10 Langkah Jitu Bagi Kamu Yang Ingin Belajar Nyanyi

in ,
Tips jitu Belajar nyanyi
Ini dia guys tips jitunya! | Superprof

Berikut adalah 5 langkah jitu bagi kamu yang memang ingin banget belajar nyanyi.

Sebenarnya kalau kita pikir secara seksama. Pada dasarnya kita, manusia, sudah terlahir memiliki basis / dasar bisa nyanyi. Bahkan, kedua orang tua pun, kerap menyanyikan kita ketika kecil (terlebih ketika menidurkan kita).

Tapi memang, seiring tumbuh kembangnya kita, gak semua dari kita lantas memiliki suara bernyanyi indah alami. Alias, beberapa dari kita justru ketika bernyanyi, tidak sesuai nada lagunya.

Tak pelak kadang, kita merasa sedih bahkan malu karena gak bisa nyanyi. Perasaan tersebut kian bertambah ketika melihat sudah banyaknya program cari bakat nyanyi di berbagai stasiun televisi. Rasanya kepingin banget seperti kontestan-kontestan tersebut.

Well, jangan sedih, malu, atau putus asa lagi guys. Gue yang juga pernah merasa demikain, tergerak ingin membagikan langkah atau tips jitu yang gue jamin, bikin kamu semua langsung bisa bernyanyi seperti Judika atau Sia.

Dan berikut adalah 10 langkah jitu bagi kamu yang memang ingin belajar nyanyi tersebut.

1. Berniat Sungguh-Sungguh

tips jitu belajar nyanyi
Niatin banget-banget! |Gaya Tempo

Langkah jitu pertama, tentunya seperti hal-nya dengan keinginan untuk belajar hal lain, ya niatkan dengan sungguh-sungguh.

Karena kalau kamu niatnya hanya setengah-setengah, ya kamu akan merasa malas-malasan, atau ga akan optimal 100% belajarnya. Jadi jangan mengambil keputusan buru-buru.

Pastikan banget-banget dulu kamu memang ingin belajar nyanyi dengan sangat serius. Kalau sudah baru deh mulai.

2. Siap Kerja Keras Setiap Hari

Tips jitu belajar nyanyi
Miley Cyrus aja kerja kers banget loh! | The Daily Beast

Pelukis Leonardo DaVinci, Master Chef Juna, Skateboarder Tony Hawk, dan juga Lady Gaga. Semua nama-nama ini kini menjadi nama yang keren dan ahli dalam bidang mereka.

Tapi jangan kamu kira mereka hanya mengandalkan bakat alami atau bisa secara instan. Mereka semua bisa seperti sekarang, karena setiap hari kerja keras. Dalam artian, rajin latihan, rajin eksperimen.

Jadi kalau kamu memang niat banget untuk belajar menyanyi (bahkan cita-cita menjadi penyanyi), jangan pernah bosan atau lelah untuk latihan terus. Entah itu latihan pernafasan, pemanasan (warming-up), atau mempelajari satu lagu berulang-ulang.

3. Jangan Keburu Puas

Nah ini nih yang musti kamu camkan. Ketika belajar nyanyi, jangan langsung merasa “oke tuh udah bagus, lanjut deh latihan lagu selanjutnya”. STOP memiliki mental demikian.

Tumbuhkan mental “masih kurang atau masih bisa lebih bagus”. Dengan demikian, kamu bisa kian mengindahkan atau memaksimalkan performa kamu dalam menyanyikan satu lagu tersebut.

Bahkan vokalis seperti Demi Lovato dan Bob Dylan saja, mengulang-ulang lagunya ketika rekaman. Padahal pihak operator studio dan produsernya sudah mengatakan “udah keren banget kok”.

Memang sih ini juga terpengaruh ego. Tapi apabila ego untuk bisa menjadi lebih baik dalam hal yang kita lakukan, bukankah itu sebuah ego yang positif?

4. Siap Sakit

516080 620
Jangan manja! | Gaya Tempo

Bernyanyi adalah aktivitas yang membuat seluruh bagian-bagian sistem tubuh (terlebih pernafasan) bekerja dengan keras. Terlebih ketika awal belajar nyanyi, pasti tenggorokan pun akan terasa sakit, tertekan, dan bahkan berdarah.

Well, sebenarnya untuk bagian tenggorokan memang TIDAK BOLEH TERJADI ketika belajar nyanyi. Tenggorokan harus tetap safe. Apabila sampai sakit, ya kamu salah belajarnya.

Tapi katakanlah kamu sudah tahu atau melewati tahapan itu. Tetap saja bagian tubuh lain seperti tulang rusuk, perut, ya pokoknya anatomi-anatomi bernyanyi lain, akan terasa pegal atau sakit-sakit.

Kalau kamu ketika belajar, langsung mengeluh atau menyerah, ya sudah gantungkan saja tuh mimpi kamu untuk bisa nyanyi. Sekali lagi, yang namanya belajar atau melatih passion kita, gak ada yang instan.

Semuanya KERJA KERAS! Bahkan chef Juna saja, mungkin pernah keiris jarinya oleh pisau dapur atau kena minyak goreng panas. Nah apa itu gak lebih berbahaya? Tapi setelah melewati itu semua, ia kini sukses banget bukan menjadi salah satu koki kenamaan Indonesia?

