Kisah manga Naruto mungkin telah usai. Kalaupun berlanjut, kisah sepak terjang Ninja dari Desa Konoha ini akan diteruskan kepada generasi selanjutnya seperti Boruto, Sarada, Mitsuki, dan lainnya. Banyak cara untuk mengingat kisah hebat Naruto. Bisa saja fans akan membahas ulang cerita-cerita atau hal di balik cerita Naruto. Bisa saja membahas kultur hingga bercosplay ala Naruto. Lainnya bisa juga mengulik lagu-lagu Naruto, contohnya mengulik OST Naruto the Last sebagai mengenang legenda Naruto.

Nah, contohnya teman kita yang satu ini pun turut melantunkan OSt Naruto the Last. Tapi lirik yang dinyanyikan memakai terjemahan bahasa Indonesia, sehingga tidak akan asing di telinga kita. Lagi-lagi Christian Bong kembali melantunkan lagu-lagu asyik dengan gubahan dan aransemen yang rapih. Dan kali ini Christian Bong dan kawan-kawan melantunkan soundtrack Naruto the Movie yang berjudul Hoshi no Utsuwa, dan judul gubahannya adalah Alam Semesta.

Hoshi no Utsuwa ini merupakan lanjutin seri translasi anime / game jepang ke indonesia yang biasa dilakukan oleh Christian Bong. Sebelumnya ia telah membuat gubahan lagu Janji Bunga Matahari (Doraemon), dan Eyes on Me (Final Fantasy VIII).
Pemilihan lagu Hoshi no Utsuwa ini tidak sembarangan karena merupakan hasil request di halaman instagram Christian Bong. Pemilihan lagu berdasarkan request di instagram Christian Bong.
Lirik Hoshi no Utsuwa ditranslate hard-sub (bener-bener general) oleh Fumi Kakudou, seorang translator jepang – indo – inggris yang bahasa Indonesia nya lancar dan pernah tinggal di Indonesia. Lalu Christian Bong dan Hiroaki Kato memadukan ulang hingga translasi ini lebih pas menjadi lirik lagu ketimbang hanya sebuah tulisan.
Menurut Christian Bong, bekerja sama dengan 2 orang jepang sekaligus, Fumi Kakudou dan Hiroaki Kato merupakan suatu pengalaman yang paling berkesan dalam pembuatan video klip ini . Karena 2 proyek sebelumnya tidak melibatkan orang dari Jepang. Bahkan menurut Christian, ini bisa dianggap proyek pilot bareng Hiroaki Kato, karena adanya kesamaan antara Chris dengan Kato, yaitu suka cross translate. Hiro sendiri suka translate indo – jepang, dan justru Chris kebalikannya.
Video klip Alam Semesta ini memakan waktu produksi total sekitar 3 bulan. Hal ini melingkupi proses rekaman audio, bedah lirik, hingga produksi dan post-produksi video. Kamu penasaran dengan lagunya? Tonton video klipnya di bawah ini.
https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=cW0q5sbmi1o
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.