Bikin Nostalgia, Ini 10 Rekomendasi Manga Terbaik Sepanjang Masa!

in , ,
Manga Terbaik Sepanjang Masa Dafunda Otaku

Dafunda Otaku – Sebelum kita ke rekomendasi Manga terbaik sepanjang masa, saya mau bertanya dulu nih sama kalian. Yang mau saya tanya kan adalah, kamu lebih suka baca manga atau nonton Anime? Keduanya memang memiliki ketertarikan sendiri. Misalnya saya, lebih suka menonton anime daripada membaca manga, hal tersebut dikarenakan saya kurang suka membaca.

Menurut kamu anime atau manga sih yang lebih baik? Semua orang dapat menentukan hal tersebut, tidak ada yang melarang jika hal tersebut memang diperbolehkan. Kalo kamu lebih suka anime, kamu harus baca ini. Kalo kamu suka manga, maka inilah 10 rekomendasi manga terbaik sepanjang sejarah. Langsung aja ke rekomendasi manga terbaik nya yuk teman-teman.

Berikut 10 Rekomendasi Manga Terbaik Sepanjang Masa

1. Fullmetal Alchemist

Manga Fullmetal Alchemist
Manga Terbaik: Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist adalah manga Action terbaik yang tak akan bisa dilupakan, ceritanya juga sangat bagus bahkan melebihi Animenya sendiri. Karena manga Fullmetal Alchemist berada diurutan yang pertama, maka kamu harus membaca manga Fullmetal Alchemist ini.

Kalo kamu tidak membacanya, dijamin nyesel deh tidak membaca manga terbaik ini. Tidak salah lagi bahwa Fullmetal Alchemist adalah salah satu rekomendasi manga terbaik sepanjang masa yang pernah ada. Yakin gamau baca?

Tapi, sebelumnya jika kamu ingin membaca manga Fullmetal Alchemist ini, lebih baik kamu menonton anime Fullmetal Alchemist dahulu, saya saranin banget deh nonton anime ini, bahkan, di MAL anime ini peringkat 1 loh, bagaimana menurut kamu? Jika belum ingin menonton animenya, lebih baik kamu melihat Trailer atau PV anime ini di YouTube. Pasti kamu akan berubah pikiran!

2. One Piece

Manga One Piece
Manga Terbaik: One Piece

Siapa coba yang tidak mengenal anime/manga One Piece ini? Dulu, One Piece sangat populer di seluruh dunia dan pastinya selalu diminati oleh anak-anak muda. Salah satunya negara yang menyukai One Piece adalah negara Indonesia. Bahkan, ada saja loh orang yang menghabiskan uangnya hanya untuk membeli komik atau figure One Piece dengan harga yang lumayan mahal.

Komik ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Monkey D. Luffy yang bercita-cita menjadi seorang bajak laut terhebat di seluruh samudra. Bersama dengan teman-teman nya, Luffy pun berpetualang ke penjuru dunia untuk mencari harta karun bernama One Piece. Memang One Piece adalah salah satu rekomendasi manga terbaik sepanjang masa menurut Otaku, dan berikut sinopsis One Piece:

Sinopsis One Piece

Anime/manga One Piece bercerita tentang seorang bernama Monkey D. Luffy, seorang bajak laut yang berobsesi untuk menemukan One Piece, salah satu harta karun paling berharga yang ada di dunianya Luffy waktu itu. Setelah Luffy kecil diselamatkan oleh seorang bajak laut bernama Sanks, Luffy akhirnya bertekat untuk menjadi bajak laut dengan cara berpetualang ke seluruh penjuru dunia dan menemukan One Piece. Di perjalanannya itulah Luffy menemukan berbagai petualangan seru bersama kapal Going Merry nya.

Monkey D. Luffy adalah kapten dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Harga untuk kepala Luffy adalah 300 juta berry setelah peristiwa di Enies Lobby. Ketika Luffy masih muda, dia secara tidak sengaja memakan Buah Iblis yaitu Buah Gomu Gomu yang ia anggap adalah makanan penutup. Buah Gomu Gomu adalah buah iblis yang menyebabkan tubuh pengguna menjadi elastis seperti karet dan bisa memanjangkan anggota tubuhnya.