Intinya, JANGAN MENYERAH, JANGAN BAPER, JANGAN MANJA!

5. Percaya Diri

Singing Tips
Pede aja kali! | Deviant Noise

Keempat langkah sebelumnya akan percuma saja selama belajar nyanyi kalau kamu sendiri, gak merasa condfident.

Kalau kam gak PD ketika belajar atau berpikiran, “ah kayaknya gue gak bisa deh”, “gak ada bakat”. Ya sekali lagi jangan harap kamu bisa memiliki suara keren bak Judika. 

Selain itu, ya bagaimana orang terdekat bisa percaya atau mendukung kamu juga kalau kamu merasa minder terus bukan? Jadi percayalah kamu bisa untuk belajar, bisa untuk menaklukan lagu yang terdengar susah itu.

6. Bernafas Dengan Diafragma

Nah sekarang masuk deh ke sifat yag lebih teknis. Rasanya sudah banyak ya guru vokal atau penyanyi-penyanyi luar sana yang memberikan saran ini.

Tapi ya demi pembahasan ini, gue ulang lagi deh. Jadi untuk bernyanyi, pernafasan yang paling baik, adalah pernafasan diafragma. Karena pernafasan ini termasuk pernafasan yang bisa menjembatani seluruh aktivitas yang keluar ketika bernyanyi.

Spesifiknya, produksi suara, menahan nada, perpindahan nada, dan sebagainya. Kamu gak tahu bagaimana cara bernafas menggunakan diafragma ketika nyanyi? Langsung saja nih simak cuplikan video di atas.

7. Lakukan Pemanasan

Seperti yang udah gue singgung dalam poin sebelumnya. Pemanasan (warming-up) harus kita latih terus.

Well actually, bukan masalah harus terus kita latih saja. Pemanasan atau vocalizing, WAJIB kita lakukan sebelum kita belajar nyanyi atau mungkin bernyanyi. Bahkan penyanyi-penyanyi kelas dunia saja, pemanasan dulu sebelum naik panggung.

Bernyanyi pada dasarnya ya berolahraga. Jadi sebelum kita olahraga, pasti kita pemanasan dulu bukan? Nah apabila bingung bagaimana bentuk vocalizing, yuk simak saja cuplikan video-nya.

8. Pilih Lagu Yang Gampang Dulu

Nah ini nih masalah ego selanjutnya. Banyak banget orang yang pas belajar nyanyi, langsung kepingin belajar lagu yang menantang seperti, “She’s Gone”-nya Steelheart.

Padahal suaranya belum mampu mencapai nada-nada super tinggi yang ada dalam lagu Rock balada sejuta umat tersebut. Jadi turunkanlah dulu ego kita oke? Bahkan pelukis top saja, awalnya cuma gambar anak itik dan gunung.

Jadi pastikanlah nyanyi dulu lagu yang bagi kamu nada rendah-tingginya masih aman (terlepas fals atau tidak). Dan terus latih satu atau dua lagu tersebut berulang-ulang hingga semua nadanya terdengar sesuai.

Setelah itu kalau mau ganti lagu, ya silahkan. Tapi lakukanlah secara bertahap (gradually). Jangan dari yang tadinya kamu belajar “Love Yourself” Justin Bieber langsung loncat jadi “She’s Gone”Step by step oke?

9. Latih Kepekaan Nada

Nah sembari kamu belajar teknik-teknik vokal dan lagunya, pastikan kamu juga sekalian belajar kepekaan nada demi nada yang ada.

Banyak banget orang yang belajar nyanyi saking asyiknya, “ngulik” lagu baru, menjadi lupa akan hal ini. Alhasil iapun menjadi “tuli nada” (tone deaf). Padahal dalam bernyanyi, tahu nada adalah KEWAJIBAN yang gak bisa kita tawar.

Ya kalau kamu gak tahu nada, ya pasti setiap nada yang kamu keluarkan ya akan terdengar fals atau bahkan gak ada nadanya sama sekali. Apabila kamu latih terus, jamin deh. Lama-lama lagu-lagu Whitney Houston atau Adele, bisa kamu lahap banget.

10. Selalu Fit

1 Get Outside And Walk Fit And Healthy World
Sellau fit kondisi! | Pain Knowledge

Dan inilah langkah yang super duper vital. Pastikan kondisi tubuh dan kesehatanmu selalu fit. Karena dengan terjaganya kondisi, proses belajar nyanyi dan juga suara yang kita keluarkan akan selalu terdengar optimal.

Pasalnya, sekali kita sakit. Katakanlah flu. Suara yang kita akan keluarkan ya gak akan maksimal. Juga daya tahan kita untuk belajar, gak akan lama (gampang cape). Jadi ya, makan-makanan sehat, tidur cukup, dan rajin BEROLAHRAGA.

Dengan rajin berolahraga, akan memberishkan sekaligus memaksimalkan kekuatan paru-paru kita. Sehingga, ketika bernyanyi, kita bisa semakin mantap bahkan panjang dalam menahan nada-nadanya.

Nah itulah tadi 10 langkah jitu bagi kamu yang mungkin ingin belajar nyanyi. Semoga tips-nya bermanfaat ya!