10 Anime Slice of Life Terbaik yang Wajib Ditonton

in ,
Aria The Animation

Anime Slice of Life termasuk salah satu genre yang paling diminati banyak orang. Banyak orang menyukai genre ini, karena memiliki ciri khas cerita yang santai, mudah dipahami, dan bisa jadi bahan hiburan melepas penat sehabis beraktivitas seharian.

10. Anime Slice of Life Terbaik

Lalu kira-kira, apa saja 10 anime rekomendasi genre slice of life dari Dafunda? berikut daftarnya :

1. Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Ookami kodomo no Ame to Yuki

List kali ini saya buka dengan sebuah anime movie karangan Mamoru Hosoda. Wolf Children bercerita tentang Hana, seorang Mahasiswi yang menikahi manusia serigala bernama Ookami. Hana harus membesarkan kedua anaknya (yang juga manusia serigala) seorang diri, karena ayah mereka yang meninggal saat mereka masih kecil.

JANGAN LEWATKAN •
19 Rekomendasi Anime Comedy Terbaik Dan Tergokil, Bikin Betah Nonton Seharian!

Hana pindah ke desa terpencil. Di sana, Hana belajar cara bertani, bertahan hidup, sembari merawat kedua anaknya, mendidik dan menyekolahkan mereka.

2. Non Non Biyori

Non Non Biyori
Non Non Biyori

Non Non Biyori, bercerita tentang kehidupan sehari-hari 5 orang siswa di desa Asahigaoka. Serba menyenangkan, penuh warna, penuh canda dan tawa. Kita sebagai penonton diajak menikmati pemandangan desa yang menakjubkan, dibalut dengan backsound yang menentramkan hati, dan karakter yang lovable.

Salah satu karakter yang menarik perhatian adalah Renge Miyauchi.  Duduk di kelas 1 SD, dengan sifatnya yang cerdas, memiliki rasa ingin tau yang tinggi dan memiliki ciri khas dengan kata “Nyanpasu!”.

3. Tsuritama

Tsuritama Sub Indo

Tsuritama adalah anime dengan tema mancing mania. Yuki Sanada sering berpindah-pindah sekolah karena alasan pekerjaan orang tua. Sehingga dia sulit memiliki teman dan mudah gugup ketika berbicara.

Tapi semua itu berubah ketika ia pindah ke Enoshima dan bertemu Haru yang mengaku dia adalah seorang alien. Semenjak itu, kehidupan Yuki berubah menjadi penuh keseruan dan hal-hal baru. Termasuk misi menyelamatkan bumi dari alien yang bersembunyi di dalam laut.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 15 Anime yang Aman Untuk Ditonton Saat Bulan Ramadhan

4. Barakamon

Barakamon Sub Indo

Barakamon, bercerita tentang seorang penulis kaligrafi terkenal bernama Handa Seishuu yang pindah ke sebuah pulau kecil bernama Pulau Goto. Ia disuruh pindah ke pulau tersebut oleh ayahnya setelah ia memukul seorang kurator tua di sebuah acara pesta penghargaan.

Di pulau ini dia bertemu anak perempuan kecil bernama Kotoishi Naru di rumah barunya. Sejak bertemu Naru dan kawan-kawan, kehidupan Handa menjadi penuh warna dan dia belajar banyak hal.

Mampukah Handa menstabilkan emosinya lagi? mampukah dia beradaptasi di desa yang jauh dari teknologi modern? mampukah ia menemukan gaya unik dari kaligrafinya sendiri? tonton anime ini hingga selesai!

5. Gin no Saji

Silver Spoon

Hachiken ingin merasakan hidup sendiri, jauh dari orang tuanya, jadi dia disarankan untuk masuk SMA pertanian oleh SMP-nya. Dia memang punya kemampuan yang hebat dalam belajar dan merasa tak masalah mau ditempatkan sekolah mana pun.

JANGAN LEWATKAN •
Subarashii! Inilah 35+ Rekomendasi Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Tapi ternyata dia salah. Karena terbiasa hidup di kota, dia kaget dengan kehidupan ala orang desa yang notabene bertani dan beternak, jauh dari perkiraannya. Sementara semua temannya di SMA tersebut memiliki tujuan kenapa sekolah di situ, Hachiken malah tak punya tujuan sama sekali. Cerita yang dipenuhi keringat, air mata, dan noda lumpur ini pun dimulai.

