TeknoBerita Teknologi

Apa Itu Mastodon? Media Sosial yang Menarik Perhatian Pengguna Twitter

Baru-baru ini banyak pengguna Twitter yang mulai pindah ke media sosial alternatif setelah Twitter diambil alih oleh Elon Musk pada akhir Oktober 2022 kemarin. Salah satu media sosial populer yang menjadi pilihan para pengguna Twitter yaitu Mastodon. Berbicara soal Mastodon, kali ini kita akan membahas apa itu Mastodon dan kenapa media sosial ini menarik perhatian pengguna Twitter?

Alasan kenapa banyak pengguna Twitter yang pindah, karena kontroversi Elon Musk sebagai pemilik baru Twitter dan perubahan sejumlah produk Twitter. Contohnya sekarang Twitter memungut biaya langganan Twitter Blue sekitar 124.760 ribu untuk pengguna yang ingin mendapatkan centang biru.

BACA JUGA:

Berikut Penjelasan Lengkap Apa Itu Mastodon

Penjelasan Lengkap Apa Itu Mastodon
Penjelasan Lengkap Apa Itu Mastodon | id.jugomobile.com

Mastodon merupakan media sosial yang bersifat terbuka yang diluncurkan oleh Eugen Rochko pada 2016. Media sosial ini dikembangkan oleh Mastodon gGmbH dan bisa kamu download di Google Play Store, App Store atau lewat browser.

Kalau kita lihat dari segi tampilan, media sosial ini memiliki UI yang cukup mirip dengan Twitter, sebagai contoh pengguna bisa melihat linimasa, explore, dan trending topik pada bagian halaman utama. Terus pada halaman utama terdapat tab hastag yang paling sering digunakan.

Menariknya lagi media sosial yang satu ini memiliki beberapa fitur yang hampir sama seperti Twitter. Seperti reply, retweet, bookmark, like, favorite, hastag dan follow. Karena tampilannya yang cukup mirip dengan fitur yang sama, tidak heran kalau banyak pengguna Twitter yang pindah.

Meskipun sebagian besar Moastodon ini mirip dengan Twitter, tapi ada beberapa perbedaan seperti pengguna bisa membuat postingan dengan 500 karakter, terus media sosial ini menyajikan timeline sesuai dengan urutan waktu.

Media Sosial Mastodon Memiliki Ribuan Server

Media Sosial Mastodon Memiliki Ribuan Server
Media Sosial Mastodon Memiliki Ribuan Server | belfastlive.co.uk

Jadi media sosial ini, membuat siapa saja bisa membuat server dan menjadi host. Menurut informasi yang kami dapatkan, terdapat 4.000 server Independen yang ada di Mastodon. Kebanyakan server dijalankan oleh berbagai grup atau individu.

Untuk bergabung dengan media sosial ini, pengguna tidak bisa membuat akun seperti ketika membuat Instagram atau Facebook. Pengguna Mastodon harus memilih salah satu server terlebih dulu untuk mendaftar.

Nantinya server tersebut akan menjadi rumah bagi pengguna, meskipun memiliki banyak server, tapi pengguna masih bisa berinteraksi dengan pengguna dari server lain layaknya seperti media sosial pada umumnya.


Demikianlah penjelasan lengkap soal apa itu Mastodon, media sosial yang menarik perhatian pengguna Twitter. Setelah membaca artikel ini, kira-kira nih kalian tertarik untuk menggunakan media sosial yang satu ini? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Dafunda.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment