Sudah lama tidak berjumpa dengan saya, bukannya tanpa alasan. Sehubungan dengan Perayaan Idul Adha. Banyak sekali aktivitas dunia nyata yang harus saya lakoni. Sehingga Untuk Di dunia maya sendiri sudah terlalu sulit untuk saya Cover.

Sudah cukup curhatnya, Kali ini saya ingin membahas sebuah topik yang kira – kira sangat menarik untuk di perbincangkan. Apa itu? sesuatu Judulnya yaitu apa yang di maksud dengan Filler? Artikel ini saya buat sehubungan dengan banyaknya pertanyaan teman yang kebingungan sendiri dengan “Filler” di dalam anime.

Pertama, marilah kita telusuri terlebih dahulu asal mula episode selingan dan juga dimana saja istilah ini di pakai. Berikut Penjabarannya :

Pengertian Filler Di dalam Anime

Secara bahasa, Filler artinya adalah Pengisi atau Tambahan. Ada juga beberapa orang mengartikan Filler dengan maksud Episode Selingan. Sehingga maksud Dari Filler sendiri adalah Episode Pengisi atau Tambahan yang ada di dalam anime yang biasanya tidak mengikuti Alur atau cerita yang ada pada karya orisinilnya (Biasanya Manga) dan sering sekali muncul di saat – saat yang tidak pasti.

JANGAN LEWATKAN
Arti Kata Sekuel dalam Anime

Penggunaan Filler di Dalam Anime

Kapan Episode Filler atau pengisi di gunakan? Saya rasa untuk jawabannya cukup mudah. yaitu saat tidak ada bahan cerita yang bisa di gunakan dari karya orisinilnya. seperti yang kita tahu, terkadang adaptassi anime bisa lebih cepat mengejar karya orisinilnya. Untuk mengatasinya, Episode Filler adalah solusinya, Jadi Anime tidak perlu hiatus untuk menunggu datangnya cerita baru dari karya orisinil. Sehingga kamu bisa terus menikmati anime tersebut.

Ciri – Ciri Episode Filler di dalam Anime

Mungkin banyak di antara kamu bertanya – tanya, yang mana sih Episode selingan tersebut? perasaan Enggak ada bedanya? memang untuk kamu yang hanya menonton anime tidak akan mengetahui mana yang merupakan Episode filler tanpa membaca atau mengikuti Cerita dalam karya orisinil seperti manga. Tapi kamu masih bisa mengetahui Episode tersebut merupakan Episode Filler Jika mengetahui ciri – ciri sebagai Berikut:

  • Jika Alur Ceritanya agak berbeda dari Karya Orisinil, kalau kamu menonton Anime Sekaligus mengikuti karya orisinilnya. Pastinya akan menemukan episode yang ceritanya agak berbeda bahkan bisa sangat berbeda dengan yang ada di Komik / Manga. Hal ini sering sekali terjadi dan dapat menjadi sebuah ciri kalau episode yang ceritanya berbeda itu adalah Episode Filler.
  • Jika Kamu menemukan Karakter baru yang tidak dapat di temukan di karya orisinil, terkadang ada sebuah episode yang menampilkan karakter yang tidak dapat kamu temukan di karya Orisinilnya. Pastinya ini menandakan kalau episode tersebut merupakan Episode tambahan.
  • Beberapa Flashback yang tidak di tampilkan di Karya orisinil, ada juga Episode selingan yang isinya merupakan cerita Flashback yang tidak dapat kamu temukan di dalam Karya orisinilnya.
JANGAN LEWATKAN
Arti Dari Kalimat "Waifuu mu Lacur Mz"?

Anime Yang Menggunakan Episode Filler

Akhirnya muncul juga pertanyaan yang seperti ini, Anime mana yang sering menggunakan Episode Filler? Jawabannya saya rasa cukup mudah. Anime yang memiliki episode yang rata – rata Panjang dan juga sangat di sukai oleh khalayak ramai. Contonya? Anime seperti Naruto di katakan memiliki Episode selingan lebih dari 45% Episodenya. Enggak kebayangkan? dan juga ada juga Anime One Piece yang episode Filler nya sendiri merupakan episode singkat guna mendapatkan cerita baru dari Sang mangakanya, atau Bleach yang menggunakan Episode Filler sebagai cerita tambahan sebagai pemanis, atau mungkin anime gintama yang episode Filler nya bisa membuat anda gila untuk menontonnya.

JANGAN LEWATKAN
Arti dari Kata Himouto (Himouto! Umaru-chan)

Maksud / Kegunaan Episode Filler di dalam anime

Saya sudah menjelaskan Pengertian Episode selingan, dan juga penggunaan maupun ciri nya. Terus Apa sih maksud atau kegunaan Episode selingan ini? Berikut beberapa kegunaan Episode filler yang saya dapatkan dari berbagai sumber :

  • memperpanjang Jalan Cerita anime, Seperti yang kita ketahui. banyak sekali manga yang tidak ingin menamatkan Karyanya secepat itu. Karena apa? membuat plot itu sungguh sulit teman. Sehingga lebih baik mengembangkan Plot cerita yang sudah ada dari pada membuat yang baru dan belum tentu di sukai pembaca. Mengetahui hal ini tentunya yang adaptasi Anime (Studio Produksi anime) membuat episode pengisi sehingga bisa lebih memberikan nilai lebih pada anime.
  • Memperlambat jalan cerita, Saya sudah menjelaskan kalau pembuat karya orisinil lebih memilih untuk mengembangkan cerita dari pada membuat karya baru bukan? ada satu lagi masalahnya. Anime yang rata -rata berdurasi 20 Hingga 27 Menit dan di tayangkan tiap minggu tidak bisa di sandingkan dengan Manga yang hanya 1 Chapter perminggunya. Mengetahui hal ini Studio Produksi anime membuat episode selingan sehingga bisa memberikan waktu kepada pengarangnya untuk mengembangkan cerita dan merilis chapter selanjutnya.
  • Memperjelas Plot yang Bolong, Kamu tahukan? kalau terkadang ada sebuah karya yang jalan ceritanya sungguh tidak bisa di mengerti? untuk itu Staff produksi anime membuat sebuah Episode yang bisa memperjelas cerita dan juga sebagai pelengkap cerita dari karya orisinilnya.
  • Memberikan Informasi serta tokoh baru yang tidak terdapat di dalam manga, walaupun tidak terlalu penting. Episode selingan juga memberikan tambahan informasi serta karakter yang tidak kita ketahui di dalam manga.
JANGAN LEWATKAN
Arti Kata Sekuel dalam Anime

Itulah dia penjelasan singkat saya tentang Episode selingan, jika masih ada hal yang ingin di tanyakan Silahkan bertanya melalui Kolom Komentar. jangan jadi pembaca hantu ya 😀

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.