MusikDaftar Musik

10 Lagu Hits Tahun 1973 yang Sudah Berusia 50 Tahun

10 lagu hits tahun 1973 yang kini sudah berusia 50 tahun atau 1/2 abad. Wah gak kerasa sudah tua banget ya guys!

10 lagu hits tahun 1973 yang kini sudah berusia 50 tahun atau 1/2 abad. Wah gak kerasa sudah tua banget ya guys!

Tak terasa sudah 50 tahun atu 1/2 abad lagu-lagu rilisan tahun 1973 yang akan kita bahas ini. Walau sudah uzur, faktanya 10 lagu tahun 1973 ini sampai sekarang masih terdengar enak dan relevan banget.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah 10 lagu hits 1973 yang kini sudah berusia 50 tahun tersebut.

1. Marvin Gaye – Let’s Get it On

Lagu tahun 1973 nge-hit yang kini sudah berusia 50 tahun yang pertama adalah ‘Let’s Get it On’ milik almarhum Marvin Gaye.

Alasan lagu ini sangat asyik tentunya adalah keseluruhan lagunya (musik dan lirik) yang sangat sensual nan menggoda. Walau demikian, uniknya lagu ini tetap terdengar asyik, tasteful, dan menantang untuk kita nyanyikan.

Beberapa film yang menggunakan lagunya sebagai soundtrack, kian mengabadikan saja lagunya ini. “Let’s Get it On baby!”

2. Roberta Flack – Killing Me Softly with His Song

Lagu tahun 1973 nge-hit yang kini sudah berusia 50 tahun selanjutnya adalah lagu ber-genre R&B/Soul yang legendaris ini.

Lagu yang dibawakan oleh Roberta Flack ini sebenarnya adalah versi cover. Aslinya, lagu ini dibawakan oleh Lori Lieberman di tahun 1972.

Walau jarak perilisannya hanya 1 tahun, ironisnya justru versi cover Flack inilah yang nge-hit banget. Dan ketenarannya ini masih tinggi saja terlepas sudah 50 tahun lamanya eksis di muka bumi ini.

3. Dawn and Tony Orlando – Tie a Yellow Ribbon Round the Ole Oak Tree

Lagu berirama Pop latin yang sangat simpel ini pastinya dikenal banget oleh kita semua. Mau kita kelahiran 2010an pun, pastinya kita pernah deh dengerin lagu ini.

Soalnya ‘Tie a Yellow Ribbon’ memang ngetop banget lagunya guys. Hal ini sekali lagi dikarenakan kesimpelan musiknya serta betapa mudahnya lirik-liriknya untuk kita hafal dan nyanyikan.

4. Elton John – Goodbye Yellow Brick Road

Lagu klasik milik Elton John ini, pastinya juga kamu kenal banget. Pasalnya, ‘Goodbey Yellow Brick Road’ beberapa bulan lalu menjadi soundtrack dari trailer film MCU, Ant-Man and the Wasp: Quantumania (2023).

Lagu ini memiliki nada yang sedikit kompleks, namun kerennya tetap bisa kita cerna dan nikmati. Selain itu, nada-nada falsetto super tinggi yang dinyanyikan John, membuat lagunya ini kian teatrikal lagi emosional.

5. The Rolling Stones -Angie

Ya, salah satu nomor balada dari grup gaek asal Inggris ini, faktanya dirilis di tahun 1973. Diambil dari album ke-11, Goats Head Soup (1973), ‘Angie’ sukses menjadi salah satu lagu Stones yang paling terkenal sepanjang masa.

Terbukti hingga detik ini, ‘Angie’ masih sering kita dengar di beberapa radio dan juga acara live music harian atau mingguan di mall-mall.

6. The Doobie Brothers – Long Train Runnin’

Country Rock? Funk? R&B? Ya terserah deh kalian ingin menganggap lagu ini ber-genre apa. Yang jelas mau apa pun itu genre-nya, ‘Long Train’ Running tetaplah merupakan salah satu lagu yang asyik banget.

Pokoknya kalau kamu gak langsung menggoyangkan kepala atau bahkan berjoget-joget kecil, entahlah gue mau ngomong apalagi.

7. Wings – Live and Let Die

Kalau kamu fans berat franchise film 007 atau James Bond, pastinya kamu tahu deh dengan lagu ini. Ya, ‘Live and Let Die’ adalah lagu tema utama dari film James Bond ke-8, Live and Let Die (1973).

Lagu yang dibawakan oleh eks The Beatles, Paul McCartney ini, memiliki komposisi musik dan feel yang sangat Bond banget. Sehingga, membuat lagunya ini tidak hanya menjadi lagu tema Bond terbaik, namun juga salah satu lagu rock abadi terbaik hingga detik ini.

8. Lobo – How Can I Tell Her

Wah kamu juga pastinya tahu lagu ini guys. Soalnya ‘How Can I Tell Her’ sering kita lihat banget video klip karaokeannya. Pokoknya kalau ayah, om, atau ibu yang minimal kelahiran 1960an, di pasti tahu banget dengan lagu ini.

‘How Can I Tell Her’ mungkin memiliki komposisi musik pop dan juga lirik yang sangat cheesy. Tapi justru ke-cheesy-an nya tersebut yang membuat lagunya masih begitu dikenang hingga detik ini.

9. Barbara Streisand – The Way We Were

Barbara Streisand tak memungkiri adalah salah satu biduanita yang paling sukses di dekade 60an hingga 80an. Walau demikian, tak dipungkiri adalah 70an, yang menjadi dekade keemasannya.

Pasalnya di dekade ini, lagu-lagu yang dirilisnya menjadi instan hit. Termasuk salah satunya adalah lagu ‘The Way We Were’ ini.

Lagunya benar-benar ngetop, sehingga tak mengherankan jika lagunya masih dikenang 50 tahun semenjak perilisan perdananya.

10. Deep Purple – Smoke on the Water

Yap MUSTAHIL banget kalau kamu gak tahu dengan lagu heavy metal milik Deep Purple ini. Bahkan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo saja tahu banget dengan lagunya ini loh!

Dan tentunya faktor lain yang membuat kita tahu banget dengan lagu ini adalah disertakannya lagu ini sebagai salah satu lagu yang bisa kita mainkan di game Guitar Hero (2005).

Jadi yap gak heran bukan jika 50 tahun semenjak perilisannya, ‘Smoke on the Water’ masih terus bergaung kencang hingga detik ini? Nah dari 10 lagunya ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.