Sebagai seorang bajak laut, Luffy bisa dikatakan sangat awam karena tidak mengetahui apapun tentang kompas dan ilmu kelautan, selain itu dia tidak bisa berenang karena memakan Buah Gomu Gomu. Ciri-ciri dari Luffy adalah topi jerami di kepalanya, Luffy diberikan topi jerami itu oleh Shanks yang telah menyelamatkan nya semasa ia kecil dulu. Shanks adalah bajak laut idolanya semasa ia masih kecil, sehingga ia harus mengembalikan topi jerami itu kembali kepada Shanks jika bertemu lagi dengannya.

3. Fairy Tail

Fairy Tail
Manga Terbaik: Fairy Tail

Siapa sih yang gatau Anime/manga yang berjudul Fairy Tail ini? Fairy Tail adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima. Manga ini diserialisasikan di Weekly Shonen Magazine sejak tanggal 2 Agustus 2006 hingga 26 Juli 2017, dan telah dibundel dan diterbitkan menjadi 63 volume tankobon oleh Kodansha. Fairy Tail adalah salah satu rekomendasi manga terbaik sepanjang masa yang pernah ada.

Sinopsis Fairy Tail

Ada seorang penyihir muda bernama Lucy Heartfilia, dia berkelana ke negara Fiore untuk bergabung dengan Guild Fairy Tail. Saat dalam perjalanan, ia bertemu dengan Natsu Dragneel, seorang pemuda yang tengah mencari naga bernama Igneel, bersama sahabatnya yaitu Happy. Beberapa saat setelah pertemuan mereka, Lucy ditipu oleh Bora of Prominence, yang menyamar sebagai Salamander dari Fairy Tail, untuk dijual sebagai budak.

Natsu menyelamatkan Lucy dan memberitahunya bahwa ialah Salamander yang asli dan memiliki kemampuan sihir Fire DragonSlayer. Natsu menawarkan Lucy untuk bergabung dengan Fairy Tail, dan diterima Lucy dengan senang hati, dan akhirnya mereka tergabung kedalam tim untuk menjalankan berbagai misi untuk guild Fairy Tail.

4. Hunter X Hunter

Hunter X Hunter
Manga Terbaik: Hunter X Hunter

Anime/manga ini memang dari tahun diterbitkan pada tahun 90-an, namun manga ini sangatlah seru karena jalan cerita yang menarik dan tidak terduga, Anime/manga ini dibuat ulang setelah tahun 2011 dan menjadi lebih seru.

Banyak sekali adengan bertarung dalam anime ini sehingga membuat anime ini disukai oleh kalangan banyak orang. Kisah manga ini berfokus pada Gon, adalah anak yang berkeinginan menjadi Hunter pro seperti Ayahnya. Akhirnya dia memutuskan untuk berpetualang di dunia luar dan berpartisipasi dalam ujian Hunter untuk mewujudkan impiannya tersebut.

Sinopsis Hunter X Hunter

Anime ini sendiri bercerita tentang seorang Hunter, sendiri adalah pekerjaan yang mengiurkan namun berbahaya. Di dunia ini, seorang Hunter dapat memasuki tempat-tempat yang dilarang seperti goa dan lain-lain. Kerja para Hunter sendiri adalah orang yang menangkap penjahat sekaligus mencari harga karun tersembunyi.

Salah satu Hunter sekaligus protagonis di anime ini bernama Gon, adalah anak yang berusia 12 tahun yang ingin menjadi Hunter agar dia dapat bertemu dengan ayahnya yang juga seorang Hunter professional. Agar dapat mengikuti ujian untuk menjadi Hunter, Gon pun meninggalkan rumahnya yang letaknya di pulau Fujira dan berpetualang menuju tempat ujian tersebut.

5. Inuyasha

Inuyasha
Manga Terbaik: Inuyasha

Inuyasha sendiri adalah manga karya Rumiko Takahashi yang sempat diadaptasi menjadi anime dan komik. Manga ini meceritakan kisah petulangan Inuyasha dan teman-temannya mencari Shikon No Tama dan usahanya untuk mengalahkan musuh yang menghalangi jalannya.

