MusikBerita Musik

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta, Lagu Yang Kerap Dibawakan Saat Upacara Bendera

Inilah lirik lagu mengheningkan cipta. Lagu yang kerap kita nyanyikan pada saat upacara bendera hari Senin.

Bagi kita yang masih sekolah, pastinya setiap hari Senin kita akan melakukan kegiatan upacara bendera. Nah di dalam kegiatannya tersebut, salah satu kegiatan yang kita lakukan adalah menyanyikan beberapa lagu nasional/wajib.

Dan salah satu dari deretan lagu wajib yang kita nyanyikan tersebut, ada lagu yang berjudul ‘Mengheningkan Cipta.’

Sejarah dan Asal-Usul Mengheningkan Cipta

lirik lagu mengheningkan cipta
Truno Prawit | Bicara Berita

Nah sebelum kita membahas lirik lagu ‘Mengheningkan Cipta,’ marilah kita bahas dulu sejarah dan asal-usul dari lagunya ini.

Melansir Tirto.id, lagu ‘Mengheningkan Cipta’ diciptakan oleh Truno Prawit. Truno adalah komposer yang lahir di Solo, Jawa Tengah pada tahun 1915. Ia mengasah kemampuan bermusiknya di Staf Musiek Kraton, Surakarta.

Selected for you
Lirik Lagu Waka Waka (This Time for Africa)

Selain menggubah ‘Mengheningkan Cipta,’ Truno juga menggubah beberapa lagu lain seperti: ‘Mars Diponegoro’, ‘Bersatulah’, ‘Hari Angkatan Perang’, ‘Indonesia Pusaka’, dan yang juga kita kenal banget lagunya, ‘Tanah Airku.’

Makna Lagunya

Masih terlansir dari sumber yang sama, makna lagu ‘Mengheningkan Cipta’ pada dasarnya adalah sebuah penghormatan (tribute) bagi seluruh Pahlawan Indonesia. Spesifiknya lagi, melalui lagu ini, ia ingin mengajak kita untuk tidak melupakan jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban untuk tanah air tercinta kita.

Berdasarkan fakta tersebut. Gak heran jika guru atau kepala sekolah yang menjadi inspektur upacara. Selalu mengingatkan untuk menundukkan kepala seraya memanjatkan nyanyian atau doa kepada seluruh pahlawannya.

Tidak Hanya Pada Upacara Bendera

Walau lagu ini memang identik dengan kenangan kita ketika melakukan upacara bendera setiap hari Senin. Namun faktanya, lagu ini bukan kita nyanyikan pada momen itu saja.

Selected for you
Lirik Lagu All I Want for Christmas is You, Lagu Natal Hit Mariah Carey

Dalam setiap perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, ‘Mengheningkan Cipta’ juga sering kita nyanyikan. Biasanya, lagu ini kita nyanyikan setelah menyanyikan lagu nasional, ‘Indonesia Raya.

Nah setelah mengetahui seluruh latar belakang lagunya ini. Yuk, mari kita sekarang simak ulasan lirik lagu ‘Mengheningkan Cipta’ berikut ini.

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta

Dengan seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja diribaan bendera
Bela nusa bangsa

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa
Harga jasa
Kau Cahya pelita
Bagi Indonesia merdeka

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications