Studio Produksi Anime ARMS Resmi Bangkrut

in ,
Stuido Arms Resmi Bangkrut
Stuido Arms Resmi Bangkrut

Studio anime Arms telah menyatakan kebangkrutannya melalui Pengadilan Distrik Tokyo. Pengajuan ini telah diserahkan pada tanggal 22 Juli 2020. Setelah melalui pertemuan dengan pemegang saham pada tanggal 31 Mei 2020 secara rutin, perusahaan ini secara resmi sepenuhnya ditutup.

Mengenal Studio Animasi ARMS

Studio Anime Arms
Studio ARMS|©Arms Corporation

Studio Arms berdiri pada tahun 18 November 1996 sebagai anak perusahan dari Studio Pierrot Plus. Sebagai studio yang memproduksi anime bergenre dewasa, sebelum menggunakan nama Arms studio ini menggunakan label nama Dandelion dan Triple X.

Mereka juga secara rutin memproduksi OVA anime dengan lebel dewasa sampai tahun 2004. Beberapa judul anime dewasa yang pernah dikerjakan oleh studio Arms diantaranya adalah Front Innocent: Mou Hitotsu no Lady Innocent, dan Hagure Yuusha no Estetica.

Setelah berjalan selama 8 tahun, Osamu Shimizu sang produser mengungkapkan bahwa penjualan anime bergenre dewasa mulai menurun. Dia pun mulai memutuskan untuk memproduksi serial anime televisi dengan judul adaptasi pertamanya adalah Mezzo DSA yang tayang pada tahun 2004.

JANGAN LEWATKAN •
5 Karakter Cewek Yandere Paling Sadis dalam Anime Menurut Dafunda Otaku

Proyek anime orisinal ini dikerjakan oleh studio Arms bersama dengan studio Pierrot. Judul anime televisi kedua adalah Elfen Lied yang diadaptasi dari manga karya Lynn Okamoto dan tayang pada musim panas tahun 2004.

Adaptasi ini cukup mengangkat nama Arms sebagai studio anime secara publik. Pada 22 Desember 2005 Studio Arms mulai berhenti memproduksi animasi bergenre dewasa.

Menurunnya Penjualan Jadi Salah Satu Alasan Bangkrutnya Studios Arms

Studio Anime Arms
Elfen Lied|©Lynn Okamoto, Studio Arms

Pada tahun berikutnya pun studio Arms mulai rutin mengerjakan adaptasi anime dari Novel sampai Manga. Proyek-proyeknya merupakan hasil dari kerja sama antara Studio Arms dengan perusahaan Genco, Kadokawa, Media Factory, Hobby Japan, Aniplex sampai Wani Books. Beberapa anime yang mereka kerjakan diantaranya adalah.

  • Elfen Lied dari manga karya Lynn Okamoto
  • Gokukoku no Brynhildr dari manga karya Lynn Okamoto
  • Maoyuu Maou Yuusha dari novel karya Mamare Touno
  • Ikki Tousen dari manga karya Yuji Shiozaki
  • Hagure Yuusha no Aesthetica dari novel Tetsuto Uesu dan Tamago no Kimi
  • Hyakka Ryouran: Samurai Girls dari novel Akira Suzuki dan Ni0
JANGAN LEWATKAN •
15 Anime Mirip Tokyo Ghoul Terbaik, Kisah Menegangkan Melawan Mahluk Haus Darah!

Pada tanggal 31 Agustus 2017 studio Arms pun merubah nama perusahannya menjadi Common Sense Corp. Kemudian situs resmi studionya ditutup pada 20 September 2019, sampai proses likuidasi diajukan pada 31 Mei 2020.


Nah itulah dia berita tentang bangkrutnya studio anime Arms, bagaimana menurut kalian tentang kabar buruk yang menyedihkan ini? Apakah kalian salah satu penggemar studio Arms? Komen di bawah ya.