Anime & MangaOtakuOtaku List

7 Kesamaan Attack on Titan Dengan Evangelion yang Mungkin Belum Kalian Tau

Halo penyuka anime dan manga, kali ini kita akan membahas kesamaan Attack on Titan dengan Evangelion. Penasaran? Yuk cek yah.

Attack on Titan merupakan serial yang menceritakan tentang Manusia melawan Titan untuk bertahan hidup. Sedangkan Evangelion merupakan serial yang bercerita tentang Manusia melawan Angel untuk bertahan hidup. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas kesamaan Attack on Titan dengan Evangelion.

Buat kalian yang belum sadar, kedua serial ini mempunyai alur yang sama yang dimana pada awal cerita masing-masing menceritakan tentang Manusia melawan Raksasa, lalu pada awal pertengahan memperebutkan kunci untuk tujuan akhir pihak masing-masing dan pada puncak cerita sama-sama mempunyai pertarungan dua belah pihak yang masing-masing memiliki tujuan.

Berikut Kesamaan Attack on Titan Dengan Evangelion

Seperti biasa sebelum masuk kedalam pembahasan utama, kami ingin memberitahu bahwa artikel ini mengambil informasi dari sumber yang sudah ada. Masih penasaran? Baiklah mari kita mulai yah.

1. Cerita Berfokus Pada 1 Latar Utama

Kedua Cerita Berfokus Pada 1 Latar Utama | kesamaan Attack on Titan dengan Evangelion
Kedua Cerita Berfokus Pada 1 Latar Utama|©Hajime Isayama

Pertama yaitu kedua cerita berfokus pada 1 latar utama. Buat kalian yang belum tau latar utama untuk Attack on Titan yaitu Pulau Paradise. Nah Pulau Paradise ini dibangun oleh Raja Fritz sebelumnya dengan menggunakan Wall Titan.

Sedangkan untuk Evangelion yaitu latar utamanya di Tokyo III. Nah di Tokyo III terdapat goa besar bawah tanah yang merupakan telur Lilith atau kendaraan leluhur mereka. Selain itu kedua tokoh utamanya mempunyai tujuan yang sama yaitu melindungi tempat tersebut.

2. Menceritakan Tentang Raksasa

Menceritakan Tentang Raksasa | kesamaan Attack on Titan dengan Evangelion
Menceritakan Tentang Raksasa|©Hajime Isayama

Selanjutnya yaitu keduanya menceritakan tentang Raksasa, kalau untuk serial Attack on Titan menceritakan tentang Manusia melawan Titan, sedangkan untuk Evangelion menceritakan tentang Manusia melawan Angel.

Selain itu kedua serial ini sama-sama mempunyai beberapa karakter yang bisa mengendalikan Raksasa. Kalau untuk Attack on Titan ada Titan Shifter sedangkan untuk Evangelion ada Eva. Nah uniknya keduanya dikendalikan lewat tengkuk pada bagian belakang leher.

3. Mempunyai Makhluk Dengan Sebutan Life

Mempunyai Makhluk Dengan Sebutan Life
Mempunyai Makhluk Dengan Sebutan Life|©Hajime Isayama

Berikutnya mempunyai makhluk dengan sebutan Life. Buat kalian yang belum tau di Attack on Titan ada satu Makhluk yang bentuknya seperti kelabang, Zeke menyebut Makhluk Tulang belakang pertama itu dengan sebutan Life, karena ketika hewan tersebut bertemu dengan Manusia maka tingkat bertahan dan kemampuan fisiknya akan naik.

Sedangkan untuk seri Evangelion ada Adam yang merupakan First Angels dengan menyandang gelar Life karena memiliki buah Kehidupan yang diberikan Leluhur pertama mereka.

4. Aliansi Cukup Mirip Dengan Organisasi WILLE

Aliansi Cukup Mirip Dengan Organisasi Wille
Aliansi Cukup Mirip Dengan Organisasi Wille|©Hajime Isayama

Kemudian mengenai aliansi Attack on Titan cukup mirip dengan Organisasi WILLE. Jadi buat kalian yang belum tau aliansi tersebut tercipta dari berbagai pasukan untuk melawan dan menghentikan Eren.

Sedangkan untuk Evangelion ada Organisasi WILLE, kelompok ini merupakan pasukan kebebasan yang terdiri dari mantan anggota NERV sampai warga biasa yang ingin ikut berperang.

5. Yeagerist dan NERV dipandang Negatif

Yeagerist Dan Nerv Dipandang Negatif
Yeagerist Dan Nerv Dipandang Negatif|©Hajime Isayama

Selanjutnya adalah Yeagerist dan NERV sama-sama dipandang Negatif. Jadi Yeagerist ini ingin bangsa Eldia yang ada di Pulau Paradise bisa hidup dengan aman dan nyaman serta tidak ditindas lagi oleh pihak luar.

Sedangkan NERV memikirkan umat Lilit yang katanya sudah harus berevolusi menjadi makhluk yang lebih tinggi dan bermartabat.

6. Tokoh Utama Mendapat Kekuatan Karena Pengorbanan Seseorang

Tokoh Utama Mendapat Kekuatan Karena Pengorbanan Seseorang
Tokoh Utama Mendapat Kekuatan Karena Pengorbanan Seseorang|©Gainax, Tatsunoko Production

Berikutnya yaitu tokoh utama mendapat kekuatan karena pengorbanan seseorang. Jadi Eren sang tokoh utama mendapatkan kekuatan Titan Shifter karena memakan ayahnya, lalu jauh sebelum hal itu, Eren memanipulasi ayahnya untuk mendapatkan Founding Titan.

Sedangkan untuk serial Evangelion, Shinji Ikari bisa mengendalikan Eva 01 karena ibunya yaitu Yui Ikari berkorban supaya Eva 01 bisa aktif.

7. Kemiripan Umat Lilith Dengan Subjek Ymir

Kemiripan Umat Lilith Dengan Subjek Ymir | kesamaan Attack on Titan dengan Evangelion
Kemiripan Umat Lilith Dengan Subjek Ymir|©Hajime Isayama

Terakhir yaitu kemiripan umat Lilit dengan Subjek Ymir, jadi dalam serial Evangelion manusia yang disebut sebagai umat Lilit bisa bervolusi menjadi raksasa untuk menciptakan keabadian, namun sebagai bayarannya mereka tidak mempunyai akal.

Sedangkan untuk serial Attack on Titan, bangsa Eldia atau Subjek Ymir bisa berubah menjadi Titan. Namun sebagai bayaranya mereka kehilangan akal dan cuman sekedar hidup saja, tapi mereka yang jadi Titan Shifter masih punya akal dan bisa kembali jadi manusia lagi.


Demikianlah beberapa kemiripan Attack on Titan dengan Evangelion. Nah buat kalian yang ingin mencari kesamaan 2 serial tersebut dengan detail, kalian bisa menonton kedua animenya. Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Dafunda Otaku yah.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.