Rekomendasi Manga Mecha Terbaik Yang Pernah Ada

in , ,
Rekomendasi Manga Mecha Terbaik
Rekomendasi Manga Mecha Terbaik

Mecha merupakan istilah Jepang yang merujuk kepada gagasan ilmiah. Biasanya manga atau anime yang memakai genre Mecha identik dengan Robot. Nah buat kalian yang menyukai robot, kali ini Dafunda Otaku akan memberikan rekomendasi manga mecha terbaik.

Daftar Rekomendasi Komik Robot Terbaik

Oke, buat kalian yang sudah penasaran dengan manga mecha tersebut, Mari kita lihat daftarnya bersama di bawah ini.

1. Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion
Neon Genesis Evangelion|©Yoshiyuki Sadamoto

Pertama adalah Neon Genesis Evangelion, serial ini merupakan manga Action karya dari Yoshiyuki Sadamoto. Selain itu komik ini terbit melalui Shounen Ace pada tahun 26 Desember 1994.

Terbit26 Desember 1994
StatusFinish
GenreAction, Mystery, Drama, Mecha, Sci-Fi, Shounen, Psychological
Score8.54

Bercerita tentang dunia yang mengalami perubahan drastis setelah terkena bencana yang bernama SECOND IMPACT. Sementara itu seorang remaja yang bernama Shinji Ikari datang ke Tokyo.

JANGAN LEWATKAN •
10 Karakter Anime Keren Yang Memakai Penutup Mata

Alasan ia datang ke Tokyo adalah permintaan dari ayahnya, awalnya ia sangat senang, karena ayahnya tersebut meminta tolong kepada Shinji. Namun semua kebahagiaan itu kandas, saat mengetahui tujuan ia dipanggil oleh ayahnya.

2. All You Need Is Kill

Rekomendasi Manga Mecha Terbaik All You Need Is Kill
All You Need Is Kill|©Ryōsuke Takeuchi

Kemudian ada All You Need Is Kill, awalnya serial ini merupakan novel karya dari Hiroshi Sakurazaka dan Yoshitoshi Abe. Namun adaptasi manganya dikembangkan oleh Ryōsuke Takeuchi dan terbit melalui Young Jump.

Terbit9 Januari 2014
StatusFinish
GenreAction, Sci-Fi, Military, Seinen
Score7.92

Serial ini menceritakan Keiji Kiriya, ia baru saja bergabung ke dalam Satuan Angkatan Pertahanan yang bertarung melawan makhluk luar angkasa. Awalnya pada peperangan Keiji mati oleh makhluk tersebut.

Namun tiba-tiba ia terbangun dari tidurnya, rupanya ia kembali ke waktu sebelum peperangan itu terjadi. Seiring berjalannya cerita, doi pun menyadari bahwa ia terperangkap dalam aliran waktu.

JANGAN LEWATKAN •
Sultan di Ragnarok Mobile Ini Habiskan 1,2 Milliar Rupiah untuk Skin Evangelion!

3. Darling in the Franxx

Darling In The Franxx
Darling In The Franxx|©Kentaro Yabuki

Selanjutnya adalah Darling in the Franxx, awalnya serial ini merupakan anime original yang diproduksi oleh Trigger dan CloverWorks. Adaptasi manganya oleh Kentaro Yabuki dan terbit melalui Shōnen Jump+ pada 14 Januari 2018.

Terbit14 Januari 2018
StatusOngoing
GenreEcchi, Mecha, Sci-Fi, Shounen
Score7.57

Menceritakan tentang manusia yang hampir punah karena berhadapan dengan monster besar mengerikan yang bernama klaxosaur. Kemudian mereka yang selamat mulai membangun sebuah benteng besar militer yang bisa bergerak.

Selain itu, Organisasi APE membentuk sebuah unit pasukan untuk melindungi kota, anggota dari unit tersebut adalah anak-anak yang sudah mendapatkan pelatihan untuk mengendarai robot.

