tidak menayangkan atau memperdengarkan lagu ini.

Bahkan hingga detik ini, lagu ini masih terus wara-wiri dalam berbagai stasiun radio khusus lagu-lagu 80an, 90am, atau classic rock negeri kita.

8. Extreme – More Than Words (1990)

Karena sebelumnay sudah menyinggung hit Extreme ini, mari sekarang kita sertakan dan bahas juga lagunya ini.

Lagipula faktanya, lagu ini memang super hit banget dalam negeri kita. Bahkan kalau mau jujur, hanya ‘More Than Words’ inilah satu-satunya lagu yang sering kita dengar hingga detik ini dari Extreme. Atau dengan kata lainnya lagi, band ini adalah one-hit wonder.

Tapi toh tak mengapa bukan? Yang penting lagu ini hingga sekarang masih abadi banget bukan?

7. Deep Purple – Smoke on the Water (1972)

Memang salah satu pionir genre heavy metal ini juga memiliki hit-hit keren lainnya. Seperti, ‘Highway Star’, ‘Woman From Tokyo’, ‘Hush’, dan ‘Soldier of Fortune’.

Tapi pada akhirnya tetap saja masyarakat Indonesia lebih banyak familiarnya dengan ‘Smoke on the Water’. Hal ini kian terlihat ketika penjualan game musikal Guitar Hero (2005) juga sukses dalam negeri kita.

6. Queen – Bohemian Rhapsody (1975)

Oke, oke. Memang lagu-lagu Queen lain seperti: ‘We Are the Champions’, ‘We Will Rock You’dan juga ‘Don’t Stop Me Now’, super ngetop dalam negeri kita. Apalagi ‘Champions’ dan ‘Rock You’.

Tapi pada akhirnya dan seiring berjalannya tahun, adalah ‘Bohemian Rhapsody’ yang umumnya banyak masyarakat Indonesia sukai. Selain tentunya karena keunikan dan kejeniusan lagunya, kepopuleran adapatsi filmnya, Bohemian Rhapsody (2018) juga menajdi faktor utamanya.

Apalagi setelah banyak masyarakat Indonesia yang makin sadar kalau lagu ini memang sangat sulit untuk mereka nyanyikan dengan benar-benar sempurna. Makin penasaran dan makin sukalah mereka dengan lagu gubahan (alm) Freddie Mercury ini.

5. Metallica – Enter Sandman (1991)

Sebenarnya ketika menulis poin ini, gue agak menyeringai miris sendiri. Karena faktanya banyak masyarakat kita yang mengaku kalau ia fans berat Metallica tapi tahunya cuma lagu ini. Ya memang gak masalah juga sih.

Cuma analoginya seperti kita suka film karya James Gunn  tapi sukanya film Guardians of the Galaxy (2014) saja. Padahal seperti kita ketahui, ada banyak juga film-film Gunn sebelumnya yang gak kalah kerennya.

Lalu ada juga masyarakat kita yang mengaku sudah anak metal luar dalam padahal baru dengar lagu ini. Sekali lagi, gak masalah juga sih. Cuma ya coba deh kamu cerna sendiri ya.

Tapi terlepas pandangan gue tersebut, hal ini faktanya kian membuktikan kalau ‘Enter Sandman’ memanglah lagu terpopuler dari band aliran heavy metal asal Los Angeles, California, AS ini.

4. Nazareth – Love Hurts (1974)

Aduh siapa sih yang gak tahu dengan lagu balada rock patah hati klasik ini? Rasanya gak ada bukan?

Karena versi cover dari Nazareth ini memang sangat booming ketik rilis pada dekade 70an. Hal ini karena tarikan vokal dan cara bernyanyi sang vokalis, Dan McCafferty benar-benar GOKIL.

Jangkauan dan cara ia menyanyakikannya sangat tinggi dan sangat powerful. Alhasil, membuat lagu ini sebagai “standar” kita semua untuk belajar nyanyi terlebih, belajar nyanyi lagu Rock.

3. Bon Jovi – Always (1994)

Sebenarnya seperti beberapa penyanyi atau band classic rock top lainnya dalam negeri kita. Banyak banget lagu Bon Jovi lainnya yang juga bergaung ngetop.

Tapi tak memungkiri untuk nomor klasik yang selalu banyak request-nya adalah lagu balada rock yang sangat emosional ini. Belum lagi kala itu video klip-nya sangat keren dan seksi. Dan oh ya satu lagi, lagu ini juga lumayan menantang untuk kita nyanyikan.

Banyak banget dari masyarakat kita yang menjadikan ‘Always’ sebagai salah satu materi belajar nyanyi mereka. Pokoknya dengan semua pernyataan yang telah terungkapkan ini, sumpah gue bingung dan gak tahu mau ngomong apalagi kalau ada dari kamu yang bilang belum pernah mendengar lagu ini.

2. Guns N’ Roses – Sweet Child O’ Mine (1987)

Hingga detik ini. Sekali lagi, HINGGA DETIK INI! Mungkin hanya lagu inilah yang paling hit bahkan “merakyat” dari Guns N’ Roses.

Bahkan kalau kamu masih ingat, ketika GNR konser pada tahun 2018 lalu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sempat memberikan tanggapannya. Spesifiknya ia mengatakan sangat menyukai GNR dan, ia suka banget dengan lagu ini.

‘November Rain’ dan ‘Don’t Cry’ juga ngetop banget dalam ngeri kita. Cuma sekali lagi yang jauh lebih banyak masyarakat Indonesia tahu dan sukai apabila mereka mendengar grup ini. Ya mereka pasti langsung terngiangnya dengan ‘Sweet Child O’ Mine’.

1. Steelheart – She’s Gone (1990)

Dan inilah lagu classic rock yang umumnya disukai oleh masyarakat Indonesia banget hingga detik ini. Dan faktanya pernyataan ini gak salah sama sekali.

Bahkan nih gue pernah melihat rekaman ibu-ibu berhijab Indonesia di dareah perkampungannya menyanyikan lagu ini loh! Nah kalau sudah sampai sebegitunya, alhasil gak heran bukan jika ‘She’s Gone’ ini menempati posisi puncak daftar ini?

Dan tentunya gak heran jika lagu ini banyak yang mengetahui dan juga menyukainya. Karena ‘She’s Gone’ adalah lagu classic rock yang secara vokal sangat-sangat menantang. Vokal Miljenko Matijevic benar-benar seperti bukan vokal manusia.

Jangkauan suaranya super duper tinggi dan super melengking. Makanya hingga sekarang, lagu ini masih ngetop banget bagi kalangan masyarakat Indonesia.

Kalau misalkan kita sampai bisa atau sukses menyanyikan lagunya ini dengan sempurna atau setidaknya menyamai jangkauan Matijevic, WOW rasanya seperti Superman yang berhasil mengalahkan Doomsday deh!

Nah itulah tadi 20 lagu classic rock yang umumnya disukai oleh masyarakat Indonesia. Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini? Lalu dari 20 lagu classic rock ini, lagu manakah yang merupakan favorit kalian?

Related Posts

No Content Available
Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks