Menurut kebanyakan penonton film jepang “Sehebat-hebatnya Star Wars: The Force Awakens, masih lebih hebat film kami”. Pada akhir pekan minggu lalu, banyak penonton Jepang yang lebih tertarik menonton film animasi Yo-Kai Watch the Movie 2: King Enma and the 5 Stories, Nyan!, daripada film Star Wars: The Force Awakens.

Meskipun tidak dirilis pada tanggal yang sama. kedua film tersebut dirilis di bioskop Jepang dalam waktu berdekatan. The Force Awakens diputar sehari lebih dulu ketimbang Yo-Kai Watch the Movie 2: King Enma and the 5 Stories, Nyan! yang ditayangkan pada 19 Desember 2015. Walaupun demikian, penjualan tiket film animasi garapan Shigeharu Takahashi dan Shinji Ushiro itu ternyata lebih laris dari The Force Awaken di akhir pekan s.

Berdasarkan laporan Variety, film animasi yang berdasarkan game populer Yo-Kai Watch ini berhasil menjual 957 ribu tiket selama dua hari penayangannya. Didistribusikan oleh Toho, film ini dirilis di 358 bioskop dan berhasil menghasilkan 8,71 juta dolar AS (Rp 119 miliar). Sedangkan Star Wars: The Force Awakens yang dirilis secara besar-besaran di 371 bioskop di Jepang dengan 958 layar hanya bisa menjual 800 ribu tiket pada akhir pekan kemarin.

JANGAN LEWATKAN
Civil War Kalah Saing dengan Detective Conan di Jepang

Dan, karena harga tiket Star Wars: The Force Awakens jauh lebih mahal ketimbang film Yo-Kai Watch the Movie 2, maka pendaparan box office film ketujuh Star Wars itu pun meraup jumlah dolar yang lebih banyak, yaitu 10,3 juta dolar AS (Rp 140 miliar). Kini, Star Wars telah menghasilkan 13,3 juta dolar AS (Rp 181 miliar) di Jepang selama tiga hari penayangannya.

Film sekuel Yo-Kai ini menduduki peringkat pertama di box office akhir pekan Jepang. Sementara, Star Wars: The Force Awakens mendapatkan peringkat kedua di box office. Hal ini karena, peringkat box office Jepang di tentukan dari jumlah penjualan tiket, bukan dari hasil pemasukan.

JANGAN LEWATKAN
Film Mozu Memimpin di Puncak Box Office Jepang

Pihak Toho sendiri memprediksi bahwa sekuel Yokai Watch ini akan mengungguli film pertamanya yang dirilis pada Desember tahun lalu. Film pertama Yo-Kai Watch the Movie yang berjudul The Great King Enma and the Five Tales, Meow! berakhir dengan membawa pulang 64 juta dolar AS. Film pertamanya itu juga memecahkan rekor penjualan tiket terbanyak dalam catatan distributor film Toho.

Seperti dilansir dari Animenewsnetwork, pihak Toho mengatakan, “Kami akan membuat Yokai Watch menjadi sebuah serial panjang yang hits, seperti Doreamon, Crayon Shin chan, Detective Conan dan Pokemon.”