Begini Cara Menyelamatkan Ponsel yang Terendam Air

in ,
Cara Mengatasi Ponsel Masuk Air
Cara Mengatasi Ponsel Masuk Air | t.cj.sina.com.cn

Awal tahun 2020 sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya mengalami musibah banjir sejak Rabu kemarin. Menurut laporan banjir menggenang di sejumlah kawasan hingga Kamis 2/1/2020.

Sebagian dari warga itu bergegas untuk menyelamatkan harta bendanya dari terjangan air. Barang-barang tersebut termasuk seperti barang elektronik yang sangat rentan rusak jika terendam. Salah satunya seperti smartphone yang kita gunakan setiap har.

Lalu bagaimana jika ponsel yang tidak mampu bertahan di dalam air tersebut terendam di dalam air? Jangan cepat pasrah, mungkin kamu bisa lakukan cara menyelamatkan ponsel yang terendam air ini.

Cara Menyelamatkan Ponsel yang Terendam Air

1. Segera angkat smartphone dari dalam air

Jika ponsel kamu masuk terendam dalam air, sebaiknya segeralah untuk mengangkat ponsel tersebut. Hal ini sangat penting untuk mencegah air masuk ke dalam komponen dalam ponsel. Jangan pernah untuk menundanya, karena jika tidak segera diangkat kemungkinan kecil ponsel untuk selamat.

2. Matikan Ponsel

Jika smartphone sudah diangkat, sesegera mungkin untuk mematikan smartphone jika masih dalam keadaan menyala. Hal ini juga penting supaya tidak ada hubungan arus pendek arus listrik. Jangan sesekali mencoba untuk menyalakan ponsel jika belum benar-benar kering sepenuhnya.

3. Jangan pernah ambil smartphone yang terendam jika dalam keadaan lagi di cas (terhubung arus listrik)

Jangan sesekali mengambil ponsel yang terendam jika sedang dalam keadaan cas atau terhubung langsung dengan arus listrik. Karena hal ini sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa. Apalagi arus listrik di sekitar genangan air itu dapat tersetrum.

Jika ingin mengambil ponsel di dalam air yang sedang di cas, matikan terlebih dahulu listrik rumah kamu.

4. Keringkan ponsel menggunakan handuk atau kain lembut

Jika ponsel dalam keadaan basah terendam air, angkat ponsel tersebut lalu segera keringkan menggunakan handuk atau kain kering lainnya. Cara ini cukup penting mengingat untuk menyelamatkan komponen di dalam ponsel.

5. Lepas semua aksesoris yang terpasang seperti casing dan headphone

Langkah penyelamatan ponsel terendam lainnya adalah melepas case smartphone dan cek bagian bodi dalamnya. Jika memungkinkan, lepas saja beterai dan memeriksa di bagian pojok baterai yang ada lingkaran kotak kecil warna putih.

Jika warna putih itu berubah menjadi warna pink atau merah, bisa jadi ada kerusakan akibat kemasukan air. Tetapi jika ponsel kamu jenis baterai non-removable battery atau baterai yang tertanam di bagian bodi ponsel. Jadi pastikan saja bagian dalam benar-benar kering.

6. Lepas kartu SIM dan memori eksternal

Buka slot kartu SIM dan memori internal untuk melepaskannya dari ponsel. Meskipun komponen keduanya tergolong masih tahan terhadap air, namun dengan mengeluarkan segera dapat mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalkan terjadi korosi di bagian komponen yang terbuat dari logam.

Setelah dikeluarkan, pastikan kembali memori dan kartu SIM sudah benar-benar dalam keadaan kering dan masukkan kembali ke dalam ponsel.

7. Jangan mengeringkan menggunakan hair dryer tapi vacum cleaner

Jika merasa menggunakan handuk dan kain masih kurang ampuh, kamu bisa menggunakan vacum cleaner jika ada. Arahkan corong alat tersebut ke arah ponsel yang masih basah lebih kurang 20 menit.

Jangan mengarahkan terlalu dekat ke ponsel karena alat tersebut menghasilkan tegangan listrik statis yang dapat merusak komponen perangkat.

Itulah beberapa cara menyelamatkan ponsel yang terendam di air. Melakukan beberapa cara di atas memungkinkan ponsel kamu masih terselamatkan. Jika sudah terlalu parah, kamu dapat membawa ponsel tersebut ke tempat-tempat service HP terdekat.

Tinggalkan Balasan