Inilah Alasan Mengapa Streaming Anime Lebih Laris Ketimbang Disknya!

in ,
Files Anime 08

ITmedia menerbitkan artikel pada 13 November. Berjudul “Beberapa Judul Telah Menghentikan Rilis Video Rumah Mereka, Apakah Disc Anime Mereka Mati?“. Penulis dan jurnalis Tadashi Sudo menyoroti penurunan penjualan disc fisik atau kaset di Jepang dalam beberapa tahun terakhir. Dan berpendapat bahwa ini disebabkan oleh popularitas layanan Streaming Anime serta meluapnya judul anime baru.

Sudo memulai dengan menyoroti insiden pada bulan September ketika komite produksi Phantom in the Twilight mengumumkan bahwa penjualan Blu-ray anime dibatalkan karena berbagai keadaan. Sudo berspekulasi bahwa alasan sebenarnya adalah karena penjualannya mengecewakan.

Inilah Alasan Mengapa Kaset Anime Tidak Dijual!

Inilah Alasan Mengapa Kaset Anime Tidak Dijual!

Sudo berpendapat tentang Insiden mengenai Phantom in the Twilight, terletak dalam konteks penurunan disk fisik di Jepang. Di Pasar menyusut lebih dari 30% antara tahun 2014 dan 2016.

Bahwa anime tayang pada larut malam ini secara tradisional bergantung pada penjualan disk untuk pendanaan. lebih banyak anime yang dibuat sekarang daripada sebelumnya setelah penurunan disc fisik mereka. Salah satu alasannya adalah karena video streaming sebagian besar menggantikan penjualan disk, bahkan di pasar sewa. Alasan lain adalah karena komite produksi sendiri semakin kurang bergantung pada penjualan disk. Perusahaan game yang menguntungkan seperti Cygames telah menuangkan uang ke anime untuk memperkuat merek mereka.

Penurunan Kaset Anime Dikarenakan Streaming Anime!

Files Anime 08

Sudo kemudian mengalihkan perhatiannya ke penjualan Amerika Utara, menunjukkan bahwa penjualan kaset berhasil pulih dari kecelakaan di tahun 00-an. Dia menyebutkan pengalaman pribadinya menghadiri Anime Expo 2018 mengunjungi stan Funimation and Sentai Filmworks dan mencatat popularitas mereka di kalangan penggemar anime Amerika.

Tampaknya tidak berpikir bahwa kaset disk yang ditakdirkan di Jepang mengalami penurunan yang cepat. Disk dapat melayani tujuan arsip. Masalah dengan video Streaming Anime adalah lamanya kontrak mereka. Bahkan pada platform populer, judul yang tidak mendapatkan banyak penayangan tidak akan memperpanjang kontraknya. Judul anime itu bisa hilang dalam semalam.

Sudo berpendapat, Disk tidak kehilangan utilitasnya. Jika Kalian benar-benar menghargai anime, Kalian harus membelinya Kaset disk agar tidak hilang. Oleh karena itu, alasan sebenarnya mengapa penjualan menurun adalah karena ada terlalu banyak anime yang dirilis, dan judul-judul individual berjuang untuk menonjol. Dia mengutip statistik dari Digital Contents Berita Putih: Sepuluh tahun yang lalu, pasar untuk disk anime malam akhir bernilai sekitar 83 miliar yen (sekitar US $ 730,5 juta) di 155 judul anime. Pada 2016, itu bernilai 50 miliar yen (US $ 440 juta) di seluruh 266 judul.

Sudo memprediksi bahwa akan ada judul yang tidak akan memiliki rilis video rumah yang direncanakan untuk mereka sama sekali jika pembuat disk mengharapkan mereka membuat kerugian. Ini dapat menyebabkan risiko kehilangan judul itu selamanya setelah transaksi streaming mereka telah berakhir.

Kesimpulannya “Cara melestarikan Kaset disk akan menjadi masalah penting bagi budaya anime Jepang”.

Sumber : ANN

Ayo mulai berdiksusi