5 Aplikasi Livestream Untuk Mengajar Online Saat #dirumahaja

in ,
Aplikasi Livestream Untuk Belajar Online
Aplikasi Livestream Untuk Belajar Online | youtube.com

Selama diberlakukan masa isolasi 14 hari karena virus corona kini kian menyebar, membuat sekolah-sekolah di Indonesia diliburkan. Namun pelajaran para siswa tetap harus berjalan meskipun harus secara online di rumah. Supaya tidak ada alasan ketinggalan materi-materi pelajaran yang perlu.

Nyatanya kini guru-guru banyak kesulitan untuk menentukan cara belajar online yang efektif. Dengan begitu, kali ini Dafunda Tekno ingin membagikan 5 aplikasi streaming untuk belajar online bagi guru-guru di Indonesia.

5 Aplikasi Streaming untuk Belajar Online yang Efektif untuk Guru-guru di Indonesia

Kelima aplikasi streaming untuk belajar online ini mungkin ada beberapa yang tidak asing lagi. Selain sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi belajar online ini dinilai lebih efektif digunakan untuk mengajar secara online. Apa-apa saja aplikasi live streaming tersebut? Yuk simak berikut ulasan lengkapnya.

JANGAN LEWATKAN •
7 Ciri-Ciri HP Android Sedang di Sadap Atau di Hack yang Harus Kamu Tahu

1. Facebook

Aplikasi Live Streaming Terbaik Facebook
Facebook | androidpit.com

Facebook adalah salah satu media sosial yang cukup tua dan kini sudah memiliki fitur live streaming yang dapat diakses melalui smarpthone penggunanya. Mulai diluncurkan pada tahun 2015 lalu media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini mendorong pengguna untuk membagikan konten pribadi mereka.

Cara menggunakan aplikasi Facebook cukup mudah, cukup klik pada tulisan ‘what’s on your mind’ seperti saat ingin membuat status di Facebook. Nanti bakal muncul fitur go live di bagian bawah menu upload foto. Setelah itu kamu bakal tersambung ke lama livestream.

Tenang, fitur ini juga bisa dibuat private sehingga hanya murid-murid saja yang bisa mengakses livestream tersebut. Apalagi kalau Facebook adalah media sosial terbesar dan hampir seluruh orang di dunia sudah menggunakannya.

2. Instagram

Aplikasi Instagram Untuk Livestream
Instagram | recode.id

Instagram adalah aplikasi berbagi video pendek dan foto yang tidak asing lagi saat ini. Instagram juga aplikasi yang sangat diminati remaja dengan fitur-fitur menarik. Instagram juga sudah memiliki fitur livestream sejak 2016 lalu yang dapat digunakan oleh penggunanya.

JANGAN LEWATKAN •
100 Aplikasi yang Harus Kamu Hapus Segera dari Ponsel

Cara menggunakan livestream di Instagram mudah banget kok. Kamu cukup klik pada bagian menu stories di bagian pojok kiri atas. Kemudian geser di menu paling bawah sebelah kanan sampai muncul tuliasn Live. Lalu klik di tombol tersebut dan kamu bisa mulai melakukan livestreaming hingga 1 jam.

Selain itu kamu juga bisa mengatur privasi untuk membatasi hanya follower kamu yang bisa melihat livestreaming. Sehingga nantinya guru yang ingin mengajar hanya untuk murid-muridnya saja.

3. YouTube

Aplikasi Livestream Terbaik
YouTube |Pinterest

YouTube adalah salah satu media sosial mainstream dengan pengguna lebih dari 2 milliar. YouTube saat ini menjadi media sosial paling populer untuk content creator untuk menampung segala kreativitas mereka.

YouTube juga telah merilis fitur livestream semenjak 2011 lalu untuk para pengguna dalam berinteraksi dengan para pengikutnya atau subcribernya.

Untuk melakukan livestream di YouTube cukup gampang. Kamu cukup klik di tombol rekam di kanan atas, kemudian pilih fitur livestream dan nanti kamu bakal terhubung.

JANGAN LEWATKAN •
10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris (TOEFL) Terbaik di Android Gratis

Bagi pengguna Hp Android, aplikasi ini juga sudah tersedia tanpa harus download dan install lagi.

4. Twitch

Aplikasi Twitch
Twitch| makeuseof.com

Twitch adalah salah satu aplikasi live stream game yang cukup banyak digunakan oleh para gamer saat ini. Aplikasi ini juga bisa dijadikan oleh guru sebagai alternatif mengajar online. Terutama sekali bagi pelajar di Indonesia yang sudah akrab sekali dengan dunia game saat ini.

Kini Twitch sudah diakses lebih dari 2 juta pengguna di dunia. Untuk mengakses aplikasi ini tentu kamu harus memiliki akun Twitch dahulu.

Untuk melakukan livestream di Twitch, sebelumnya kamu harus memiliki akun OBS Studio supaya dapat menikmati fitur live streaming di aplikasi ini.

5. Bigo Live

Aplikasi Livestream Untuk Belajar Online
Bigo Live | allure.com

Jangan berpikir negatif dulu setelah membaca kata dari aplikasi livestream satu ini. Kamu belum tahu manfaat Bigo Live sebenarnya lebih banyak dari pada sisi negatifnya.

JANGAN LEWATKAN •
Jutaan Orang Tidak Menyadari, 10 Aplikasi ini Bisa Menghasilkan Duit Dengan Mudah

Aplikasi Bigo Live pernah booming sejak tahun 2016 lalu, dapat dijadikan sebagai aplikasi alternatif untuk mengajar online melalui smartphone. Cara melakukan livestream di Bigo Live cukup mudah. Kamu cukup menekan tombol rekam yang terdapat di tengah bawah. Lalu klik pada tombol go live dan kamu bakal terhubung untuk memulai livestream.

Namun dalam menggunakan aplikasi tersebut diperlukan pengawasan dari orang tua. Aplikasi-aplikasi hanya boleh diakses oleh anak 12 tahun ke atas.

Itulah 5 aplikasi livestream terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mengajar dan belajar online. Jika kamu punya rekomendasi aplikasi lainnya, jangan lupa bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.