6. Bakuman


Bakuman Season 1Bakuman, anime yang bercerita tentang perjuangan 2 anak SMP Moritaka Mashiro dan Akito Takagi dalam mencapai cita-cita mereka menjadi Mangaka. Diwarnai kisah percintaan antara Moritaka Mashiro dan Azuki Miho yang berkomitmen akan menikah setelah keduanya sukses di bidang nya masing.

Di anime ini, kita bisa belajar tahap demi tahap membuat manga, bagaimana ketatnya persaingan antar mangaka, dan tips-tips apa saja yang membuat sebuah manga bisa laris manis di pasaran.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 30 Detik Potongan dari Seri Anime Shirobako Lewat PV Ketiganya di D Anime Store

7. Great Teacher Onizuka

GTO

GTO, Mengisahkan seorang ketua geng motor, Onizuka Eikichi, yang berkeinginan untuk menjadi The Best Teacher. Perjalanannya menuju guru teladan penuh rintangan.

Di anime ini, kita belajar bagaimana seorang guru seharusnya bersikap kepada muridnya, yaitu menjadikan murid seperti sahabat guru itu sendiri. Onizuka banyak membantu permasalahan pribadi yang dihadapi murid-muridnya, seperti bullying, keluarga broken home, masalah murid dengan pacar, dan lain-lain.

8. Shirobako

Shirobako, anime yang bisa membuat kita tahu bagaimana para staff membuat Anime secara step by step. Begitu pula dengan suka dan duka dalam proses pengerjaannya.

Menceritakan tentang 5 orang gadis yang telah lulus SMA dan berkeinginan untuk bekerja di studio anime. Impian mereka adalah dapat membuat anime bersama-sama dalam satu studio, seperti saat mereka masih SMA dulu.

9. Usagi Drop

Bunny Drop

Usagi Drop menceritakan Daikichi Kawachi, lajang berusia 30 tahun yang terpaksa harus merawat seorang anak berusia 6 tahun, Rin Kaga. Fakta mengejutkan, ternyata Rin adalah anak dari kakeknya Daikichi, hasil hubungan gelapnya dengan gadis muda yang bekerja sebagai mangaka.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah Karakter Baru Yang Akan Hadir Dalam Anime Non Non Biyori Season 3

Berhubung Ibu kandung Rin ini terlalu sibuk bekerja sebagai seorang mangaka, dia tega menelantarkan anaknya dan dititipkan di rumah Kakek Daikichi. Karena kakek sudah meninggal, tidak ada sanak saudara kakek yang ingin merawat Rin, kecuali Daikichi.

Di sini, kita bisa belajar banyak betapa repotnya mengurus anak kecil seorang diri sambil bekerja kantoran.

10. Aria Series

Aria The Animation, Aria The Origination

Anime ini terbagi menjadi 3 season dan 1 OVA penghubung, yaitu Aria The Animation, Aria The Natural, Aria The OVA: Arietta dan terakhir Aria The Origination.

Bercerita tentang Akari Mizunashi, seorang gadis energik yang berkeinginan untuk menjadi seorang Undine Profesional. Undine merupakan julukan pemandu wisata di Neo-Venezia menggunakan Gondola. Di anime ini, kita bisa melihat betapa indahnya pemandangan kota buatan manusia di Mars di abad ke-24.

Anime yang akan membuat pikiran dan hati kita tenang, dengan kehidupan sehari-hari para tokoh. Meski perkembangan jalan ceritanya terkesan lambat dan membosankan, banyak juga pelajaran kehidupan yang bisa kita petik dari anime ini.

JANGAN LEWATKAN •
22 Karakter Cewek Anime Dandere (Waifu Terbaik), Paling Kawaii Dan Populer

Bagaimana dengan list rekomendasinya? tentu sebenarnya masih banyak lagi anime slice of life yang layak untuk ditonton. Tapi karena keterbatasan tempat, untuk kali ini cukup 10 anime utama di atas saja yang kami sediakan.