Review Visual Novel Muv-Luv: Perjuangan Mempertahankan Bumi dari Invasi Alien

in , ,
Review Muv-luv Alternative
thegeekclinic.wordpress.com

Kalian pasti pernah kan, menonton film bertemakan Bumi yang diserang oleh alien?. Misal pada film Independence Day, Edge of Tomorrow, Battleship, Pacific Rim, dan film lain yang serupa. Atau apa kalian suka dengan anime Attack on Titan, dimana manusia diambang kepunahan karena serangan para Titan. Keberadaan Titan memaksa manusia hidup di dalam tembok-tembok besar dan tinggi.

Apabila kalian menyukai tema dan genre tontonan seperti yang saya sebutkan di atas, sangat saya sarankan kalian untuk mencoba Visual Novel (VN) berjudul Muv-luv. Muv-luv adalah sebuah VN yang dikembangkan oleh “Age” yang dirilis mulai tahun 2001, terdiri dari 3 Part utama, yaitu Muv-Luv Extra, Muv-Luv Unlimited, dan Muv-Luv Alternative.

Muv-luv Extra sendiri, bercerita tentang kehidupan sehari-hari Takeru Shirogane yang damai dan aman sentosa, bersama dengan 6 Main Heroine. Tipikal Romance Comedy Eroge. Kita tinggal memilih saja siapa heroine yang mau kita ajak kencan, sesuai dengan pilihan dominan yang kita pilih saat bermain game VN ini.

Sedangkan Muv-Luv Unlimited, merupakan lanjutan dari Extra. Dimana Takeru berada di latar dunia yang berbeda dengan Extra. Dunia yang harus Takeru tinggali ini, penuh dengan tanah gersang, dan puing-puing bangunan yang hancur dan rusak parah, akibat dari invasi alien yang disebut “BETA” ke bumi 30 tahunan yang lalu. Di dunia ini, Takeru kembali bertemu dengan beberapa teman-teman sekolahnya. Mereka dipaksa berjuang dalam lingkungan militer, untuk berperang melawan BETA, menghindari umat manusia dari ancaman kepunahan.

Muv-Luv Alternative, lanjutan dari Unlimited, bercerita Tentang takeru yang entah mengapa kembali lagi ke waktu dimana dia bangun dari tidur di dalam rumahnya yang sebenarnya sudah hancur, sama dengan titik awal Takeru di Unlimited World. Bedanya, dia mengingat memori yang dia miliki saat masih berada di Unlimited.

Kualitas Cerita Muv-Luv

Muv-Luv Extra:

Review Muv-Luv Visual Novel

Untuk seri Extra, menurut kami ceritanya membosankan. Dialog-dialog maupun konflik yang ada di Extra itu memiliki kualitas rata-rata dan mudah dilupakan. Komedinya pun tidak lucu-lucu amat. Meski begitu, cerita yang disajikan tidak sampai kepada kategori “Horrible”. Justru jalan cerita yang ada di Extra ini sangat penting untuk membangun pemahaman karakter yang komprehensif untuk memudahkan para pembaca memahami cerita di seri selanjutnya. Minimal mengatasi kejadian flashback yang ditampilkan di Unlimited dan Alternative. Jadi sangat disayangkan kalau kita main Skip di seri Extra ini. Kalaupun ingin cepat-cepat menuju ke Unlimited, minimal selesaikan dulu rute Sumika dan Meiya.

Score cerita untuk Extra: 5/10

Muv-Luv Unlimited:

Muv-Luv Unlimited

Unlimited merupakan bagian cerita utama yang penting, karena Unlimited merupakan cerita prequel dari Muv-Luv Alternative. Dua seri ini memiliki latar setting yang sama.
Meskipun mengusung intensitas cerita yang lebih serius dan menegangkan, tapi tidak sampai kepada titik yang membuat saya sebagai pembaca merasa terhanyut ke dalam suasana menyeramkan dan bikin bulu kuduk merinding.

Masih terdapat banyak unsur membosankan di dalam cerita, ditambah dengan progress cerita yang terlalu lamban di awal. Tapi banyak juga unsur cerita penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja, sebagai pondasi menuju seri Alternative. Salah satu unsur penting, adalah betapa detail dan epicnya kegiatan militer Takeru untuk melatih dan menempa dirinya, dari yang hanya seorang pelajar pemalas, menjadi seorang pilot robot TSF (Tactical Surface Fighter) yang paling handal dibandingkan teman-temannya yang lain. Sehubungan ending tiap-tiap route mirip, kalian boleh saja menyelesaikan hanya satu route di Unlimited. Disarankan untuk menyelesaikan route Meiya.

Score Cerita untuk Muv-Luv Unlimited: 7/10.

Muv-Luv Alternative:

Setelah merampungkan “Walkthrough” yang ada pada game VN sebelumnya (Extra dan Unlimited itu VN satu paket), akhirnya kita tiba di puncak kualitas cerita dari seri Muv-Luv trilogi ini.

Kalau di Unlimited, kita sebagai pembaca tidak disuguhi pertempuran antara manusia dan BETA secara langsung, di Alternative ini kita bakalan langsung merasakan atmosfir beberapa pertempuran hebat melawan BETA. Cerita di Alternative dipresentasikan dengan sangat baik, penuh intense, sekaligus plot twist yang bertebaran sepanjang cerita berlanjut, membuat kita semakin penasaran dengan bagaimana akhir cerita perjuangan umat manusia. Meski kami akui pada bagian awal pace cerita terkesan lambat sekali, tapi kami anjurkan untuk tetap bersabar, mengantisipasi kejutan di episode-episode selanjutnya. Pokoknya, almost perfect.

