7 Fakta Youtube Yang Wajib Diketahui Oleh YouTubers

in ,
Fakta YouTube
YouTube | Rencanamu

Berikut adalah 7 fakta Youtube yang wajib diketahui oleh kita-kita yang YouTubers.

Ketika meluncur perdana pada tanggal 14 Februari 2005, banyak dari kita yang menganggapnya sebagai situs untuk nonton video saja. Untuk seru-seruan saja. Namun kini tak dipungkiri, Youtube menjadi salah satu situs yang super vital.

Spesifiknya situs yang dibuat oleh trio: Chad Hurley, Steven Chen, dan Jawed Karim ini, kini telah menjelma juga sebagai ladang penghasilan. Terbukti banyak banget orang-orang yang kini menjadi miliarder dadakan cuma karena berbagai video YouTube-nya saja.

Dan gue rasa beberapa dari kalian mungkin juga ada yang telah mencapai kesuksesan yang serupa. Nah sekarang jangan cuma jadi YouTubers nya saja atau cuma hobi nonton doang. Yuk kita simak juga 7 fakta YouTube nya berikut ini.

1. Video Pertama

Fakta YouTube yang wajib diketahui pertama adalah terkait video yang pertama kali diunggah di situsnya ini. Dan pastinya banyak dari kamu yang sudah tahu bukan? Apa belum? Langsung saja kamu simak video pertama yang gue maksud tersebut.

Yap, video yang pertama kali diunggah tersebut adalah video yang menampilkan Karim di kebun binatang San Diego, AS yang berjudul “Met at the Zoo”.

Video bersejarah ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 pukul 08:27 dan berdurasi 19 detik. Video-nya menampilkan Karim yang membicarakan gading milik salah satu gajah yang ada di belakangnya.

Walau sangat sederhana dan tidak terlalu memiliki makna yang yang signifikan, namun video inilah yang sukses menghantarkan ketiganya dan situsnya menjadi seperti sekarang ini.

Ketika tulisan ini dibuat (April 2021), video ini telah memiliki 161 juta views dengan 7.4 juta likes.

2. Awalnya Dikonsepkan Sebagai Situs Kencan

Youtube Pada Awalnya Adalah Laman Sesawang Dating
Iluminasi

Fakta YouTube selanjutnya mungkin membuat kita menganga gak percaya. Tapi faktanya, YouTube awalnya Ingin Karim cs maksudkan sebagai situs kencan online (online dating).

JANGAN LEWATKAN •
Instagram Raup Keuntungan Lebih Besar Dibandingkan YouTube

Mungkin awalnya mereka ingin membuat situs kencan berbasis video (awal mula video call)? Mungkin saja. Tapi pada akhirnya semuanya berubah dan YouTube pun, beralih menjadi situs unggah dan nonton video.

3. Insiden Superbowl Janet Jackson

Siapa sangka insiden memalukan Superbowl antara Janet Jackson dan Justin Timberlake tahun 2004, menjadi cikal bakal inspirasi penciptaan YouTube?

Ya jadi ceritanya kala itu. Karim ingin melihat video tersebut. Namun, sayang setelah mencari-cari di Internet, ia gak menemukan video-nya. Faktor lainnya juga Chen cs yang sedang melakukan dinner party, gagal untuk mengirimkan video keseruan pesta-pesta mereka melalui lampiran e-mail.

Dengan seluruh hambatan tersebut, akhirnya Chen pun berinisiatif untuk membuat situs berbagai video ini.

4. Didanai oleh PayPal

Fakta YouTube
Payments Journal

Karena pada awalnya Karim cs gak punya dana untuk memperluas jaringan Youtube, alhasil mereka pun meminta bantuan dana ke situs pembayaran online legendaris, PayPal.

JANGAN LEWATKAN •
Walaupun Video Youtube Dicuri, Kreator Masih Tetap Dapat Penghasilan

Dan untungnya PayPal menyanggupinya. Mereka pun mulai mendanai YouTube dengan sisa uang buyout eBay mereka.

5. Google Membeli YouTube

fakta youtube
BYRON MARKETING

Oktober 2006, Google resmi membeli YouTube. Google menghargai YouTube dengan total $1.65 miliyar. Dan kala itu deal ini sangatlah besar dan revolusioner dalam industri IT dan internet.

Dan kini seperti kita tahu, keduanya terintegrasi dengan sangat baik dan pas banget. Terbukti keduanya masih menjalin terus kerjasama yang telah mereka bina semenjak 15 tahun yang lalu ini.

6. Lokalisasi 98 Negara

Fakta YouTube
Doz

Tahun 2007, YouTube mulai melakukan langkah lokalisasi terhadap situs mereka. Proses ini tentunya untuk memudahkan pengguna (user) untuk mengakses situsnya dengan bahasa ibu mereka sendiri.

Pada awal penerapan, hanya ada 10 negara yaitu: Amerika Serikat, Inggris, Brazil, Perancis, Irlandia, Itali, Jepang, Belanda, Polandia, dan Spanyol. Menjelang akhir 2020, lokalisasi YouTube telah menjangkau 98 negara termasuk tentunya, Indonesia.

JANGAN LEWATKAN •
Guru di Seattle Menerima Ancaman Setelah Berkomentar Buruk Tentang PewDiePie

7. Ronaldinho

Salah satu legenda sepakbola Brazil super ngetop ini, faktanya tidak hanya mumpuni di lapangan hijau. Namun juga mumpuni di rana YouTube.

Pasalnya pada bulan Oktober 2005, unggahan videonya yang merupakan hasil sponsoran dengan merek sepatu legendaris, Nike, sukses menjadi video pertama yang mencapai 1 juta views. Padahal kalau kita pikir video-nya hanya memperlihatka ia yang sedang men-juggling bola dengan kakinya yang sudah bersepatu Nike.

Well, namanya saja sosok ngetop dan juga, kala itu situs ini masih baru banget. Jadi gak heran apabila mencapai jumlah views sebanyak itu bukan? Sekarang, dari 7 fakta YouTube ini, yang manakah yang membuat kalian tercengang sendiri?