7 Fakta Twitter, Situs Mikroblogging Terpopuler Sepanjang Masa

in ,
Fakta Twitter
Twitter | Pew Research Center

Berikut adalah 7 fakta Twitter, situs mikroblogging terpopuler dan masih terus meroket hingga detik ini.

Ketika meluncur perdana 21 Maret 2006, situs mikroblogging Twitter langsung menjadi buah bibir seluruh warganet. Pada tahun 2008, situs inipun mulai booming. Dan kalau kamu masih ingat, kala itu banyak selebriti yang heboh dan berlomba-lomba untuk dulu-duluan memiliki jumlah followers terbanyaknya.

Kini pada tahun 2021, Twitter sudah menjadi “wakil” atau bahkan pengganti media sosial terbesar, Facebook. Terbukti banyak warganet (apalagi yang dari barat sana), yang kini lebih sering melakukan update atau penting melalui Twitter (apalagi selebritis).

Nah melihat fakta tersebut, yuk mari kita simak 7 fakta Twitter yang keren dan mungkin belum kamuu ketahui berikut ini.

1. Terinspirasi dari SMS

Fakta Twitter
PBS

Fakta Twitter keren dan mungkin belum kamu ketahui pertama, adalah fakta bahwa inspirasi Twitter berasal dari fitur dasar ponsel ini.

Jadi kala itu bos Twitter, Jack Dorsey, tiba-tiba terpikir ide simpel namun keren. Dalam idenya tersebut ia bergumam, “Bagaimana jika seseorang bisa mengirim SMS yang pesannya bisa dibaca dan didiskusikan di lingkaran grup-nya?”

Dorsey dan beberapa temannya pun mulai mengembangkan ide sederhana tersebut melalui sebuah proyek yang mereka beri nama twttr.

2. Friendstalker

fakta Twitter
The Fact Site

Fakta Twitter keren selanjutnya adalah sama hal-nya seperti Facebook dan situs-situs lain yang memiliki nama awal berbeda, Twitter pun juga demikian. Awalnya co-founder Twitter, Evan Williams, ingin memberi nama situs ini dengan nama FriendStalker.

Ide nama tersebut berdasar pada konsep dasar situsnya ini. Yaitu spesifiknya, dengan Twitter, pengguna bisa stalking teman atau selebriti yang ada di Twitter-nya. Namun pada akhirnya rekan Williams Noah Glass, menolak usulan tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Ternyata Kita Bisa Save Draft Tweet Twitter Kita Loh! Begini Nih Caranya

Glass dan tim pun lantas membuka kamus untuk mencari namanya. Spesifiknya, mereka ingin mencari nama yang sinonim dengan kata “Twitch”. Setelah melakukan pencarian yang intensif, akhirnya Twitter pun terpilih sebagai namanya.

3. Tweet yang Pertama

Gak memungkiri masih banyak dari kita yang belum mengetahui tweet pertama yang diunggah di dalam Twitter. Tapi untunglah gue sudah menemukan jawabannya.

Tweet yang paling pertama diunggah di Twitter gak lain dan gak bukan, adalah tweet dari Dorsey sendiri. Ia mengunggahnya tepat pada tanggal peluncuran situsnya. Tanpa panjang lebar, berikut adalah unggahan tweet pertama tersebut.

Fakta Twitter
Vice

4. Larry the Bird

Larry Twitter
Larry The Bird

Pastinya masih banyak dari kita yang mengira bahwa burung biru yang menjadi maskot Twitter tidak memiliki nama. Well, anggapan ini salah besar. Karena berdasarkan unggahan tweet yang pernah diunggah oleh mantan product manager situsnya, Ryan Sarver, burung tersebut faktanya memiliki nama.

JANGAN LEWATKAN •
Megumin Dominasi Fanart 'Konosuba'

Dan nama maskotnya ini adalah Larry the Bird. Seperti pernah mendengar dengan namanya? Yap, nama ini terinspirasi dari nama pebasket legendaris tim Boston Celtics jadul, Larry Bird.

5. Server Overload

Fakta Twitter
BeritaSatu

Layaknya seperti peluncuran situs-situs pada umumnya, pada awal peluncurannya Twitter juga mengalami overload pada mesin server-nya. Momen mengerikan ini terjadi pada tahun 2007 yang mana kala itu, Twitter menampung 6000 tweet yang diunggah dalam satu harinya.

Tapi ya kalau kita pikir hal ini wajar saja terjadi. Karena sekali lagi Twitter saat ini masih awal banget. Sehingga pastinya, jumlah server yang menampung pun juga masih sedikit. Intinya, sangat berbanding terbalik dengan kapasitas jumlah tweet yang masuk ke dalam server-nya.

6. 350.000 / Menit

1 Ya6e8zdzimgc3c9kk26 Sgy
Medium

Bukan ini bukan jumlah penghasilan yang didapatkan oleh Dorsey melalui situsnya ini. Melainkan ini adalah jumlah unggahan tweet dari seluruh penggunanya.

JANGAN LEWATKAN •
Catat! Besok GameStop Tambah Stok PS5, Jangan Sampai Kelewatan

Jadi berdasarkan data yang ada, kurang lebih sebanyak 350.000 tweets terunggah setiap menitnya. Atau kalau kita konversikan lagi dalam hitungan per hari, maka dalam 1 harinya, jumlah tweets yang terunggah mencapai 500 juta tweet.

7. Awas Kecanduan!

Untitled 1 7
Classic Housewife

Dan inilah fakta Twitter yang kamu harus camkan baik-baik. Apabila kamu adalah salah satu yang kecanduan Twitter setiap harinya, maka BERHATI-HATILAH!

Karena berdasarkan studi yang berasal dari Booth Business School, Chicago, AS, faktanya Kecanduan Twitter jauh lebih berbahaya dari kecanduan rokok maupun alkohol. Tapi tetap ya kecanduan rokok dan alkohol juga sangat berbahaya!

Jadi dari penjelasan tersebut, jelaslah bagi kita untuk mulai mengurangi jam online Twitter kita. Itulah tadi 7 fakta Twitter keren yang wajib kamu ketahui. Semoga pembahasannya bermanfaat ya!