10 Rekomendasi Anime Yang Memiliki Tema Tentang Militer

in , ,
Rekomendasi Anime Militer
Rekomendasi Anime Militer

Dalam dunia animasi banyak studio yang berlomba-lomba untuk membuat anime yang menarik bagi para penonton, contohnya seperti anime action, fantasy, comedy, dan sebagainya. Namun kita tidak akan membahas beberapa genre anime yang sudah disebutkan diatas. Tapi kali ini Dafunda otaku akan membuat beberapa rekomendasi anime yang bertema tentang militer.

Mungkin bagi kalian yang sudah bosan dengan anime dengan genre gitu-gitu aja, setidaknya rekomendasi ini bisa menambah daftar referansi baru untuk tontonan anime kalian. Penasaran dengan rekomendasi anime yang bertema militer? Mari kita lihat listnya dibawah ini.

Daftar Rekomendasi Anime Bertema Militer

1. Youjo Senki

Rekomendasi anime militer Youjo Senki
Youjo Senki|©Carlo Zen, Shinobu Shinotsuki, Nut

The Saga of Tanya the Evil adalah novel Jepang karya Carlo Zen dan Shinobu Shinotsuki. Namun, novel ini awalnya terbit secara daring melalui situs web Arcadia sejak 2012. Kemudian Enterbrain membeli hak atas novel ini dan telah terbit sejak bulan Oktober 2013.

JANGAN LEWATKAN •
Film "Shingeki No Kyojin" Bagian Kedua Akan Tayang di Indonesia Akhir Bulan ini

Tanya Degurechaff adalah seorang prajurit muda yang terkenal karena kekejaman dan bakat taktis yang luar biasa, membuatnya mendapat julukan Iblis Rhine. Faktanya dibalik penampilannya, terletak jiwa seorang pria yang menantang Tuhan. Oleh karena itu Dewa pun mereinkarnasi pria tersebut menjadi seorang gadis kecil.

Tayang6 Januari, 2017 sampai 31 Maret, 2017
StudioNut
GenreAction, Military, Magic
Score8.03

2. Owari no Seraph

Owari No Seraph
Owari No Seraph|©Takaya Kagami, Yamato Yamamoto, Wit Studio

Seraph of the End adalah sebuah seri manga Jepang karya Takaya Kagami dan Yamato Yamamoto. Komik ini pertama kali terbit melalui majalah Jump SQ sejak September 2012.

Dengan munculnya virus misterius yang membunuh semua orang, umat manusia menjadi budak bagi vampir yang sebelumnya bersembunyi dan haus kekuasaan, mereka menundukkan masyarakat dengan janji melindungi yang selamat, dengan imbalan sumbangan darah mereka.

Kemudian diantara mereka yang selamat ada Yuuichirou dan Mikaela, bersama dengan anak-anak lain yang mereka anggap keluarga. Karena tidak puas diperlakukan seperti ternak, Mikaela pun membuat rencana pelarian yang akhirnya gagal total.

JANGAN LEWATKAN •
10 Karakter Anime Perempuan Yang Cintanya Bertepuk Sebelah Tangan

Namun satu-satunya yang selamat adalah Yuuichirou, ia pun ditemukan oleh Moon Demon Company, sebuah unit militer yang bertujuan untuk membasmi vampir.

Tayang4 April, 2015 sampai 20 Juni, 2015
StudioWit Studio
GenreAction, Military, Supernatural, Drama, Vampire, Shounen
Score7.51

3. Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Rekomendasi anime militer Code Geass
Code Geass|©Sunrise, CLAMP

Kemudian ada Code Geass, anime ini merupakan film original hasil kerja sama antara studio Sunrise dengan CLAMP.

Dikisahkan pada tahun 2010, Kekaisaran Suci Britannia menetapkan negaranya sebagai negara militer yang dominan, Kemudian Britannia pun menaklukan Jepang.

Kemudian Jepang pun berganti nama menjadi Area 11 setelah kekalahan nya yang cepat. Namun, Lelouch Lamperouge seorang mahasiswa Britannia, terjebak dalam baku tembak antara Britannian dan angkatan bersenjata pemberontak Area 11.