Pada masanya, anime dari manga ini adalah anime legend, manganya sendiri sama ceritanya dengan adaptasi animenya yang telah tamat sekarang. Tidak hanya manga mendapat gelar anime dan manga legend, ternyata manga ini sempat sangat populer di Indonesia loh, sejak saat itu, manga ini telah dijual lebih dari jutaan salinan.

Sinopsis Inuyasha

Cerita manga ini dimulai di negara Jepang, Tokyo. Seorang gadis SMP kelas 3 bernama Higurashi Kagome dan adiknya yang bernama Higurashi Sota sedang mencari kucing mereka yang bernama Buyo, pada saat pencarian, mereka menemukan kucing mereka itu jatuh kesumur keramat dikuil belakang rumah Kagome.

Pada saat mereka melihat sumur itu, seekor siluman kelabang Mukade Joro tiba-tiba saja muncur dari sumur itu dan menarik Kagome masuk kedalam. Jalan ceritanya pun berlanjut ketika siluman itu berkata bahwa, Kagome memiliki Shikon no Tama didalam tubuhnya.

6. Bleach

Bleach
Manga Terbaik: Bleach

Satu lagi nih manga legend, sebelumnya, manga ini ditulis oleh Tite Kubo dan bercerita tentang petulangan Ichigo Kurosaki sebagai seorang Shinigami. Manga Bleach sendiri menggabungkan cerita berunsur humor, drama dan pertempuran yang menjadikannya sebagai manga terbaik sepanjang masa yang pernah ada.

Selain itu, manga ini sungguh menarik untuk disimak, tidak hanya manganya, ternyata anime ini sebelumnya telah diadaptasi menjadi serial anime dan telah tamat sekarang. Anime tersebut dapat kamu nonton di situs web nonton anime kesukaan kamu. Tak hanya disukai oleh pria, manga ini juga disukai oleh wanita loh, tapi, paling banyak yang suka cowok sih hahaha.

Sinopsis Bleach

Manga ini berfokuskan kepada seorang laki-laki bernama Ichigo Korsaki, adalah seorang siswa sekolah menengah sekaligus shinigami. Tidak hanya dapat melihat hantu, dia bahkan bisa berbicara dengan hantu di sekelilingnya. Pada suatu hari, dia melihat seorang malaikat pencabut nyawa yaitu Rukia Kuchiki yang datang untuk membasmi roh jahat.

Awalnya, saat berjumpa dengan malaikat itu, Ichigo sama sekali tidak percaya dengannya, tapi setelah malaikat itu melindugi Ichigo dari serangan Hollow, disaat itulah Ichigo percaya dengan Kuchiki, dan jalan ceritanya pun berlanjut ketika Ichigo dan Kuchiki berkenalan dan memberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

7. Dragon Ball

Dragon Ball
Manga Terbaik: Dragon Ball

Siapa yang tidak kenal animanga yang satu ini? Animanga ini sudah mendunia sejak tahun 2000-an. Dijamin manga ini bakal buat kamu terhanyut dalam ceritanya yang sungguh menegangkan dan sangat seru. Sebelumnya, manga ini telah mendapatkan adaptasi anime, bahan adaptasi animenya memiliki episode yang sangat banyak dan pasti bakal puas menonton nya. Manga ini berawal dari Son Goku mencari bola Naga dan berkeliling ke seluruh dunia.

Walaupun serial ini telah lama dirilis, bahkan sampai tahun 2019 ini, masih banyak saja loh Otaku yang membicarakan anime legend ini, bahkan, banyak orang yang membandingkan karya Akira Toriyama ini dengan serial Naruto yang sudah mendunia juga sejak dulu. Satu lagi, tokoh utama anime ini bahkan dianggap sebagai karakter anime terkuat di dunia loh, kalo saya sih ga setuju, karena menurut saya yang paling kuat adalah Saitama hahaha.

Sinopsis Dragon Ball

Manga Dragon Ball ini menceritakan tentang petualangan seseorang yang kelihatannya sangat kuat bernama Son Goku, hal yang dia inginkan adalah kedamaian dunia, oleh karena itu, Goku berusaha untuk menyelamatkan dunia dari berbagai penjahat.

