Deface adalah istilah untuk sebuah situs yang secara sengaja di ganti tampilannya oleh orang lain selain yang punya situs tersebut. Nah, terkadang seorang Hacker ini mengganti tampilan situs karena alasan yang saya rasa tidak wajar. Atau bahkan merusak situs orang lain tanpa dasar tertentu dengan landasan bersenang-senang.

Kejadian ini berawal pada malam minggu, sekelompok Defacer mengganti tampilan subdomain IPB Bogor. Yaitu pkspl.ipb.ac.id yang menjadi rumah online Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (PKSPL LPPM IPB).

Defacer dengan kode nama Aris dot ID dan l0c4lh34rtz Subdomain PKSPL-IPB tersebut dan menggantinya dengan foto karakter “Super Legendaris Ultra Magic Cosmos” Pico dari anime Boku no Pico.

ipb-jadi-boku-no-pico-bnp

Mungkin Kelompok Defacer itu terlalu Jomblo dan Mengabaikan yang punya Senjata

boku-no-pico

Kejadiannya yang memang pas di malam minggu membuat semuanya jelas, mungkin mereka yang di sebutkan namanya di bawah ini Jomblo dan ingin menghabiskan malam minggunya dengan Kegiatan seperti ini.

milve404 – fcod3x – malaikat_galau – shor7cut – Mr. BucketHead – s4bun – Abrasak1337 – l0c4lh34rtz – Mr.Vendetta_404 – CTzEn – 0x1958 – ./L1ght_R00t – JokerGhost404 – KidsZonk – All J*ncok Sec Crew

Sampai saat ini Tampilan situs  pkspl.ipb.ac.id masih di hiasi oleh gambar pico. Entah sampai kapan pihak Kampus IPB menyadari nya dan mampu memperbaiki situs yang di kuasai Pico saat ini.

Memang sih, Jomblo bisa mengubah seseorang. Tapi jangan sampai menyukai Pico ya, marilah kita kembali ke jalan yang benar. Sukai saja kawan si Pico. yang mana? itu loh yang ada fotonya bertiga.

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.