Berita MusikMusik

Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa Beserta Sejarahnya

Inilah lirik lagu ‘Satu Nusa Satu Bangsa’ beserta sejarahnya. Selamat Hari Sumpah Pemuda ya guys!

Setelah kemarin kita membahas lirik lagu ‘Bangun Pemudi Pemuda.’ Maka kini kita akan membahas lirik dari lagu atau hymne yang juga identik banget dengan perayaan hari Sumpah Pemuda. Dan lagu tersebut adalah ‘Satu Nusa Satu Bangsa.’

Namun tentunya sebelum kita membahas dan menyanyikan lirik lagu ‘Satu Nusa Satu Bangsa,’ mari kita simak dulu sejarah singkat dari terciptanya lagu ini oke?

Sejarah Tercipta Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

lirik lagu satu nusa satu bangsa
L. Manik, pencipta lagu Satu Nusa Satu Bangsa | Opsi ID

‘Satu Nusa Satu Bangsa’ diciptakan oleh komposer Indonesia top, Liberty Manik atau yang juga dikenal dengan nama L. Manik. Manik, seperti yang terlansir dari Detik.com, terinspirasi untuk membuat lagu ini setelah meniliki balik akan vitalnya hari Sumpah Pemuda di Indonesia.

Masih berdasarkan sumber tersebut. Manik mengingkan lagunya ini menjadi propaganda semangat kebangsaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dan yap bisa kita katakan kalau keinginannya ini terkabulkan.

Pasalnya hingga detik ini. ‘Satu Nusa Satu Bangsa’ masih terus berkumandang setiap tanggal 28 Oktober. Dan, setiap kali kita mendengarkan lagunya ini. Semangat/jiwa nasionalisme yang kita miliki langsung berkobar hebat.

Band Cokelat Men-cover Lagunya

Nah lagu ini lantas menjadi populer lagi terlebih, di kalangan anak-anak muda pada tahun 2006. Hal ini karena pada tahun tersebut, band Rock-Alternatif top Indonesia, Cokelat, merilis versi mereka.

Versi cover Cokelat ini terdapat dalam album kompilasi kedua Kikan dan band-nya, Untukmu Indonesiaku (2006). Yang mana, album kompilasinya ini memang berkonsep sebagai tribute kecintaan mereka sebagai warga negara Indonesia.

Lalu melalui album ini jugalah. Lagu nasionalis citaan mereka sendiri, ‘Bendera,’ lahir dan hingga kini. Sukses menjadi salah satu lagu yang wajib diputar di setiap hari kemerdekaan RI.  Yang mana lagu tersebut merupakan ciptaan gitaris band Indonesia top, Sheila on 7, Eross Candra.

Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa (versi orisinil)

Satu nusa
Satu bangsa
Satu bahasa kita

Tanah air
Pasti jaya
Untuk Selama-lamanya

Indonesia pusaka
Indonesia tercinta
Nusa bangsa
Dan Bahasa
Kita bela bersama

*kembali nyanyikan lagunya (1x)*

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment