3 Aplikasi Belajar Online Gratis Ini Populer Karena Corona, Ini Manfaatnya?

in ,
Aplikasi Belajar Online Populer
Aplikasi Belajar Online Populer | bordany.com

Kini sudah banyak sekali aplikasi sebagai penunjang belajar dan bekerja dari rumah. Bahkan ada beberapa di antaranya masuk ke dalam tren pencarian Google. Apa-apa saja aplikasi belajar online yang dimaksud tersebut? Penasaran, yuk simak terus ulasan berikut di bawah ini.

Presiden Joko Widodo kini mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah karena penyebaran virus corona. Dalam mendukung kegiatan belajar dari rumah, sudah ada beberapa aplikasi belajar online gratis yang dapat digunakan. Salah satunya aplikasi dari Google yaitu Google Classroom yang dapat dimanfaatkan pada situasi saat ini.

3 Aplikasi Belajar Online Populer Karena Virus Corona

Menurut hasil penelusuran yang Dafunda Tekno lakukan, kini ada 3 aplikasi belajar online yang sedang tren di Google pencarian. Termasuk Google Classroom yang kian banyak digunakan oleh penggunanya saat ini. Lalu apa-apa saja aplikasi selain Google Classroom tersebut?

1. Hangouts Meet

Download Aplikasi Hangouts Meet
Hangouts Meet | phonearena.com

Aplikasi Hangouts Meet ini adalah aplikasi Milik Google yang dapat digunakan oleh pelajar, mahasiswa, dosen, hingga pekerja secara gratis. Aplikasi ini tentu sangat diandalkan untuk melakukan aktivitas dari jarak jauh seperti belajar atau lainnya.

Dalam seminggu belakangan ini, sejumlah pengguna bahkan bangga dengan memamerkan aktivitas mereka di Hangouts Meet di media sosial seperti Instagram dan lainnya.

Google dalam situasi pandemi virus corona ikut menggratiskan layanan premium Hangouts Meet hingga 1 Juli mendatang. Layanan premium menjadi gratis pengguna dapat memanfaatkan seperti:

  • Batas pengguna ditingkatkan menjadi 250 peserta per panggilan video.
  • Siaran langsung bisa ditonton oleh 100 ribu pemirsa lainnya
  • Panggilan/siaran juga dapat direkam serta di simapn ke Google Drive

2. Google Classroom

Aplikasi Google Classroom
Google Classroom |edu.google.com

Google Classroom ini menjadi tren pertama di mesin pencarian Google hari ini. Pelajar serta mahasiswa dapat menggunakan layanan tersebut selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) diberlakukan pemerintah.

Nah di Google Classroom ini kamu tentu bisa menggunakan akun Google untuk login. Pengguna juga dapat memilih satu peran antara pengajar dan murid.

Kelas daring merupakan salah satu fitur dari Google Classroom yang diakses untuk murid. Murid diharapkan terlebih dahulu mengetahui kode kelas yang dibuat oleh pengajarnya

Selain itu untuk tugas-tugas dari pengajar juga sudah ada laman khusus. Bahkan untuk setiap akun Google ada jadwal tenggat waktu jika pengajar menetapkan dan dicatat ke Google Calendar.

3. Zoom

Download Aplikasi Zoom
Aplikasi Zoom | twitter.com

Zoom merupakan aplikasi belajar online cukup populer selama penyebaran virus corona COVID-19 ini. Sudah ada lebih 600 ribu unduhan pekan lalu, seperti laporan Apptopia. Angka tersebut merupakan angka pertumbuhan bagi perusahaan Bahkan menurut AppAnnie, Zoom berada di peringkat teratas kategori aplikasi gratis di sejumlah pasar.

Sebagai informasi tambahan, di kuartal I aplikasi Zoom pengguna bulanan lebih besar dari pada pengguna pada 2019 di Amerika Serikat.

Pengguna layanan Zoom gratis bisa dapat digunakan untuk mengadakan rapat, belajar jarak jauh selama 40 menit dengan maksimal peserta. Sedangkan untuk versi premiumnya pengguna dapat bebas menggunakan tanpa ada batasan. Bagi yang belum tahu cara download dan install aplikasi Zoom, kamu bisa lihat melalui tutorial di bawah ini.


Itulah 3 aplikasi belajar online populer karena virus corona. Ketiga aplikasi tersebut tentu dapat kamu manfaatkan untuk belajar, bekerja jarak jauh. Bahkan kamu juga dapat menggunakan masa promo dari aplikasi yang disediakan Google di atas.