Dia mampu kabur berkat bantuan dari seorang gadis misterius bernama C.C., dan kemudian menganugerahkan kepadanya Geass, Kekuatan Raja. Menyadari potensi besar dari kekuatan tersebut, Lelouch memulai perjalanan berbahaya sebagai teroris bertopeng, serta memimpin serangan tanpa ampun terhadap Britannia untuk membalas dendam.

JANGAN LEWATKAN •
24 Rekomendasi Anime Fantasy & Supernatural Terbaik Dengan Kisah Yang Paling Seru!
Tayang6 Oktober, 2006 sampai 29 Juli, 2007
StudioSunrise
GenreAction, Military, Sci-Fi, Super Power, Drama, Mecha, School
Score8.73

4. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist
Fullmetal Alchemist|©Hiromu Arakawa, Bones

Kemudian ada Fullmetal Alchemist: Brotherhood, series ini merupakan adaptasi dari komik karya Hiromu Arakawa. Manga ini telah terbit melalui majalah Monthly Shonen Gangan sejak tahun 2002.

Bercerita tentang Edward dan Alphonse, mereka adalah kakak beradik, selain itu mereka juga seorang Alkimiawan muda. Demi menghidupkan kembali ibunya yang sudah mati, mereka berdua melakukan transmutasi manusia.

Namun ksrena hal tabu yang mereka lakukan, Edward kehilangan kaki kirinya, sedangkan Alphonse kehilangan tubuhnya. Berharap bisa menyelamatkan adiknya, Edward pun kemudian mengorbankan tangannya.

Tayang5 April, 2009 sampai 4 Juli, 2010
StudioBones
GenreAction, Military, Adventure, Comedy, Drama, Magic, Fantasy, Shounen
Score9.22

5. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Rekomendasi anime militer Gate Jieitai
Gate Jieitai|©Takumi Yanai, Daisuke Izuka, Kurojishi, A-1 Pictures

Selanjutnya ada Gate, series ini merupakan serial novel fantasy Jepang karya Takumi Yanai, Daisuke Izuka dan Kurojishi. Namun novel ini awalnya terbit melalui situs website Arcadia sejak 2006 sampai 2019. Serial ini terbit melalui AlphaPolis sejak April 2010 sampai Juli 2013.

Youji Itami, sedang dalam perjalanan untuk menghadiri konvensi doujin, tiba-tiba munculah sebuah gerbang besar misterius. Dari gerbang tersebut muncul beberapa monster dan prajurit yang memakai baju besi abad pertengahan.

JANGAN LEWATKAN •
Levi Vs Paman Levi Ackerman Diperlihatkan Lewat Cuplikan Trailer Shingeki no Kyojin Season 3

Mahluk itu menghancurkan semuanya. Dengan tindakan cepat, Youji menyelamatkan nyawa sebanyak yang ia bisa sementara sisa JSDF mengarahkan upaya mereka untuk menghentikan invasi tersebut. Tiga bulan kemudian Itami mendapatkan tugas untuk memimpin pasukan khusus JSDF untuk dikirim ke dunia lain.

Tayang4 Juli, 2015 sampai 19 September, 2015
StudioA-1 Pictures
GenreAction, Adventure, Fantasy, Military
Score7.77

6. Attack on Titan

Attack On Titan
Attack On Titan|©Hajime Isayama, Wit Studio

Rekomendasi anime militer yang ke 6 ada Shingeki no Kyojin. Ini adalah sebuah seri manga Jepang karya Hajime Isayama yang diterbitkan oleh Kodansha melalui majalah Bessatsu Shōnen Magazine pada September 2009 sampai sekarang.

Berabad-abad yang lalu, umat manusia mendekati kepunahan karena makhluk mengerikan yang bernama titan, mereka memaksa manusia untuk bersembunyi dalam ketakutan di dalam dinding yang sangat besar.

Kemudian Eren Yeager mendedikasikan hidupnya untuk membantai mahluk tersebut dengan mendaftar ke unit militer elit yang memerangi titan.

JANGAN LEWATKAN •
Anime Shingeki no Kyojin Season 2 umumkan jajaran Staf, Pengisi suara, dan visual Baru
Tayang7 April, 2013 sampai 29 September, 2013
StudioWit Studio
GenreAction, Military, Mystery, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen
Score8.44

7. Aldnoah Zero

Rekomendasi anime militer Aldnoah Zero
Aldnoah Zero|©A-1 Pictures, TROYCA

Selanjutnya ada Aldnoah Zero, anime ini merupakan series Original karya dari studio A-1 Pictures dan TROYCA.

