Anime & MangaOtaku

Inilah Alasan Mengapa Anggota Akatsuki Menggores Ikat Kepala Mereka

Pada masa dahulu, organisasi Akatsuki dalam seri animanga Naruto di kenal sebagai kelompok yang berasal dari desa Amegakure. Seiring berjalannya cerita, terjadi perubahan yang membuat anggota-anggotanya bukan lagi berasal dari desa Amegakure. Melainkan para ninja pelarian dari desa-desa ninja lainnya.

Uniknya, beberapa ninja pelarian itu masih mengenakan ikat kepala atau pelindung dahi yang mencerminkan dari desa ninja mana seorang anggota Akatsuki berasal. Namun, yang membedakan adalah tanda goresan atau garis horizontal di bagian tengahnya.

Ternyata, penggambaran tersebut ada maknanya tersendiri, loh. Dan di kesempatan ini, kami bakalan memberi tahu kalian apa alasannya. Serta kapan ikat kepala bergaris itu pertama kali di perlihatkan dalam seri anime maupun manga Naruto. Jadi langsung saja ini dia pembahasannya.

Tanda Seorang Ninja Tidak Berhubungan Lagi Dengan Desa Asalnya

Tv Tokyo Naruto Shippuden Akatsuki
Anggota Akatsuki | ShockWaveDude, Villain Wiki

Secara kasar, para Shinobi di seri animanga Naruto layaknya seorang pekerja yang tentu saja tujuannya adalah sebagai mata pencaharian. Para ninja ini tentu harus terdaftar dari desa tempatnya berasal sehingga pihak desa bisa memanggil mereka kapanpun mereka bersedia.

Namun untuk para Shinobi pelarian, mereka tidak akan bisa pergi dengan tenang. Karena desa asalnya akan menempatkan mereka dalam daftar pencarian orang yang di iming-imingi dengan imbalan uang. Sehingga, banyak dari mereka terutama yang berada di organisasi Akatsuki melakukan memberikan goresan di ikat kepala atau pelindung dahinya itu.

Tindakan ini bisa mencerminkan dua hal. Pertama adalah mereka tidak lagi berhubungan dan secara terbuka memberitahu jika dia tidak akan kembali desa tempatnya berasal. Kedua, tindakan ini berarti menunjukkan loyalitas mereka kepada organisasi Akatsuki.

Kapan Pertama Kali Seorang Anggota Akatsuki Menggores Ikat Kepalanya

Tv Tokyo Naruto Shippuden Itachi
Anggota Akatsuki menggores ikat kepalanya | TV Tokyo

Sebetulnya, tidak di ketahui pasti kapan tren menggores ikat kepala untuk anggota Akatsuki dimulai. Belum lagi dalam sejarahnya, Akatsuki awalnya adalah organisasi yang secara halus melawan kebijakan Hanzo sebagai pemimpin desa Amegakure.

Namun ketika organisasi ini mulai mengumpulkan Shinobi pelarian terkuat. Beberapa dari mereka selalu melakukan hal yang sama. Yakni menggores ikat kepala yang mereka punya. Debut dari momen ini ada dalam anime Naruto: Shippuden episode 114. Yang menceritakan bagaimana Itachi Uchiha bergabung dengan Akatsuki.

Lalu pada filler yang menceritakan berkumpulnya 9 anggota Akatsuki. Ada yang secara langsung di perlihatkan menggores ikat kepala mereka, sebagiannya pun tidak di perlihatkan. Sehingga siapa yang memulai tren tersebut hingga kini belum di ketahui.


Itulah tadi sedikit penjelasan singkat bagaimana para anggota Akatsuki kerap menggores ikat kepala yang mereka kenakan. Setelah membacanya, gimana nih tanggapan kalian?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment