Bikin Iri, Ini 7 Rekomendasi Anime Movie Romance Terbaik Sepanjang Masa!

in , ,
Rekomendasi Anime Movie Romance Terbaik Sepanjang Masa

Dafunda Otaku – Bagi sebagian orang, anime romance merupakan salah satu genre paling populer dan paling banyak disukai oleh kalangan Otaku. Biasanya, anime romance akan diangkat menjadi film layar lebar dengan modal yang cukup tinggi, seperti anime movie romance Kimi no Na Wa (Your Name).

Pembuat anime Kimi no Na Wa sendiri yaitu Makoto Shinkai mengatakan bahwa, anime movie bertema romance yang berjudul Kimi no Na Wa adalah anime terbaik yang pernah dibuatnya, dan, kali ini, Makoto akan membuat anime romance baru yaitu Tenki no Ko.

Pastinya, salah satu dari kalian penggemar anime romance bukan? Yuk, yang sedang mencari anime movie romance disimak artikel dibawah ini. Rekomendasi yang ada dibawah ini sungguh menyayat hati, dan bikin iri loh, hati-hati yang jomblo jadi nangis hahaha.

Bagi para jomblo, harap hati-hati, artikel ini mengandung hal yang dapat membuat kamu iri dan menjadi gila, jika ingin menonton anime yang ada dibawah ini, diharapkan jangan menggangu atau melukai orang, hahaha, Tanpa basa-basi lagi, inilah rekomendasi anime movie romance terbaik sepanjang masa.

Baca Juga Anime Romance yang Bikin Para Jomblo Iri!

1. Kimi no Na Wa (Your Name)

Kimi No Na Wa

Seperti yang kalian tau, anime movie romance ini telah memegang rekor anime movie terbaik genre romance yang dibuat oleh Makoto Shinkai. Movie ini sendiri sangat populer karena grafis yang sungguh luar biasa, ditambah jalan cerita yang sangat sulit untuk ditebak.

Sebab itulah, anime ini mendapatkan banyak penghargaan di Jepang bahkan sampai, diseluruh dunia. Karena anime Kimi no Na Wa telah dicap sebagai anime movie romance terbaik di seluruh dunia, tak heran lagi bukan? Mengapa movie ini mendapatkan urutan pertama dalam artikel ini.

Sinopsis Kimi no Na wa

Anime romance ini sendiri berkisah tentang dua orang yang ditakdirkan untuk bersama bernama Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana. Mereka adalah orang yang ditakdirkan bersama, namun menjalani dua kehidupan yang sangat berbeda di dalam anime Kimi no Na wa.

Seorang gadis yang bernama Mitsuha tinggal di sebuah pedesaan yang ramai di Jepang, tetapi, dia sudah bosan hidup terus-terusan di desa, karena itu, dia ingin kehidupannya berpetualang di kota besar seperti Tokyo.

Sementara, anak muda yang bernama Taki itu tinggal di Tokyo, dia harus berjuang mencari uang untuk menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan sisa hidupnya yang sungguh menyedihkan.

Dan, jalan ceritanya pun semakin seru ketika mereka terkena fenomena yang sangat aneh yang mulai terjadi. Fenomena aneh tersebut adalah, mereka menemukan secara tak sadar mereka ternyata berpindah badan.

2. Tamako Love Story

Tamako Love Story

Menurut saya, anime movie romance ini sangat bagus dan pantas menjadi urutan nomor 2 di list ini, kenapa? Sebelumnya, serial anime Tamako Market ini hanya memiliki sedikit kesan romantis dan lebih berfokus kepada tema kehidupan sehari-hari, tapi, movie anime ini pun dibuat yang dimaksudkan untuk membuat para penggemar anime tersebut merasa senang

Atau mungkin, movie ini memang seharusnya ditayangkan? Tamako Love Story sendiri adalah anime movie romance yang menceritakan tentang seorang gadis yang penuh impian, tak perduli mereka sudah besar maupun kecil, mereka selalu saja bersikap seperti itu.

Sinopsis Tamako Love Story

Cerita anime movie romance ini berfokuskan kepada seorang gadis imut bernama Tamako Kitashirakawa, ia adalah seseorang yang bermimpi tampil bagus di festival Baton mendatang. Karena festival itu begitu mendadak, dia pun harus berlatih sekeras mungkin, tapi, ada satu hal yang membuat anime movie ini menarik.

Setelah lulus sekolah, Tamako berencana untuk bekerja di restoran Mochi keluarganya meskipun teman-temannya akan melanjutkan pendidikan di tempat yang jauh. Sementara, Mochizou Ooji (teman masa kecil Tamako) berencana untuk pindah ke Tokyo dan melanjutkan pendidikannya di universitas.

Mochizou sendiri adalah seorang anak laki-laki yang menyukai Tamako sejak dulu dan juga cinta pertamanya. Masalah dalam anime ini adalah, Mochizou sama sekali tidak pernah dan tidak berani untuk mengungkapkan perasaannya kepada Tamako.

Dia tidak mengungkapkan perasaannya kepada Tamako karena dia berpikir, jika dia mengatakannya kepada Tamako, ia pasti akan membenciku. Dan jalan cerita Tamako Love Story pun berlanjut ketika ada sebuah momen romantis yang terlihat sangat imut.

3. Koe no Katachi

Koe No Katachi

Satu lagi nih anime movie romance kesukaan saya, menurutku, Koe no Katachi adalah salah satu anime movie romance terbaik yang hampir membandingi Tamako Love Story dan Kimi no Na wa. Memang, anime ini memberikan kesan yang gelap karena karakter utama dari anime movie ini adalah gadis yang menderita tuna rungu.

Karena hal tersebut, anime ini menambah kesan lebih sedih dan paling menguras air mata. Sedikit curhat nih, saat pertama menonton anime ini, saya cukup merasa marah karena ada karakter yang dibuat seperti ini dan sedang didalam asmara. Saya ingin menyalahkan pembuat karakternya, tapi saya bukan siapa-siapa, ya, jadi cuman bisa nikmatin animenya aja deh.

Tidak hanya memberikan kesan yang sedih, anime ini juga akan menyayat hati kamu ketika mengetahui kebenaran yang sungguh menyakitkan. Bagi kamu para buciners, saya rekomendasiin banget nih anime romance, tidak hanya menguras air mata kamu, pastinya, anime movie ini akan membuat kamu iri hahaha.

Sinopsis Koe no Katachi

Anime movie romance ini mengisahkan anak bernama Ishida Shouya, adalah anak laki-laki yang nakal dan jahil dan selalu membuat gaduh dikelasnya. Karena kenakalannya tersebut disaat kecil, dia dicap sebagai murid paling nakal di sekolah.

Sampai saat suatu hari tiba, ada seorang murid baru bernama Nishimiya Shouko pindah ke kelasnya. Nishimiya adalah seorang gadis imut yang menderita penyakit tuna rungu. Saat gadis tersebut pindah ke kelas Ishida, ia pun selalu dijahilinya, karena hal tersebut, Ishida malah membuat perubahan besar dalam kehidupan pribadinya.

Sampai pada suatu hari tiba, Ishida menjahili Nishimiya terus dan terus, sampai akhirnya, dia sempat sekali menjahili Nishimiya dan itu sudah sangat kelewatan. Pertama, dia hanya bercanda, tapi, karena hal yang dilakukan Ishida, gadis tersebut harus menjalani rasa sakit lagi.

Dan, akhirnya Ishida pun menyesali perbuatannya itu dan mencari Nishimiya pada saat dia sudah beranjak dewasa. Jalan ceritanya pun berlanjut ketika Ishida bertemu dengan adik Nishimiya bernama Nishimiya Yuzuru.

4. Hotarubi no Mori e

Hotarubi No Mori E

Kalo yang hatinya lemah disaranin jangan nonton ini deh, karena anime movie romance ini mengandung adegan yang sangat menyedihkan yang membuat hati terasa tercabik-cabik. Anime movie berjudul Hotarubi no Mori e ini sendiri sempat populer dijamannya dan sering dibandingkan dengan anime romance terpopuler di dunia yaitu Kimi no Na wa.

Karena anime ini membuat saya lumayan bersedih selama beberapa hari, saya akan lampiaskan dengan cara spoiler ke kamu akhir jalan ceritanya bagaimana, dan apa yang akan terjadi selanjutnya, penasaran? Yuk liat aja sinopsis di bawah ini.

Sinopsis Hotarubi no Mori e

Anime movie romance yang mirip dengan Kimi no Na wa ini menceritakan tentang Takegawa Hotaru yang sewaktu kecil tersesat di hutan di desa tempat tinggal paman-nya, dan disana ia kebingungan karena tidak tahu jalan pulang.

Dan kata-kata warga desa, konon hutan itu adalah tempat tinggal roh dewa gunung dan siapapun yang masuk ke hutan itu takkan bisa kembali. Di sana Hotaru hanya menangis, hal itu mengundang seorang roh datang mendekatinya.

Roh itu bernama Gin, saat melihat sosok itu, Hotaru meyangka Gin adalah manusia dan mendekati-nya dan sambil berlari. Akan tetapi, Gin menghindar dan berkata bahwa ia akan lenyap kalau disentuh oleh manusia karena ia adalah seorang Youkai (Roh penunggu hutan).

Tidak lama, Gin mengantar Hotaru keluar hutan dan pulang kerumah-nya, dan karena merasa senang dan berhutang budi, semenjak itu Hotaru selalu berkunjung ke hutan itu untuk menemui Gin setiap liburan musim panas. Wah, sepertinya saya sudah terlalu banyak ya memberikan spoiler Hotarubi no Mori e?

Oke, setelah sekian pengalaman, ada suatu momen dimana Gin tidak sengaja disentuh oleh anak-anak manusia, dan itu menjadi kesempatan pertama dan terakhir Hotaru untuk memeluknya, namun Gin akhirnya menghilang dan hanya meninggalkan kenangan.