Setelah menemukan robot yang bernama Aldnoah, Kekaisaran Vers Mars medeklarasi perang untuk melawan Bumi.

Lima belas tahun kemudian, siswa SMA Inaho Kaizuka menyaksikan pembunuhan yang terjadi kepada Putri Kekaisaran Vers Asseylum yang bernama Vers Allusia. Dia telah datang ke Bumi dengan harapan memperbaiki hubungan antara kekaisaran dan tanah airnya. Gencatan senjata hancur, dan Mars menyatakan perang terhadap Bumi sekali lagi.

Di samping itu, Inaho dan teman-temannya harus berjuang melawan Kekaisaran Vers untuk menyelesaikan perang.

Tayang6 Juli, 2014 sampai 21 September, 2014
StudioA-1 Pictures, TROYCA
GenreAction, Military, Sci-Fi, Mecha
Score7.46

8. Girls & Panzer

Girls Panzer
Girls Panzer|©Actas

Kemudian anime Girls und Panzer, series ini merupakan serial television Jepang original karya studio Actas pada tahun 2012.

Tayang9 Oktober, 2012 sampai 25 Maret, 2013
StudioActas
GenreAction, Sports, Military, School
Score7.57

Senshadou adalah olahraga tradisional yang berbasis eliminasi, para pesertanya memakai tank era Perang Dunia II untuk bertanding.

JANGAN LEWATKAN •
PV Terbaru Anime Code Geass Season 3 Tampilkan Lebih Banyak Karakter

Olahraga ini banyak dipraktekkan oleh perempuan, selain itu Senshadou diiklankan sebagai bentuk seni yang ditujukan untuk membuat wanita lebih menonjol dalam budaya dan menarik bagi pria.

Menjadi fenomena di seluruh dunia dari waktu ke waktu, pengaruh senshadou mengarah pada penciptaan kejuaraan dunia yang akan segera diadakan di Jepang.

9. Nejimaki Seirei Senki: Tenkyou no Alderamin

Rekomendasi anime militer Nejimaki Seirei Senki
Nejimaki Seirei Senki|©Bokuto Uno, Sanbasō, Ryūtetsu, Madhouse

Lalu ada Alderamin on the Sky yang merupakan sebuah novel Jepang karya Bokuto Uno, Sanbasō dan Ryūtetsu. Novel ini telah terbit oleh ASCII Media Works pada Juni 2012 sampai Agustus 2018.

Ikta Solork adalah seorang pemuda riang yang hanya menginginkan dua hal dalam hidup yaitu, seorang wanita dan tempat untuk tidur siang. Namun, kehidupan damainya hancur ketika perang pecah antara Kekaisaran Katjvarna dan Republik Tetangga Kioka.

Ikta dan teman masa kecilnya, Yatorishino Igsem, bergabung dengan tentara sebagai perwira militer, lalu mereka bertemu infanteri Matthew Tetojirichi, penembak jitu Torway Remion, dan petugas medis Haroma Becker.

Tayang9 Juli, 2016 sampai 1 Oktober, 2016
StudioMadhouse
GenreAction, Adventure, Fantasy, Military
Score7.76

10. Macross Delta

Macross Delta
Macross Delta|©Satelight

Dan yang terakhir ada Macross Δ yang merupakan serial original televisi anime fiksi ilmiah karya studio Satelight.

Delapan tahun setelah peristiwa Macross F, kemudian tiba-tiba fenomena misterius yang dikenal sebagai Sindrom Var secara bertahap memakan galaksi. Kemudian Walkure dan generasi baru pilot Valkyrie harus berjuang untuk menyelamatkan dunia.

Namun hal itu tidak mudah, karena Tim tempur Aerial Knights Valkyrie datang untuk menentang Walkure dan pilot Valkyrie.

Tayang3 April, 2016 sampai 25 September 2016
StudioSatelight
GenreAction, Military, Sci-Fi, Music, Space, Romance, Mecha
Score7.26

Demikian pula rekomendasi anime yang bertema tentang militer, nah setelah melihat daftar anime yang kami sebutkan, anime mana nih yang kalian sukai?

Kunjungi terus Dafunda agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.