Studio Ghibli Inc. adalah salah satu studio anime yang terkenal di Jepang. Salah satu karyanya yang mengangkat namanya adalah Nausicaä of the Valley of the Wind. Dibuat oleh Film Director terkenal asal Jepang,  Hayao Miyazaki dan Isao Takahata, Studio Ghibli sukses mendapatkan banyak penghargaan bergengsi di industri perfilm-an Jepang. Di dalam proses membuat sebuah kartun animasi, atau anime, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Proses tersebut tidak hanya melibatkan sang animator dan keahlian artistiknya, tetapi elemen-elemen lain juga mendukung proses pembuatannya terutama dari sisi hardware dan software. Software untuk pembuatan anime sangatlah mahal dan tidak semua orang bisa memilikinya.

Ghibli-02Akan tetapi, keadaan akan berubah karena Studio Ghibli akan memberikan software yang digunakannya untuk membuat Princess Mononoke secara gratis pada tanggal 26 Maret 2016.

Ghibli-01Program yang bernama Toonz ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1993 oleh Digital Video, dan sudah meluncurkan berbagai varian program yang banyak digunakan oleh rumah produksi; salah satunya adalah Studio Ghibli dalam membuat Princess Mononoke. Belakangan ini, Digital Video menandatangani kontrak kerja sama dengan Dwango, salah satu perusahaan media house di Jepang dengan tujuan agar Dwango dapat mengambil alih Toonz. Namun perjanjian ini tidak mudah bagi Dwango karena dalam kontrak kerjasama itu, Dwango harus menerbitkan dan mengembangkan sebuah software open-source berbasis Toonz yang dinamakan Open Toonz. Software inilah yang nantinya bernama Toonz Studio Ghibli Version yang akan menjadi dapat di-download dengan gratis. Namun Digital Video akan terus melanjutkan pengembangan Toonz dengan model bisnis open-source, di mana Digital Video akan mendapatkan keuntungan melalui instalasi, layanan, pelatihan, dan jasa spesialisi. Bagi kamu yang ingin memulai membuat anime-mu sendiri secara profesional, kamu bisa mencoba memulainya dari tanggal 26 ini, software ini adalah salah satu cara yang tepat bagi kamu yang ingin mencoba membuat anime-mu sendiri. Bagaimana? adakah yang sudah berniat ingin mencobanya? Pasti dong.

 

SOURCERocketnews
BAGIKAN
Raudhatul Husna
Ice Princess ✿ [LARVA]