4. Voices of a Distant Star

Voices Of A Distant Star
Voices Of A Distant Star|©Makoto Shinkai, Sumomo Yumeka

Rekomendasi manga mecha terbaik selanjutnya adalah Hoshi no Koe, awalnya serial ini merupakan anime original Jepang yang diproduksi pada tahun 2002. Kemudian adaptasi manganya terbit pada tahun 2004 oleh Afternoon.

JANGAN LEWATKAN •
Cantik dan Jago Ngobatin, Ini 10 Dokter Terbaik yang Pernah Ada di Anime!
Terbit25 Februari 2004
StatusFinish
GenreDrama, Mecha, Romance, Sci-Fi, Seinen
Score8.02

Bercerita tentang siswa SMA yang bernama Mikako Nagamine dan Noboru Terao. Pada musim panas, Mikako pun memberitahu Noboru bahwa ia terpilih sebagai anggota Angkatan Udara Antariksa.

Kemudian Mikako pun meninggalkan bumi pada musim dingin, sementara itu Noboru melanjutkan sekolahnya. Meskipun keduanya terpisahkan oleh jarak, namun mereka tetap mencoba untuk saling berkomunikasi.

5. Full Metal Panic

Full Metal Panic
Full Metal Panic|©Shoji Gatoh, Shiki Douji

Berikutnya adalah Full Metal Panic, awalnya serial ini merupakan novel Jepang karya dari Shoji Gatoh dan ilustrasi oleh Shiki Douji. Kemudian adaptasi manganya terbit pada 9 Januari 2000.

Terbit9 Januari 2000
StatusFinish
GenreAction, Comedy, Mecha, Romance, Shounen, Military
Score7.82

Becerita tentang Sousuke Sagara, seorang sersan yang mendapatkan tugas untuk menjaga gadis SMA yang bernama Chidori Kaname. Awalnya Sousuke merupakan anak yang jenius dalam bidan militer.

Namun karena mendapatkan asuhan yang aneh, ia pun tidak mempunyai keterampilan dalam bidang sosial. Singkat cerita, ia pun harus berusaha untuk melindungi seorang gadis.

JANGAN LEWATKAN •
5 Anime yang Menceritakan Tentang Reinkarnasi Terbaik Menurut Komunitas

6. Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann
Tengen Toppa Gurren Lagann|©Kazuki Nakashima, Kotaro Mori

Rekomendasi manga mecha terbaik selanjutnya adalah Gurren Lagann, awalnya serial ini merupakan animasi original karya Studio Gainax. Namun adaptasi manganya dikembangkan oleh Kazuki Nakashima dan Kotaro Mori.

Terbit27 April 2007
StatusFinish
GenreAction, Adventure, Comedy, Mecha, Sci-Fi, Shounen
Score7.95

Menceritakan keadaan bumi yang diperintah oleh raja Sprila, yang memaksa umat manusia untuk hidup di bawah tanah. Simon, seorang penggali yang masih muda serta lembut dijauhi oleh teman-temannya.

Sementara itu Kamina, seorang remaja yang sangat nakal mendorong Simon untuk masuk ke dalam kelompoknya. Singkat cerita Simon pun menemukan sebuah kunci yang bentuk seperti bor, serta robot kecil berbentuk wajah.

7. Knight’s & Magic

Rekomendasi Manga Mecha Terbaik Knights Magic
Knights Magic|©Hisago Amazake-no, Takuji Katō

Kemudian adalah Knight’s & Magic, awalnya serial ini merupakan novel Jepang karya dari Hisago Amazake-no. Kemudian adaptasi manganya dikembangkan oleh Takuji Katō, dan terbit pada 15 April 2016.