Untuk mewujudkan impiannya itu, dia harus melawan berbagai penjahat dari monster, aliien dan makhluk-makhluk lainnya yang berusaha untuk menghancurkan dunia. Dan jalan ceritanya pun berlanjut ketika Goku mengetahui bola naga dan pergi berpetualang untuk mencari bola tersebut.

8. Naruto

Naruto
Manga Terbaik: Naruto

Hmm hmm, pastinya kalian mengenal anime atau manga Naruto bukan? Sama seperti Dragon Ball, serial ini sangat terkenal di Indonesia bahkan sampai di seluruh Dunia.

Menurut saya, sifat karakter utama di anime ini yaitu Uzumaki Naruto sangatlah bagus, memang Naruto adalah anak yang bandel dan juga seorang ninja, tapi dia sunggu setia kawan bahkan rela membuang nyawanya demi teman-teman yang dia sayangi, bahkan, teman-temannya itu dia anggap sebagai keluarga yang sungguh ingin dia jaga.

Berdasarkan survei dari para Otaku, manga ini disebutkan dalam 1-10 manga terbaik di dunia. Tidak hanya menang dalam hal manga, anime Naruto juga sangat terkenal bahkan sampai sekarang masih banyak dibicarakan oleh para Otaku sedunia. Tapi, anime ini sudah tamat dan berlanjut ke cerita anak Naruto yang bernama Uzumaki Boruto.

Sinopsis Naruto

Anime ini menceritakan tentang seorang anak bernama Uzumaki Naruto, adalah shinobi yang telah kehilangan orang tuanya semejak dia lahir. Selama berpetualang bersama teman-temannya dan tumbuh dengan sangat cepat.

Semenjak itu, Naruto mendapatkan seorang guru yang mengajarinya Rasengan bernama Jiraya. Setelah selesai berlatih, mereka pergi ke tempat Hokage bernama Tsunade dan bertemu dengan Sakura. Dan jalan ceritanya pun berlanjut ketika mereka dilatih oleh Kakashi yang dulunya dia adalah seorang ANBU (pasukan khusus Konoha).

9. Kochikame

Kochikame
Manga Terbaik: Kochikame

Mungkin banyak dari kalian yang tidak mengenal atau tidak pernah mendengar nama manga ini, jangan anggap jika kalian tidak pernah mendengar manga ini, kalian akan mengira bahwa manga ini tidaklah bagus. Jangan salah, sebelumnya, manga Kochikame telah memegang rekor dari Guinness World sebagai serial komik Jepang yang paling lama diproduksi.

Manga ini pertama kali ditulis pada tahun 1976 dan diterbitkan di majalah Shonen Jump. Kochikame sendiri adalah sebuh manga komedi yang bercerita tentang tugas sehari-sehari sebagai polisi yang membosankan. Di dalam manga ini, kamu pasti menyukainya karena manga ini memiliki kisah-kisah dan momen-momen yang sangat lucu.

Karena kekonyolan yang dilakukan karakter utama di anime ini tak ada habisnya, pasti setiap kalo melihat karakter utama berbuat konyol pasti akan membuat kamu tertawa terbahak-bahak.

10. Slam Dunk

Slam Dunk
Anime Terbaik: Slam Dunk

Manga Slam Dunk ini bertemakan olahraga, tidak hanya itu, manga ini juga memiliki unsur komedi dan drama romantis yang sangat cocok untuk dibaca para anak milenial jaman sekarang. Walaupun kamu tidak menyukai manga dengan tema basket, jangan sedih, manga ini masih memiliki tema lain yang dapat membuat kamu menjadi menyukainya kok.

Sebelumnya, manga ini memiliki 31 seri yang dirilis dalam bentuk anime dan sukses meraih rating yang tinggi di berbagai negara salah satunya Indonesia.

Bagaimana menurutmu artikel yang membahas manga terbak ini? Apakah ada manga lain yang kamu ketahui adalah manga terbaik yang pernah ada? Jika ada, kasih tau dengan cara komen di kolom komentar ya minna. Sekali lagi mohon maaf, beberapa manga yang ada di atas tidak saya buat sinopsisnya dikarenakan saya belum membaca manganya sama sekali.