Jangan sampai Drop kalau sudah baca sampai di Alternative. Jadilah saksi kisah heroik sang tokoh utama, Takeru. From Zero to Hero. Ditambah dengan sajian fiksi ilmiah dengan penjelasannya yang komplit, seperti penjelasan teori hukum kausalitas, Rutherford Field, Causality Conductor dan hal-hal berbau ilmiah lainnya yang akan menambah wawasan Anda tentunya.

Score untuk kualitas cerita di Muv-Luv Alternative: 9,5/10.

Karakter Muv-Luv

Karakter merupakan elemen terkuat kedua VN ini setelah storyline.
Dengan durasi cerita yang sangat panjang (total bermain muv-luv trilogy bisa menghabiskan waktu 100 jam lebih), Muv-luv sukses mempresentasikan perkembangan karakter secara mendetail, perlahan tapi pasti, terutama yang paling kelihatan perkembangannya, MC kita, Takeru. Main heroine pun mendapat jatah chara development yang hampir sama banyaknya, membuat para pembaca bisa memahami dan ikut hanyut terhadap permasalahan yang mereka lalui.

Meski dunia di Extra dan Unlimited-Alternative itu berbeda, tapi sifat-sifat para tokohnya memiliki kemiripan di kedua dunia itu. Ketika di seri Alternative, sifat para tokoh utama perlahan akan membaik dan semakin dewasa, sejalan dengan kondisi ekstrim yang mereka hadapi.

Kalian juga bisa klaim waifu Anda di sini. Tapi ingat, jangan terlalu cinta terhadap seorang tokoh, karena kalau tokoh yang Anda sukai mati mengenaskan, itu bisa membuat anda shock berat atau trauma, bahkan bisa menyebabkan drop baca VN ini, kan jadi mubazir. Pokoknya stay calm aja. Nikmati berbagai karakter dengan good personality dan lovable di Muv-luv sesuai takaran, jangan berlebih.

Beberapa karakter terbaik di Muv-Luv menurut kami adalah sang MC, Takeru. Lalu ada Yuuko sensei, Meiya, Ayamine, Sgt.Jinguji a.k.a Marimo-chan, 1st Lt.Tsukuyomi, Capt.Isumi, dan terakhir 1st Lt. Hayase.

Kouzuki YuukoOverall Score untuk character : 9/10.

Musik Muv-Luv

ketika masih di seri Extra, musik merupakan elemen yang bisa dibilang sangat biasa. Sebanding dengan betapa biasa dan boringnya story yang ada di Extra. Tapi, kualitas music atau BGM perlahan membaik di Unlimited, seiring dengan makin seriusnya cerita yang ada di Unlimited.

Kualitas musik benar-benar bagus di dalam seri Alternative. Seperti Opening Theme Song yang dibawakan oleh JAM Project berjudul Asu e no Houkou, keren banget lagunya. Ketika sedang dalam scene battle pun BGM yang dipakai bisa menambah suasana ketegangan. Dan menjelang akhir cerita, lagu berjudul “Carry On” yang dibawakan oleh Yohgo Kohno dan Masaaki Endoh juga menjadi lagu yang bisa membuat para pembaca terhanyut dalam emosi para tokohnya ketika hendak diberangkatkan menuju final battle.

Overall Score untuk Musik : Extra, 5/10 ; Unlimited : 7/10 Alternative : 9/10

Presentasi Muv-Luv

Suzumiya HarukaDi dalam seksi presentasi/penyajian VN ini, satu hal yang saya peringatkan adalah, game ini memiliki rating 18+, jadi ada beberapa adegan “H-Scene”, begitu juga dengan beberapa adegan “Gore”. Kalau mau main VN ini dan umur Anda masih dibawah 18 tahun, ya dimohon kebijaksanaannya. Nekat menonton, resiko ditanggung sendiri.

Untuk Art/animasi di Extra, tidak ada yang spesial, kualitas average, bahkan pada awal bermain saya kurang suka dengan model-model rambut para tokoh karena terlalu imaginary. Tapi seiring berjalan waktu, akhirnya terbiasa dengan model rambut seperti itu. Art di bagian Unlimited memiliki peningkatan, meskipun tidak signifikan. VN Extra & Unlimited memiliki 4:3 aspect ratio. Sedangkan di Alternative memiliki visual 16:9 aspect ratio.

Kualitas Art di Alternative terlihat lebih baik dibanding Extra & Unlimited, dengan visual yang lebih tajam, desain robot yang bagus dan detail, mimik mulut yang bisa bergerak, tidak statis seperti kebanyakan VN lain. Desain karakter BETA juga keren-keren, benar-benar mempresentasikan kengerian yang akan menghancurkan bumi ini. Di bagian Alternative, pembaca juga dimanjakan dengan kualitas CGI yang tak kalah kerennya. Gak nyesel pokoknya kalo sudah baca sampai Alternative.

Overall score untuk Presentasi : Extra : 4/10 ; Unlimited : 6/10 ; Alternative : 9/10

ENJOYMENT 

Meskipun Muv-luv punya kebiasaan buruk menyajikan jalan cerita yang terlambat panas, tapi sekalinya ada di puncak ketegangan, menghasilkan sebuah kepuasan membaca yang sangat memorable.
Sangat direkomendasikan bagi kalian penyuka Genre Sci-fi, Military, Post-apocalypse dengan jalan cerita yang sangat panjang dan mendetail. Tidak direkomendasikan bagi kalian yang mudah bosan, dan tidak suka membaca cerita yang bertele-tele dan ada penjelasan ilmiah yang terbilang rumit.

Enjoyment Score: 8,5/10.