5. 5 Centimeters per Second

5 Centimeters Per Second

Satu lagi nih anime movie yang sangat mirip dengan anime Kimi no Na wa, tidak hanya memiliki animator yang sama, ternyata, anime movie romance buatan Makoto Shinkai memiliki ciri khas nya masing-masing loh.

Semenjak saya mengikuti seri yang dibuat oleh animator tersebut, saya jadi penasaraan deh, mengapa dia selalu saja membuat anime bertema romance dan drama? Mungkin Makoto bucin kali ya hahaha, canda doang ah.

Jika kamu sudah menonton anime Kimi no Na wa, pasti, anime apapun yang mirip dengan anime tersebut adalah hasil karya yang bagus, salah satunya adalah anime movie romance yang berjudul 5 Centimeters per Second ini.

Sinopsis 5 Centimeters per Second

Anime movie ini bercerita tentang Toono Takaki dan Shinohara Akari, mereka adalah teman masa kecil yang begitu dekat dan selalu bermain bersama. Pada suatu hari, Akari harus pindah rumah karena masalah pekerjaan orang tuanya. Karena hal tersebut, kehidupan masa kecil mereka usai disana.

Meskipun begitu, mereka selalu berikirim surat satu sama lain untuk menjaga hubungan persahabatan mereka. Hari demi hari berlalu sampai mereka beranjak dewasa, masing masing dari mereka memiliki masalah dan aktifitasnya masing masing, jarak antara merekapun semakin lebar, mereka juga semakin jarang mengirimi surat satu sama lain.

Lalu tiba pada suatu hari, dimana Takaki akan pindah rumah, dan ia berinisiatif untuk menemui Akari setelah sekian lama tidak bertemu, bayangin dari sejak kecil mereka berpisah. Namun, sepertinya ending dari anime ini tidak seperti yang kamu pikirkan, penasaran? Langsung ditonton aja.

6. The Garden of Words

The Garden Of Words

Anime yang masih buatan Makoto Shinkai ini mengisahkan seorang anak laki-laki 15 tahun, dan wanita berusia 27 tahun yang menemukan persahabatan tidak biasa pada suatu hari saat hujan di Taman Nasional Shinjuku Gyoen. Menurut pembuat anime romance ini, hujan yang ada di anime ini adalah lambang cinta mereka.

Dengan kisah asmara yang simple dan dibalut visual yang sangat indah, anime yang dibuat oleh Makoto ini luar biasa, bagi kalian pencari grafis anime dan jalan cerita yang menarik, saya saranin banget nih anime, tidak hanya memberikan jalan cerita dan grafis menarik, anime movie romance ini ada maksud tersembunyi buat para penonton loh.

Sinopsis The Garden of Words

Anime movie romance yang berjudul The Garden of Words ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Takao Azuki yang masih berusia 15 tahun yang mempunyai keahlian dalam membuat sepatu. Karena keahliannya yang dimilikinya itu, dia mempunyai cita-cita menjadi designer sepatu profesional.

Tidak seperti di anime lain, di anime ini Takao mempunyai kebiasan unik yaitu, setiap turun hujan dia selalu bolos sekolah dan pergi ke taman untuk mencari inspirasi dalam membuat design sepatu yang akan dia buat.

Pada suatu hari saat Takao pergi ke taman yang biasa ia kunjungi, ditempat itu dia bertemu dengan seorang wanita bernama Yukari Yukino. Tak banyak jalan cerita berbelit-belit, disaat itulah asmara di anime ini memanas dan menjadikannya anime yang sangat mirip dengan Kimi no Na wa.

7. The Place Promised in Our Early Days

The Place Promised In Our Early Days

Sama seperti buatan film Makoto Shinkai lainnya, anime yang berjudul The Place Promised in Our Early Days ini adalah anime movie pertamanya yang memiliki grafis dan jalan cerita super menarik. Anime movie romance ini mengambil tema dan era waktu setelah perang Jepang yang dibagi menjadi 2 blok, dan, dikuasai oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Menampilkan seiyuu yang bernama Hidetaka Yoshioka, Masato Hagiwara, dan Yuka Nanri, movie ini mendapatkan beragam respon dan penghargaan dari kritikus. Hebatnya lagi, anime movie romance ini telah memenangkan penghargaan anime movie terbaik di Mainichi Film Awards 2004 loh.

Itu sudah biasa, tidak usah terkejut, Makoto memang animator handal yang mengerjakan anime buatannya dengan tulus dan selalu konsisten tanpa peduli masalah apa yang akan dilewatinya. Sebelumnya saya minta maaf, untuk sinopsis anime ini saya lupa hehe. Karena nontonnya sudah lama, jadi rada-rada lupa.

Karena kamu tidak bisa mendapat sedikit spoiler dari sinopsis anime tersebut, terpaksa saya hanya akan memberikan sebuah trailer untuk anime The Place Promised in Our Early Days yang dapat kamu lihat diatas ini.

Selain itu, bagaimana menurut kamu tentang artikel yang membahas anime movie romance ini? Karena sekarang jaman musimnya anime dapat season/musim baru, adakah anime movie romance lainnya yang belum saya masukkan di list ini yang kamu tau? Jika ada, sampaikan di kolom komentar ya minna-san.