JANGAN LEWATKAN •
Setelah 10 tahun, Akhirnya Anime ‘Full Metal Panic IV’ Dikonfirmasi Tayang Akhir 2017
Terbit15 April 2016
StatusOngoing
GenreAction, Fantasy, Mecha, School, Seinen
Score7.34

Bercerita tentang Tsubasa Kurata, seorang insinyur perangkat lunak yang sangat suka dengan robot. Suatu hari ia terkena kecelakaan yang membuat dia mati seketika.

Kemudian, ia terlahir kembali di dunia lain, yang dimana ada sebuah robot besar bernama Silhouette Knights, berfungsi untuk melawan makhluk mengerikan bernama Demon Beasts.

8. 12 Beast

Rekomendasi Manga Mecha Terbaik 12 Beast
12 Beast|©Okayado

Selanjutnya adalah 12 Beast, serial ini merupakan manga shounen karya dari Okayado. Selain itu, komik ini telah terbit melalui Dragon Comics Age pada 9 November 2013.

Terbit9 November 2013
StatusFinish
GenreAction, Adventure, Comedy, Ecchi, Fantasy, Mecha
Score7.05

Touga Eita merupakan seorang murid SMA yang sangat suka bermain game. Selain itu, ia merupakan penerus gaya Touga Ninjitsu, serta tidak pernah mencium seorang gadis.

Singkat cerita ada seorang gadis yang mempunyai sayap dan cakar yang bernama Aero, datang menemui Eita untuk membantu menyelamatkan teman-temannya dari serangan monster, dengan memakai robot.

JANGAN LEWATKAN •
10 Karakter Anime Ini Memiliki Ukuran Yang Sangat Besar!

9. Muv-Luv Alternative

Rekomendasi Manga Mecha Terbaik Muv Luv Alternative
Muv Luv Alternative|©Mashima Azusa

Berikutnya adalah Muv-Luv Alternative, awalnya serial ini merupakan game visual novel Jepang karya dari âge. Kemudian adaptasi manganya dikembangkan oleh Mashima Azusa pada 21 Agustus 2007.

Terbit21 Agustus 2007
StatusFinish
GenreAction, Drama, Mecha, Sci-Fi, Military
Score7.65

Takeru baru saja terbangun setelah tiga tahun setelah berakhirnya Muv-Luv Unlimited. Kemudian ia pun berpikir bahwa apa yang telah ia alami adalah sebuah mimpi.

Namun seketika ia merasa bahwa ada sesuatu yang salah, tanpa pikir panjang ia pun langsung keluar dari rumahnya. Namun ia menemukan fakta, bahwa doi dikirim kembali ke waktu sebelum peristiwa Muv-Luv Unlimited.

10. Infinite Stratos

Infinite Stratos
Infinite Stratos|©Izuru Yumizuru, Kenji Akahoshi

Terakhir adalah Infinite Stratos, serial ini awalnya adalah novel Jepang karya dari Izuru Yumizuru. Kemudian yang mengilustrasi adaptasi manganya adalah Kenji Akahoshi, dan terbit pada 27 Mei 2010.

Terbit27 Mei 2010
StatusFinish
GenreAction, Mecha, Romance, School, Sci-Fi, Harem, Seinen
Score6.99

IS merupakan sebuah robot yang hanya bisa dikendalikan oleh wanita saja, akan tetapi suatu hari Orimura Ichika seorang pria yang sedang tersesat menemukan sebuah IS.

Namun entah apa yang terjadi, IS tersebut bisa aktif setelah bersentuhan dengan Ichika. Setelah kejadian tersebut, Ichika adalah satu-satunya cowok yang bisa menggerakkan IS, kemudian ia pun pindah ke sekolah khusus yang dimana sekolah tersebut muridnya cewek semua.


Demikianlah rekomendasi manga mecha terbaik. Nah setelah melihat daftarnya, kira-kira serial mana nih yang menurut kalian paling seru, dan buat kalian yang punya rekomendasi lain, jangan lupa untuk comment dibawah.