Apple dan Samsung Kena Denda Karena Memperlambat Smartphonenya di Italia

in , ,
Apple Samsung Kena Denda

Dua raksasa smartphone, Apple dan Samsung mengalami permasalahan di Italia. Pasalnya produsen gadget ini kedapatan membuat smartphone mereka menjadi lambat. Investigasi yang dimulai sejak bulan Januari lalu oleh otoritas persaingan bangsa menemukan bahwa pembaruan perangkat lunak pada ponsel tertentu bisa menyebabkan kinerja perangkat menjadi lebih lambat.

Investigasi ini dimulai dari kecurigaan terhadap smartphone jenis lama. Apple dan Samsung dituduh memiliki pembaruan yang ternyata lebih memiliki banyak bug dari versi sebelumnya, sehingga mendorong orang untuk melakukan pembelian smartphone baru.

Salah seorang pengawas investigasi ini mengatakan bahwa, “Apple dan Samsung menerapkan praktik komersial yang tidak jujur” dan sistem operasi yang baru diperbarui “menyebabkan malfungsi yang serius dan kinerja berkurang secara signifikan, sehingga mempercepat orang untuk mengganti ponselnya.”

Selain itu, kedua perusahaan ini tidak memberitahu apa dampak dari pembaruan perangkat lunak tersebut, serta tidak memberikan arahan bagaimana cara untuk mengembalikannya seperti normal kembali.

Samsung mengatakan kepada orang yang memiliki Galaxy Note 4 untuk menginstal versi bari dari Google Android seperti yang ada di Galaxy Note 7. Tapi para pengguna yang telah melakukannya mengklaim bahwa ponsel model lama mereka menjadi lebih lambat. Sama halnya dengan Apple, perusahaan tersebut juga mengatakan kepada pemilik iPhone 6 untuk menginstal versi terbaru dari OS iPhone 7, tapi tampaknya lebih banyak masalah yang terjadi di ponsel model lama tersebut.

Oleh karena itu, Apple dan Samsung masing-masing didenda sebanyak 10 Miliar Euro (170 Miliar Rupiah) dan 5 Milliar Euro (85 Miliar Rupiah). Semoga saja, update yang memperlambat smartphone ini tidak melanda di Indonesia.

Ayo mulai berdiksusi