Hati-hati Keseringan Main Ponsel Dalam Gelap, Bisa Jadi Buta Loh!

in ,
Bahaya Main Ponsel Dalam Gelap

Kalian memiliki kebiasaan main ponsel dalam gelap? hati-hati ini jangan dianggap sepele, karena bakal terancam bagi kesehatan mata bahkan bisa membuat kehilangan penglihatan loh!

Salah seorang ilmuwan dari University of Toledo menjelaskan jika blue-light atau cahaya biru di layar smartphone dapat mengarah ke dalam degenerasi macular. Dimana itu akan mengarah kepada menurunnya kemampuan dalam melihat.

“Bukan lagi rahasia jika blue-light akan mengancam penglihatan kita dengan merusak retina. Eksperimen kami yang menyebutkan jika hal ini bisa terjadi.”ungkap profesor Univesity of Toledo Ajith Karunarathne.

Bahaya Main Ponsel dalam Kondisi Gelap

Pada spektrum cahaya blue-light terdapat panjang gelombang yang lebih pendek. Maka lebih banyak membawa energi dari cahaya merah, kuning atau hijau. Terlalu banyak eksposure tersebut menyebabkan reaksi berbahaya yang dapat merusak sel fotoreseptor sensor cahaya di retina mata.

“Tidak ada hal yang memicu dari cahaya biru, kuning, atau merah” yang membuat ‘retina-generated toxicity’ hanya disebabkan oleh cahaya biru.

Molekul lain dari retina ada bertugas sebagai antioksidan untuk mencegah sel mata mati. Namun semakin bertambahnya usia, maka sistem kekebalan tubuh akan lebih berjuang untuk menjaga sel-sel supaya tetap sehat.

Hasilnya jika terlalu sering diserang oleh cahaya biru yang konstan maka akan mempercepat peluang untuk orang tersebut mengalami degenerasi makula.

“Sel fotoseptor tidak dapat beregenerasi lagi di mata” ungkap Kasun Ratnayake. salah seorang peneliti mahasiswa PhD yang juga bekerja di penelitian ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pengguna smartphone harus berhati-hati dan menjaga tidak terlalu sering menggunakan perangkat elektrinik pada kondisi gelap.

Penggunaan smartphone dalam cahaya gelap dapat mengintensifkan cahaya yang terpancar dari smartphone tersebut menjadi berlipat-lipat ganda. Hal tersebut tentu akan sangat membahayakan mata nantinya.

Pengguna dapat meminimalisirnya dengan cara menggunakan kacamata hitam atau kacamata yang khusus dirancang untuk menyaring cahaya biru.

Nah, bagi kamu yang sering chat-chatan dengan gebetan dalam gelap hati-hati aja. Jika terlalu sering dengan aktivitas tersebut, maka mata kamu akan kena masalah nantinya.