Sebenarnya Apa Sih Makna Lagu Green Day, Wake Me Up When September Ends?

in ,
Green Day Wake Me Up When September Ends
Green Day | Lacoope

Gak memungkiri lagu milik grup Rock, Green Day, “Wake Me Up When September Ends” enak dan shaydu banget dalam kedua telinga kita.

Lagu yang terdapat dalam album “American Idiot” (2004) ini memulai semuanya, dengan dentingan chord akustik pembuka vokalis sekaligus pencipta lagunya, Billie Joe Armstrong.

Setelah itu vokal Billy yang terdengar jauh lebih rapuh dan lirih, masuk serasi dengan chord-chord nya itu. Namun walau terdengar syahdu, gak memungkiri beberapa dari kita masih bingung dengan makna liriknya.

Semakin bingung ketika video klip-nya rilis. Sebelum menjelaskan lebih jauh, berikut adalah tampilan video klip-nya tersebut.

Ya seperti yang kamu lihat, video klipnya menampilkan pria yang meninggalkan pasangan wanitanya untuk perang.

Tak ayal ketika melihatnya, kita langsung berasumsi kuat bahwa lirik lagunya mengenai pengharapan si wanita untuk bisa bangun lagi ketika September berakhir. Dan ketika bangun, ia berharap bisa melihat kembali pahlawannya tersebut.

Sekali lagi memang tidak salah juga. Karena video klip-nya sendiri mengimplikasikan demikian. Atau ada juga yang menganggap lagu ini, mengkritik perang Amerika-Serikat dan Afghanistan 2004 yang kala itu, ingin menangkap Osama bin-Laden.

Tapi sayangnya semuanya itu salah total guys.

Lagu Untuk Ayah Tercinta

1229049057
Green Day |Pikiran Rakyat

Jadi inspirasi Billy menciptakan lagu “Wake Me Up When September Ends”, adalah dari ayah kandungnya dulu.

Spesifiknya, “Wake Me Up When September Ends” bercerita tentang rasa kehilangan Billie Joe atas meninggalnya sang ayah akibat penyakit kanker, tahun 1982.

Pasca mengetahui kepergian sang ayah, Billie mengalami guncangan jiwa yang sangat besar. Rasa tidak percaya serta luka yang mendalam membuat Billie lebih memilih untuk tetap berada dalam kamar. Alias, ia enggan untuk ikut melayat.

Sebenarnya sih kalau kamu cermat ketika membaca lirik demi liriknya, bisa langsung ketahuan sih guys.

Awalnya Ingin Dirilis Tahun 2002

Awalnya lagu ini ingin Green Day rilis dalam dalam album kompilasi Shenanigans tahun 2002.

Tapi karena kondisi mental Billie yang belum sepenuhnya pulih dan siap untuk menyanyikan dan merekam lagunya, alhasil, “Wake Me Up When September Ends” baru rilis 2 tahun kemudian.

Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan pengungkapan keren ini guys?